Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WARALABA : BISNIS PROSPEKTIF BAGI UKM. PERAN UKM? Peran UKM yang jumlahnya sangat dominan dalam struktur perekonomian Indonesia sangat strategis dan seharusnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WARALABA : BISNIS PROSPEKTIF BAGI UKM. PERAN UKM? Peran UKM yang jumlahnya sangat dominan dalam struktur perekonomian Indonesia sangat strategis dan seharusnya."— Transcript presentasi:

1 WARALABA : BISNIS PROSPEKTIF BAGI UKM

2 PERAN UKM? Peran UKM yang jumlahnya sangat dominan dalam struktur perekonomian Indonesia sangat strategis dan seharusnya dijadikan landasan pembangunan ekonomi nasional.

3 Strategis… Di Indonesia, UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.

4 Masalahnya… Bagaimana memperluas dan memberdayakan sosok UKM Indonesia yang cenderung masih menerapkan manajemen tradisional, lemah terhadap akses permodalan, teknologi cenderung konvensional, miskin inovasi dan jaringan, sehingga mampu tumbuh berdampingan dengan usaha besar.

5 Oleh karena itu… Sistem waralaba (franchising) merupakan salah satu alternatif bagi pemberdayaan UKM untuk mengembangkan ekonomi dan usaha UKM di masa datang.

6 Mengapa waralaba menjadi alternatif pilihan? UKM (franchisee) memperoleh : 1.Transfer Manajemen 2.Kepastian Pasar 3.Promosi 4.Pasokan Bahan Baku 5.Pengawasan Mutu 6.Pengenalan dan Pengetahuan Tentang Lokasi 7.Pengembangan Kemampuan SDM 8.Risiko yang kecil.

7 Mengapa waralaba menjadi alternatif pilihan? UKM (franchisor) memperoleh :

8 Perkembangan Waralaba di Indonesia Bidang2 Franchise di Indonesia : -rumah makan/restoran -jasa pemasaran -hotel -toko buku dan toko cendera mata -mini market -persewaan kendaraan -pusat kebugaran dan perawatan tubuh -penata rambut, salon kecantikan, dll

9 Perkembangan Jumlah Waralaba di Indonesia Thn Asing Lokal Total

10 Peluang bagi waralaba lokal… Untuk meningkatkan perannya dalam bisnis waralaba. Pemerintah perlu mengambil langkah2 bagi tumbuh kembangnya bisnis waralaba lokal. Menumbuhkan pengusaha baru (UKM) baik sebagai francgisee maupun sebagai franchisor.

11 Keuntungan UKM sebagai franchisee?

12 Kerugian UKM sebagai franchisee?

13 Keuntungan UKM sebagai franchisor?

14 Kerugian UKM sebagai franchisor?

15 Tahun 1997… 250 terwaralaba, 70% bergerak di bidang restoran siap saji. 5 faktor penyebab pesatnya bisnis waralaba : 1.Jumlah mall dan retail space meningkat 2.Bunga simpanan menurun 3.Jumlah populasi meningkat 4.Daya beli meningkat 5.Pola makan : cenderung di luar.


Download ppt "WARALABA : BISNIS PROSPEKTIF BAGI UKM. PERAN UKM? Peran UKM yang jumlahnya sangat dominan dalam struktur perekonomian Indonesia sangat strategis dan seharusnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google