Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KESEPULUH PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI ASIA TENGGARA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KESEPULUH PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI ASIA TENGGARA."— Transcript presentasi:

1

2 PERTEMUAN KESEPULUH PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI ASIA TENGGARA

3 PENULISAN SEJARAH (HISTORIOGRAFI) ASIA TENGGARA HISTORIOGRAFI TRADISIONAL. CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI TRADISIONAL. HISTORIOGRAFI MODERN. CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI MODERN.

4 HISTORIOGRAFI TRADISIONAL PENGARUH AGAMA BUDHA DI MUANGTHAI DAN KAMBOJA. PENGARUH ISLAM DI MALAYSIA, INDONESIA DAN FILIPINA SELATAN. PENGARUH AGAMA DAN BUDAYA CINA DI VIETNAM. PENGARUH AGAMA KRISTEN DI FILIPINA.

5 PENGARUH AGAMA BUDHA YAZAWIN (KRONIK BIRMA) : A.TULISAN ASLI BIRMA B.DISUSUN OLEH BIARAWAN DAN BRAHMANA TERPELAJAR. C.MENGANDUNG BAHAN BERHARGA UNTUK BAHAN TULISAN AWAL ORANG EROPA. * MUANGTHAI, KRONIK MUSNAH KETIKA AYUTHIA DISERBU BIRMA YANG MASIH ADA PONGSAWADAN.

6 PENGARUH ISLAM INDONESIA : BABAD DIPONEGORO, SEJARAH BANTEN, DI SULAWESI SELATAN. MALAYSIA : KITAP SEJARAH MELAYU, SHAIR PERANG MENGKASAR, MISA MELAYU, HIKAYAT ABDULLAN DSB.

7 PENGARUH CINA CINA MENGUASAI INDOCHINA. KARYA MASIH DITULIS SEPANJANG ABAD 19 DAN AWAL 20. INDHOCINA TERPENGARUH AGAMA BUDHA THERAVADA.

8 PENGARUH KRISTEN HISTORIOGRAFI TRADISIONAL KATOLIK ROMA. BERKEMBANG SAMPAI ABAD 19 DAN SISANYA MASIH ADA SAMPAI SEKARANG.

9 CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI TRADISIONAL. PERSAMAAN : 1.KUAT DALAM GENEOLOGI, LEMAH DALAM KRONOLOGIS DAN DETIL BIOGRAFIS. 2.TEKANAN PADA GAYA BERCERITA, ANEKDOT DAN SEJARAH UNTUK PENGAJARAN AGAMA. 3.SEKULER, LEBIH PADA KINGSHIP (RAJA) 4.MENGESAMPINGKAN SEBAB AKIBAT.

10 CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI TRADISIONAL. PERBEDAAN : 1.AGAMA. 2.KEPENTINGAN NASIONAL. 3.BAHASA. 4.KEBIJAKAN RAJA YANG BERAGAM.

11 HISTORIOGRAFI MODERN SEBELUM PD II : -ABAD : HIST EROPA. -ABAD 19 AWAL 20 : SEJARAH KUNO, SEJ KOLONIAL DAN PERIODE TENGAH. -MUANGTHAI DAN PILIPINA : ADA UNIVERSITAS.

12 HISTORIOGRAFI MODERN SESUDAH PD II : - DGE HALL : ASIA TENGGARA SEBAGAI SATU UNIT SEJARAH. -VAN LEUR : PENULISAN SEJARAH ASIA TENGGARA. -WADAH SEJARAWAN ASIA. - ANTHONY REID : SEJARAH TOTAL.

13 CIRI HISTORIOGRAFI MODERN. MENERAPKAN METODE ILMIAH. KONFRONTASI : NASIONALISME.


Download ppt "PERTEMUAN KESEPULUH PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI ASIA TENGGARA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google