Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERBANDINGAN KONSUMSI ENERGI PETANI PENCANGKUL SAWAH BERDASARKAN DAERAH DAN KEPEMILIKAN LAHAN Nama: Ares Wibisono NPM: 30404092

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERBANDINGAN KONSUMSI ENERGI PETANI PENCANGKUL SAWAH BERDASARKAN DAERAH DAN KEPEMILIKAN LAHAN Nama: Ares Wibisono NPM: 30404092"— Transcript presentasi:

1 PERBANDINGAN KONSUMSI ENERGI PETANI PENCANGKUL SAWAH BERDASARKAN DAERAH DAN KEPEMILIKAN LAHAN Nama: Ares Wibisono NPM:

2 PERBANDINGAN KONSUMSI ENERGI PETANI PENCANGKUL SAWAH BERDASARKAN DAERAH DAN KEPEMILIKAN LAHAN PENDAHULUAN METODOLOGI PENELITIAN PEMBAHASAN DAN ANALISA KESIMPULAN

3 LATAR BELAKANG Setiap manusia di dunia ini harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Indonesia adalah negara agraris, sehingga sebagian besar rakyatnya bekerja sebagai petani. Para petani tersebut ada yang bekerja pada sawah yang mereka miliki sendiri dan ada juga yang bekerja sebagai buruh tani yang bekerja di sawah yang dimiliki oleh orang lain. Jenis sawah di Indonesia ada 2 macam, yaitu sawah irigasi dan sawah tadah hujan. Jenis sawah tersebut dibedakan berdasarkan daerah dimana petani tersebut bekerja. Namun, energi yang dikonsumsi petani untuk melakukan aktivitasnya masih kurang diperhatikan. Pada penelitian kali ini dilakukan pengukuran energi petani pencangkul sawah. Diharapkan setelah penelitian ini kebutuhan energi petani dapat terpenuhi.

4 PERUMUSAN MASALAH Bagaimana mengukur konsumsi energi petani secara tidak langsung dengan berdasarkan denyut jantung Bagaimanakah perbandingan konsumsi energi antara petani yang bertani pada lahan persawahan milik sendiri dengan yang bertani pada lahan persawahan milik orang lain dan pada 2 daerah berbeda. Bagaimana mengetahui hubungan antara daerah dan lahan tempat petani bekerja dengan konsumsi energi.

5 BATASAN MASALAH Pengambilan data dilakukan di 2 daerah berbeda Petani yang diamati adalah petani pencangkul sawah Terdapat dua macam petani yang diamati pada penelitian ini Data yang diambil adalah denyut jantung petani tersebut

6 TUJUAN PENELITIAN Mengetahui rata-rata denyut jantung petani pada saat bekerja dan saat istirahat. Mengetahui konsumsi energi petani pencangkul sawah. Mengetahui perbandingan konsumsi energi. Mengetahui hubungan antara daerah dan kepemilikan lahan tempat petani bekerja dengan konsumsi energi.

7 METODOLOGI PENELITIAN Pengolahan data Analisa Kesimpulan Jumlah sampel. Studi Pustaka Pengumpulan Data Studi Pendahuluan

8 PROFIL PEKERJA

9 Proses Kerja Petani Pencangkul Sawah

10

11 Denyut Jantung

12 KONSUMSI ENERGI Energi yang diperoleh: 997 kkal/hari. Energi yang dibutuhkan minimal 1.776,8592 kkal/hari Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 51 (1991), pekerjaan tersebut termasuk ringan (74, ,3252 kkal/jam). Menurut Jumlah energi yang dibutuhkan oleh petani pria dewasa sebesar 2,35 kkal/menit.

13 Uji Anova Semua H 0 diterima, berarti tidak ada pengaruh daerah dan lahan terhadap konsumsi energi.

14 KESIMPULAN 1.Rata-rata denyut jantung Petani pencangkul sawah saat bekerja antara kali/menit. Saat istirahat antara kali/menit. 2.Rata-rata energi yang dibutuhkan antara 1, , kkal/menit 3.Konsumsi energi petani pencangkul sawah yang tertinggi adalah petani pada daerah Bantul, Yogyakarta yang bekerja pada lahan milik sendiri. Berdasarkan kepemilikan lahan, petani yang bekerja pada lahan sendiri mengkonsumsi energi lebih banyak. Berdasarkan daerah, petani pada daerah Bantul, Yogyakarta mengkonsumsi energi lebih besar. 4.Daerah dan kepemilikan lahan tempat petani bekerja tidak mempengaruhi konsumsi energi petani pencangkul sawah.

15 SARAN Saran bagi yang ingin melakukan penelitian berikutnya, sebaiknya mencari faktor lain selain daerah dan kepemilikan lahan tempat petani bekerja seperti umur dari petani yang akan diteliti. Saran untuk petani pencangkul sawah, sebaiknya energi yang diperlukan tersebut dipenuhi agar mengurangi kelelahan pada saat bekerja dimana energi tersebut bisa didapat pada makanan yang dimakan.

16


Download ppt "PERBANDINGAN KONSUMSI ENERGI PETANI PENCANGKUL SAWAH BERDASARKAN DAERAH DAN KEPEMILIKAN LAHAN Nama: Ares Wibisono NPM: 30404092"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google