Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wahyu Yun Santoso. Dasar pemikiran Masalah LH adl masalah moral & persoalan perilaku manusia; Bukan masalah teknis semata; Arne Naess  “krisis lingkungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wahyu Yun Santoso. Dasar pemikiran Masalah LH adl masalah moral & persoalan perilaku manusia; Bukan masalah teknis semata; Arne Naess  “krisis lingkungan."— Transcript presentasi:

1 Wahyu Yun Santoso

2 Dasar pemikiran Masalah LH adl masalah moral & persoalan perilaku manusia; Bukan masalah teknis semata; Arne Naess  “krisis lingkungan dewasa ini hanya bisa diatasi dg melakukan perubahan cara pandang & perilaku mns thd alam scr fundamental & radikal”; Diperlukan sebuah pola hidup atau gaya hidup baru yg tdk hanya menyangkut orang per orang tp jg budaya masy scr keseluruhan; Masalah dasar  kesalahan fundamental-filosofis dlm pemahaman/ cara pandang mns mengenai dirinya, alam dan tempat manusia dlm keseluruhan ekosistem.

3 Model Dasar Paham Ekologi Shallow Ecology MovementShallow Ecology Movement ~Paham antroposentrisme Intermediate Ecology MovementIntermediate Ecology Movement ~Paham biosentrisme Deep Ecology MovementDeep Ecology Movement ~Paham ekosentrisme Pembedaan dikarenakan adanya cara pandang yang berbeda tentang manusia, alam dan hubungan antara manusia dan alamPembedaan dikarenakan adanya cara pandang yang berbeda tentang manusia, alam dan hubungan antara manusia dan alam

4 Antroposentrisme Memandang manusia sbg pusat dr alam semestaMemandang manusia sbg pusat dr alam semesta Manusia & kepentingannya dianggap yg paling menentukan dlm tatanan ekosistem & dlm kebijakan yg diambil terkait dg alam, baik langsung atau tidakManusia & kepentingannya dianggap yg paling menentukan dlm tatanan ekosistem & dlm kebijakan yg diambil terkait dg alam, baik langsung atau tidak Nilai tertinggi adl manusia & kepentingannyaNilai tertinggi adl manusia & kepentingannya Alam hnya dilihat sbg obyek, alat dan sarana bg pemenuhan kepentingan & kebutuhan manusiaAlam hnya dilihat sbg obyek, alat dan sarana bg pemenuhan kepentingan & kebutuhan manusia Mns adl penguasa atas alam  instrumentalistik & egoistikMns adl penguasa atas alam  instrumentalistik & egoistik Diawali dari masa Aristoteles hingga filsuf- filsuf modernDiawali dari masa Aristoteles hingga filsuf- filsuf modern

5 Tiga kesalahan fundamental paham antroposentris: 1.Manusia dipahami hanya sbg makhluk sosial (homo-socius) yg eksistensi dan identitas dirinya ditentukan oleh komunitas sosialnya; 2.Etika hanya berlaku bagi komunitas sosial manusia 3.Paradigma ilmu pengetahuan yg Cartesian  ciri mekanistis-reduksionistis  Pemisahan scr tegas antara alam sbg obyek iptek & mns sbg subyek  Sciences adl sesuatu yg bebas nilai  penilaian mengenai baik-buruk iptek beserta segala dampaknya dari segi moral atau agama adl tdk relevan!!  Sikap manipulatif & eksploitatif

6 Paham ini dipelopori pemikir2 sperti Aristoteles, Thomas Aquinas, Rene Descartes & Immanuel Kant Diawali dr pemaknaan sempit teologis dari Kitab Kejadian (Pasal 1: 26-28)  setelah mns diciptakan pd hari keenam, Allah mnyerahkn alam semesta beserta isinya kpd mns utk dikuasai & ditaklukkan. Jg dr kitab kejadian (Pasal 2: 9)  pohon pengetahuan di Taman Firdaus. Tradisi Aristotelian  semua kehdpn d bumi mmbentuk & berada dlm sebuah rantai kesempurnaan hidup yg bertingkat (the Great Chain of Being) – garis bawahi buku the Politics karya Aristoteles Manusia tertinggi krn satu1’ mkhluk bebas & rasional (jiwa utk b’pikir & bkomunikasi dg bhs)  teori mekanis Krn mns mkhluk rasional  dpbolehkn scr moral utk gunakan mkhlk non-rasional lain utk capai tujuan hidup mns

7 Pembelaan atas paham ini Dkritik sbg sumber krisis ekologi WH Murdy (botanis) & Frase Darling (Biolog) Murdy  stiap mkhlk ada & hidup utk tujuan pd diri’ sndiri, jd yg bmslh bkn pd paham antroposentris Antropo OK spnjg mns use alam semesta utk penuhi kebutuhan & kepntgn yg bguna & tepat (proper ends)  yg bmslh adl yg b’lebihan Darling  konsep aristokrat biologis Posisi teratas bg mns mnuntut tgjwb moral utk mjaga, melindungi & melayani lingkungan

8 Jepang bersikeras untuk meneruskan perburuan ikan paus di wilayah Laut Selatan Jepang, meskipun dunia internasional terutama aktivis2 lingkungan kembali menyoroti permasalahan ini awal Februari Alasannya perburuan ini masih tetap memperhatikan kuota buruan.

9 Biosentrisme Alam memiliki nilai pd dirinya sndiri lepas dr kpntgn mns.Alam memiliki nilai pd dirinya sndiri lepas dr kpntgn mns. Biosentric  setiap kehdpn & MH punya nilai & bharga pd dirinya sndiriBiosentric  setiap kehdpn & MH punya nilai & bharga pd dirinya sndiri Mendasarkn moralitas pd keluhuran kehdpn baik pd mns atau MH lainMendasarkn moralitas pd keluhuran kehdpn baik pd mns atau MH lain Mns memiliki nilai moral & bharga justru krn kehdpn dlm diri mns bernilai pd dirinya sndiriMns memiliki nilai moral & bharga justru krn kehdpn dlm diri mns bernilai pd dirinya sndiri Didukung oleh 2 pilar utama  teori lingkungan yg berpusat pd kehdpn (life- centered theory of environment) & the land ethic dr Aldo LeopoldDidukung oleh 2 pilar utama  teori lingkungan yg berpusat pd kehdpn (life- centered theory of environment) & the land ethic dr Aldo Leopold

10 Biosentrisme Inti  mns punya kwjbn moral thdp lingk, dg ptmbgn bhw khdpn adl sesuatu yg bnilai Etika lingkungan bkn cabang dr etika mns, ttp m’perluas etika mns Tokoh: Albert Schweitzer (peraih nobel kedoktern 1952)  teori hormat sedalam2’ thdp khdpn (reverence 4 life) Bsumber dr kesadaran bhw khdpn adl hal sakral & “bahwa saya mjalani khdpn yg m’inginkn tetap hidup, di tengah khdpn yg m’inginkn utk tetap hidup” 4 keyakinan biosentrisme (Paul Taylor): –Keyakinan bhw mns adl anggota dr komunitas khdpn di Bumi yg sama; –Keyakinan bhw mns adl bag dr sistem yg saling mempengaruhi; –Keyakinan bhw smua organisme adl pusat khdpn yg pny tujuan sndiri; dab –Keyakinan bhw mns pd dirinya sndiri tdk lbh unggul dr MH lain

11 Kewajiban utama mns sbg pelaku moral thd alam (subyek moral) adl respect for nature: –Kwjbn utk tdk mlakukan sesuatu yg mrugikn alam (nonmaleficence atau no harm); –Kwjbn utk tdk mencampuri (non interference)  utk tdk mmbatasi/ mhambat kebebasn orgnsme utk bkembang & hdp sesuai hakikatnya, serta utk mbiarkan organisme bkembang sesuai hakikat’; –Kesetiaan  kwjbn khusus dlm kaitan’ dgn relasi antara individu & binatang; –Kewajiban restitutif  utk memulihkn kembali kesalahan yg telah dibuat’ & merugikn lingk (keadilan retributif)

12

13 Land Ethic Dicetuskan o/ Aldo Leopold  keyakinan bhw konservasi bkn skdr keg teknis, ttp lbh sbg pwujudn cara pandang & sikap ttt thdp alam, bumi atau tanah. Mns dilihat sbg sekedar salah 1 anggota komunitas biotik yg saling bgantung & tkait satu sama lain Prinsip 1  a thing is right when it tends to preserve the integrity, stabilty and beauty of the biotic community. It is wrong when it tends otherwise Alam tdk hny sbg obyek utk dmanipulasi & eksploit utk kptngn ekonomis  counter utk teori mekanistik Prinsip 2  komunitas moral yg dkenal dlm khdpn mns dperluas mcakup alam semesta seluruhnya Etika Bumi sbg suatu etika holisme (menyeluruh) atau nurani ekologis  1 side bumi & isinya perlu dlestarikn tp other side qta jg m’butuhkn mkhluk lain utk pertahankn hdp Kritik  Reciprocity Assumption (John Passmore) & Environmental Fascism (Tom Regan)

14 Anti-Speciesisme Menuntut perlakuan sama bg smua MH (equal treatment) Tokoh: Peter Singer & James Rachels Singer  Konsistensi moral, bhw moral hrs konsisten & memiliki ciri yg sama yg diberlakukan bg smua yg m’punyai kepentingan –Krn hewan jg punya rasa & punya hati, yg bisa merasa sakit dan terluka Rachels  menggunakan teori evolusi Darwin, bhw sama seperti mns, binatang jg pny biografi khdpn shg berlaku prinsip moral yg sama bhw mereka jg hrs dilindungi

15 Ekosentrisme Tahap lanjut dr biosentrisme.Tahap lanjut dr biosentrisme. Memusatkan etika tdk hnya pd MH, tp juga pd keseluruhan komunitas ekologis, yg meliputi benda abiotis lainMemusatkan etika tdk hnya pd MH, tp juga pd keseluruhan komunitas ekologis, yg meliputi benda abiotis lain Terkenal dg istilah deep ecology movement (Arne Naess )  etika yg tdk bpusat pd mns ttp pd MH seluruhnya dlm kaitan dg upaya mengatasi persoalan LHTerkenal dg istilah deep ecology movement (Arne Naess )  etika yg tdk bpusat pd mns ttp pd MH seluruhnya dlm kaitan dg upaya mengatasi persoalan LH Prinsip2 moral etika lingkungan hrs diterjemahkan dlm aksi nyata & konkretPrinsip2 moral etika lingkungan hrs diterjemahkan dlm aksi nyata & konkret Filsafat pokok  ecosophyFilsafat pokok  ecosophy Transisi pmslhn lingkungan dr sekedar ilmu (science) menuju kearifan (wisdom)Transisi pmslhn lingkungan dr sekedar ilmu (science) menuju kearifan (wisdom) Perubahan gaya hidup  simple in means but rich in endsPerubahan gaya hidup  simple in means but rich in ends Mencoba melihat akar permasalahan kerusakan dan pencemaran lingkungan scr komprehensif & holistikMencoba melihat akar permasalahan kerusakan dan pencemaran lingkungan scr komprehensif & holistik

16 High quality of life – yes; High standard of living - tja

17 Ekofeminisme Dilontarkan pertama pd thn 1974 oleh Francoise d’EaubonneDilontarkan pertama pd thn 1974 oleh Francoise d’Eaubonne Konteks pemahaman atas perilaku terhdp lingkungan dgn bsumber pada nilai feminisme  kesamaan sifat dan nasibKonteks pemahaman atas perilaku terhdp lingkungan dgn bsumber pada nilai feminisme  kesamaan sifat dan nasib Feminisme mendobrak dominasi laki-laki  mendobrak pandangan androsentrisme & antroposentrisme (berciri maskulinm, patriarkis & hierarkis)Feminisme mendobrak dominasi laki-laki  mendobrak pandangan androsentrisme & antroposentrisme (berciri maskulinm, patriarkis & hierarkis) Ekofeminisme  Perilaku dan cara pandang pada alam & lingkungan yg didasarkan pd kasih sayang, kepedulian, kesetaraan dan tanggung jwb thdp kehidupan lain dlm suatu relasi yg setara & harmonis dlm komunitas ekologisEkofeminisme  Perilaku dan cara pandang pada alam & lingkungan yg didasarkan pd kasih sayang, kepedulian, kesetaraan dan tanggung jwb thdp kehidupan lain dlm suatu relasi yg setara & harmonis dlm komunitas ekologis Alam hnya dilihat sbg obyek, alat dan sarana bg pemenuhan kepentingan & kebutuhan manusiaAlam hnya dilihat sbg obyek, alat dan sarana bg pemenuhan kepentingan & kebutuhan manusia Sifat  anti-naturis, kontekstual, pluralistik & inklusif.Sifat  anti-naturis, kontekstual, pluralistik & inklusif.

18 Transcendental Ecology Movement Q.S. Al-Anbiya, 107: Dan tidaklah kami utus engkau (Muhammad) kecuali utk menjadi rahmat bg alam semesta Q.S. Hud, 61: Dia menjadikan kamu dari bumi dan menyerahkan kepadamu untuk memakmurkannya Q.S. Al-Qashash, 77: Dan carilah pada apa yang telah dianuferahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akherat, dan jangan-lah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu membuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan Merupakan cara pandang atas manusia dan lingkungan dari sudut pandang agama maupun nilai-nilai kearifan lokal

19 Mnrt adat (local wisdom) scr umum  hubungan mns dg alam didasarkn pd kekerabatan, sikap hormat & cinta Perlunya harmoni antara dunia mns & dunia alam, dunia batin & dunia luar, dunia mikrokosmos & makrokosmos. Vandana Shiva  tanah bukan sekedar rahim bg reproduksi kehdpn biologis tp jg reproduksi khdpn budaya & spiritual Local wisdom: semua bentuk pengetahuan, keyakinan, pemahaman atau wawasan serta adat kebiasaan atau etika yg menuntun perilaku mns dlm khdpn d dlm komunitas ekologis

20 Founded in Vancouver, British Columbia Canada in 1971 First campaigns against nuclear weapons and campaigning against whaling In later years, the focus of the organization turned to other environmental issues, including bottom trawling, global warming, ancient forest destruction, nuclear power, toxic chemicals and genetic engineering Consists of Greenpeace International (Stichting Greenpeace Council) in Amsterdam, and 27 national and regional offices around the world, providing a presence in 41 countries

21

22 Komitmen Moral Dalam mengembangkn & m’implementasikn etika politik pembgn nasional, utk mmberi tempat sentral pd perlindungan LH dlm keseluruhan kebijakan nas;Dalam mengembangkn & m’implementasikn etika politik pembgn nasional, utk mmberi tempat sentral pd perlindungan LH dlm keseluruhan kebijakan nas; Komitmen moral diperlukan utk mmbgun pemerintah yg bersih n baik, yg mmungkinkn keseriusan dlm mjaga LH, tmsk scr konsekuen m’implementasikn kebijakan perlindungan LH;Komitmen moral diperlukan utk mmbgun pemerintah yg bersih n baik, yg mmungkinkn keseriusan dlm mjaga LH, tmsk scr konsekuen m’implementasikn kebijakan perlindungan LH; Komitmen pemrnth jg dbutuhkn utk mmbgn suatu kehidupan ekonomi global yg lbh pro thdp LH, tdk mjdkn LH sekedar sbg alat utk keptngn ekonomi & politik.Komitmen pemrnth jg dbutuhkn utk mmbgn suatu kehidupan ekonomi global yg lbh pro thdp LH, tdk mjdkn LH sekedar sbg alat utk keptngn ekonomi & politik.

23 Terima kasih


Download ppt "Wahyu Yun Santoso. Dasar pemikiran Masalah LH adl masalah moral & persoalan perilaku manusia; Bukan masalah teknis semata; Arne Naess  “krisis lingkungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google