Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Team FT Elektro Pengenalan Internet.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Team FT Elektro Pengenalan Internet."— Transcript presentasi:

1 Team FT Elektro

2 Pengenalan Internet

3 Internet INTERnational NETworking Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. INTERconnected NETworking Sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

4 Sejarah Internet Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

5 Sejarah Internet Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

6 Sejarah Internet Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

7 Sejarah Internet Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

8 Syarat Terhubung ke Internet Komputer Media Komunikasi ISP (Internet Service Provider) Modem

9 Syarat Terhubung ke Internet Komputer Seperangkat komputer tidak dapat berfungsi, jika tidak mendapat dukungan software (program yang berada didalam komputer). Adapun software yang diperlukan untuk terhubung ke internet diantaranya browser Internet Explorer, Netscape Communicator, Mozilla Firefox dan lain- lain. Media Komunikasi Media komunikasi yang digunakan bisa berupa saluran telepon, satelite, wireless, fiber optik, kabel UTP, BNC atau yang lain.

10 Syarat Terhubung ke Internet ISP (Internet Service Provider) ISP adalah suatu perusahaan yang menyediakan atau menawarkan jasa layanan untuk berhubungan ke Internet atau biasanya juga disebut sebagai pintu gerbang ke Internet. Kita perlu mendaftarkan diri untuk mendapatkan user ID atau keanggotaan dari ISP agar kita bias tersambung ke internet. Contoh ISP yang biasa digunakan di Indonesia antara lain Telkom (Speedy), Indosat, First Media dan lain-lain.

11 Syarat Terhubung ke Internet Modem Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

12 Fasilitas Internet WWW Telnet FTP

13 World Wide Web WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar,animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).

14 adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. bekerja seperti mesin penjawab telpon,walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima dari seluruh penjuru dunia. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas ini, asalkan sudah memiliki alamat tertentu.

15 Telnet Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.

16 FTP (File Transfer Protocol) Layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Kita bisa men-copy file-file di server ke komputer kita (download). Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server (upload).

17 Keunggulan Internet Konektivitas dan jangkauan global Sebagai media komunikasi dalam berbagai hal Akses 24 jam Kecepatan Informasi yang tidak terbatas Interaktivitas dan fleksibilitas dll

18 Kelemahan Internet Ancaman virus Ketergantungan pada jaringan telepon, satelit dan Internet Service Provider Pelanggaran Hak Cipta Berkurangnya nilai privacy Tindakan Cyber Crime HOAX dll.

19 World Wide Web World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (website) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (webpage) Situs Web terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara yang satu dengan yang lain dengan satu cara tertentu

20 World Wide Web Halaman Web adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen wordprocessing, kecuali didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi. Untuk dapat membuat halaman web,anda harus memiliki pengetahuan tentang Bahasa Markup HTML (hyper-text markup language).

21 World Wide Web Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink ini dapat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Saat anda meng-click sebuah hyperlink komputer akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang dilink pada hyperlink tersebut dan menampilkannya di web browser.

22 Sejarah WWW WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.

23 Sejarah WWW Ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, maka ia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi, software tersebut diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan.

24 Sejarah WWW Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW. WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990 WWW sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

25 Sejarah WWW Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web.

26 Sejarah WWW Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer- komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

27 Sejarah WWW Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X- Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet.

28 Sejarah WWW Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh. Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser.

29 Sejarah WWW Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web. Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar web site.

30 Membangun Website Untuk membangun website sederhana yang perlu dipersiapkan antara lain: Skema/Alur/Gambaran Umum Materi Template web (gambar dan animasi) Program editor web Program editor gambar Web browser Domain dan Hosting


Download ppt "Team FT Elektro Pengenalan Internet."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google