Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Eka Ismantohadi, S.Kom.. BAB I. Definisi dan Proses ERP ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Eka Ismantohadi, S.Kom.. BAB I. Definisi dan Proses ERP ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning."— Transcript presentasi:

1 Eka Ismantohadi, S.Kom.

2 BAB I. Definisi dan Proses ERP ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning (Perencanaan). Ketiga konsep berujung pada sebuah kata kerja yaitu Planning, yang berarti menekankan pada aspek perencanaan sumberdaya perusahaan. Sumber daya perusahaan seperti Finansial, SDM, Rantai Suplai, dan Customer dsb ERP Mengintegrasikan semua sumberdaya perusahaan.

3 Definisi  ERP : Aspek perencanaan yang terintegrasi di suatu organisasi/perusahaan, bersifat lintas fungsional terdiri atas berbagai fitur dengan tujuan agar dapat merencanakan dan mengelola sumber daya organisasi dengan lebih efisien dan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.  ERP : sekumpulan paket sistem informasi yang dibangun dan diimplementasikan sebagai fasilitator terwujudnya konsep ERP di suatu organisasi (Dhewanto & Falahah, 2007)

4  ERP : Terdiri atas paket software komersil yang menjamin integrasi yang mulus atas semua aliran informasi diperusahaan, meliputi keuangan, akuntansi, SDM, rantai pasok dan informasi konsumen (Davenport, 1998).  Konsep ERP dapat dijalankan dengan baik, jika didukung dengan seperangkat aplikasi dan infrastruktur komputer baik software dan hardware sehingga pengelolaan data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan terintegrasi.

5 ERP dan Sistem Enterprise  ERP bukanlah semata-mata paket software, kekeliruan atau pengaburan makna ERP menjadi sebuah paket software dipicu dari berbagai informasi yang membungkus ERP didalam sederetan paket promosi paket software, publikasi bisnis dan artikel yang menekankan tentang software.  Jenis software yang mengaburkan pemahaman ERP adalah software ES (enterprise system).  Posisi ERP terhadap ES digambarkan sbb:

6 ES ERP PROSES ERP BUKAN BAGIAN DARI ES PROSES NON-ERP YANG DITEMUKAN DI ES PROSES ERP YANG DITEMUKAN DI ES

7 Proses ERP dan ES  Proses-proses pada ERP  Sales Forecasting  Sales and Operaton Planning  Advanced Planning System  Supplier Rating System  Performance Metric Proses-proses pada ES Proses-proses pada ES Accounts Receivable Accounts Receivable Account Payable Account Payable General Ledger General Ledger Cash Management Cash Management CRM CRM Human Resource Human Resource Datawarehousing Datawarehousing

8 Sales Forecasting  Menganalisa dan mengestimasi (pendugaan/perkiraan) penjualan. Seperti perencanaan strategis, bisnis, pemasaran, anggaran, dan produksi disusun berdasarkan estimasi penjualan ini.

9 Sales and Operaton Planning  merupakan dasar dari pembuatan rencana aktifitas seperti rencana operasional, financial, dan lainnya.

10 Advanced Planning System  Sistem Perencanaan Lanjutan

11 Proses ERP yang ada di ES  Master Production Scheduling  Rought-cut Capacity Planning  Material Requirement Planning  Capacity Requirement Planning  Distribution Requirement Planning  Customer Order Entry and Promising


Download ppt "Eka Ismantohadi, S.Kom.. BAB I. Definisi dan Proses ERP ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google