Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah PENULISAN ILMIAH Oleh: Misbah, ST, MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah PENULISAN ILMIAH Oleh: Misbah, ST, MT."— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah PENULISAN ILMIAH Oleh: Misbah, ST, MT

2 Penulisan Ilmiah digunakan untuk membuat suatu karya Ilmiah, bisa dalam bentuk Tugas Akhir, Skripsi, Thesis atau Desertasi.

3 Materi Kuliah pengertian karya ilmiah, manfaat, jenis dan kategori penelitian, metodologi penelitian, pemilihan topik penelitian, usulan penelitian/ tugas akhir (uraian, pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi, objektif), proses dan evaluasi penelitian, tata tulis laporan penelitian/tugas akhir, metode penyampaian, penulisan usulan tugas akhir, dan presentasi usulan.

4 Penilaian Tugas = 30% (mencari jurnal 5 th terakhir, presentasi) UTS = 30% (presentasi) UAS = 30% (presentasi proposal Skripsi) Absensi = 10% 100%

5 Referensi Buku penyusunan skripsi program studi Teknik Elektro, 2006, UMG. Metodologi Penelitian Pendidikan, Prof. Sukardi, Ph.D. 2003, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta. Penulisan Karya Ilmiah, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Diknas, 2008.

6 Pengertian Karya Ilmiah Karya tulis ilmiah adalah suatu tulisan yang membahas suatu permasalahan. Pembahasan itu dilakukan berdasarkan penyelidikan, pengamatan, pengumpulan data yang diperoleh melalui suatu penelitian. Karya tulis ilmiah melalui penelitian ini menggunakan metode ilmiah yang sistematis untuk memperoleh jawaban secara ilmiah terhadap permasalahan yang diteliti. Untuk memperjelas jawaban ilmiah berdasarkan penelitian, penulisan karya tulis ilmiah hanya dapat dilakukan sesudah timbul suatu masalah, yang kemudian dibahas melalui penelitian dan kesimpulan dari penelitian tersebut. (Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Diknas, 2008).

7 Manfaat Karya Ilmiah/Penelitian Sebagai sarana untuk mengkomunikasikan ilmu pengetahuan yang berbentuk tulisan menggunakan sistematika yang dapat diterima oleh komunitas keilmuan melalui suatu sistematika penulisan yang disepakati.

8 Jenis Penelitian Penelitian Kualitatif suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Penelitian Kuantitatif Penelitian ini menggunakan sesuatu yang bisa diukur.

9 Memilih Permasalahan Penelitian Permasalahan yang akan diteliti (Kerlinger, 1986), hendaknya dapat memenuhi tiga kriteria penting, yaitu: 1. Permasalahan sebaiknya merefleksikan dua variabel atau lebih. 2. Sebaiknya dinyatakan dalam pertanyaan yang jelas dan tidak meragukan. 3. Sebaiknya dapat diuji secara empiris.

10 Karakteristik Permasalahan Dapat Diteliti Mempunyai kontribusi signifikan Dapat didukung dengan data empiris Sesuai dengan kemampuan dan keinginan Peneliti.

11 Studi Kepustakaan Studi kepustakaan dilakukan oleh setiap peneliti dengan tujuan yang utama yaitu mencari dasar pijakan atau fondasi untuk memperoleh dan membangun landasan teori, kerangka berpikir dan menentukan dugaan sementara (hipotesa), sehingga peneliti dapat mengerti, melokasikan, mengorganisasikan dan kemudian menggunakan variasi pustaka dalam bidangnya.

12 Macam-macam Sumber Informasi Jurnal Penelitian Laporan Hasil Penelitian Abstrak Narasumber Buku Surat Kabar atau Majalah Internet

13 Tugas 1 : Cari dan presentasikan 2 Jurnal yang sesuai dengan rencana topik tugas akhir saudara. ( 2 minggu ) misbah.umg.ac.id

14 Hipotesis Mengapa hipotesis diperlukan dalam suatu penelitian, ada dua alasan yang mendasari, yaitu: 1. Hipotesis yang baik menunjukkan bahwa peneliti mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup dalam kaitannya dengan permasalahan. 2. Bahwa dengan hipotesis dapat memberikan arah dan petunjuk tentang pengambilan data dan proses interpretasinya.

15 Teknik Sampling Seringkali terjadi bahwa peneliti tidak dapat melakukan studi terhadap semua anggota kelompok yang menjadi obyek penelitian. Syarat yang paling penting untuk diperhatikan dalam mengambil sampel ada dua macam, yaitu jumlah sampel yang mencukupi dan profil sampel yang dipilih harus mewakili populasi yang ada.

16 Menentukan Jumlah Subyek Beberapa cara untuk menentukan subyek penelitian, menggunakan formula empiris : Keterangan : S = Jumlah sampel N = Jumlah populasi akses P = Proporsi populasi sebagai dasar asumsi pembuatan tabel. Harga ini diambil P = 0,5. d = derajat ketepatan yang direfleksikan oleh kesalahan yang dapat ditoleransi dalam fluktuasi proporsi sampel P, d umumnya diambil 0,05. X 2 = Nilai tabel chisquare untuk satu derajat kebebasan relatif level konfiden yang diinginkan. X 2 =3,841 tingkat kepercayaan 0,95.

17 Tabel Jumlah sampel menurut Isaac & Michael (1981) NSNSNS N = jumlah populasi S = jumlah sampel yang diperlukan

18 Macam-macam Teknik Sampling 1. Teknik Sampling Acak Ada dua cara dalam teknik acak : - Manual ( contoh sama dengan ibu-ibu arisan ) - Tabel acak ( dengan menggunakan komputer ) 2. Teknik Stratifikasi Teknik ini menggunakan beberapa lapisan atau kelompok individual dengan karakteristik yang berbeda. Contoh : keseluruhan subyek (populasi) = 900 orang gol 2 = 90, gol 3 = 90 dan gol 4 = Teknik Klaster Teknik klaster ini memilih sampel bukan berdasarkan pada individu, tetapi lebih didasarkan pada kelompok, daerah atau kelompok subyek yang secara alami berkumpul bersama. Contoh: jumlah populasi guru=4000 dalam 100 sekolah,sampel yang diinginkan 400. Untuk tiap sekolah ada 4000/100=40 guru. Jumlah klaster yang ada 400/40 =10, jadi semua guru yang ada dalam 10 sekolah mewakili jumlah sampel yang diinginkan. 4. Teknik secara Sistematis Teknik pemilihan ini menggunakan prinsip proporsional. Caranya adalah dengan menentukan pilihan sampel pada setiap 1/k, dimana k adalah angka pembagi yang telah ditentukan. Contoh: jumlah populasi 4000, sampel yang diinginkan 400. Jadi k = 4000/400 = 10, sehingga untuk setiap 10 langkah akan diambil 1 sampel.

19 Metodologi Penelitian Pada metodologi penelitian diuraikan desain, metode, atau pendekatan yang akan digunakan dalam menjawab permasalahan penelitian/studi untuk mencapai tujuan penelitian, serta tahapan secara rinci, singkat dan jelas. Uraian dapat meliputi parameter penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik perolehan dan analisis data, langkah penelitian, teknik observasi, serta teori penunjang pelaksanaan penelitian.

20 Contoh Struktur Metodologi Penelitian Studi Literatur Studi Perencanaan Pembuatan HW/SW Pengujian Sistem Pengambilan dan Analisa Data Simpulan

21 Pemilihan Topik Penelitian Topik Penelitian di Prodi T.Elektro UMG, terdiri dari : 1. Elektronika Sistem Pengolahan Sinyal/Image Digital Artificial Intellegent (NN, Fuzzy, dll) Aplikatif Keilmuan 2. Sistem Tenaga Listrik  Artificial Intellegent (NN, Fuzzy, dll)  Studi Sistem Tenaga Listrik  Aplikatif  Keilmuan 3. Lingkungan Hidup. 4. Energi yang terbaharukan. 5. DLL.

22 Buatlah Pengajuan Judul Penelitian, Pendahuluan (beri minimal 3 jurnal penelitian pendukung) dan Perumusan Masalah ! (waktu 2 minggu) Judul dipresentasikan dengan memakai Power Point

23 Contoh Pendahuluan

24 Tugas 3 Buatlah Pengajuan Proposal Skripsi secara lengkap ! ( 2 minggu )

25 Pengolahan Data Regresi linier, berganda dan non linier Statistik (mean, median, dan standard deviasi)


Download ppt "Mata Kuliah PENULISAN ILMIAH Oleh: Misbah, ST, MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google