Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia Sains dan Teknologi Kuliah ke 12. A. Manusia Dalam Iptek dan Iptek Bagi Manusia Berkat kemajuan ilmudan teknologi manusia dapat menciptakan alat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia Sains dan Teknologi Kuliah ke 12. A. Manusia Dalam Iptek dan Iptek Bagi Manusia Berkat kemajuan ilmudan teknologi manusia dapat menciptakan alat."— Transcript presentasi:

1 Manusia Sains dan Teknologi Kuliah ke 12

2 A. Manusia Dalam Iptek dan Iptek Bagi Manusia Berkat kemajuan ilmudan teknologi manusia dapat menciptakan alat alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan,sehingga dlam kegiatan kehidupannnya tersedia berbagai kemudahan. Dengan Ilmu dan Teknologi tumbuhlah berbagai i indudtri yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang al :

3 1.Dalam bidng Pertanian,Peternaan dan perikanan a.Mampu menciptakan alat alat pertanian yang maju seperti traktor,alat alat pemotong dan penanam. b.Produksi pupuk buatan dapat membantu menyuburkan tanah. c.Teknik pemuliaan dapat meningkatkan produksi pangan.

4 d. Teknik mutasi buatan dapat menghasilkan buah buahan yang besar serta tidak berbiji. e. Teknologi pengolahan pasca panen seperti penalengan ikan.buah buahan dll. f. Budidaya hewan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan manusia.

5 2. Dalam bidang kedokteran dan Kesehatan. Dengan berhasilnya manusia menciptakan alat alat operasi mutahir,bermacam macam obat,penggunaan benda radio aktif untuk penghobatan dan mendiagnosis berbagai penyakit dapat dideteksi dengan segra disembuhkan seta dapat menurunkan angka kematian dan mortalitas.

6 3. Dalam bidang telekomunikasi : Manusia telah berasal membuat televisiradio telepon yang dapat dipergunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang sangkat. Manusia sekarang ini telah begitu jauh dipengaruhi oleh tekni hal ini dapat menjadi : 1. Situasi tertekan : manusia mengalami ketegangan akibat penterapan teknik teknik mekanisme teknik.

7 2. Perubahan ruang dan lingkungan manusia Teknik telah mengubah lingkungan manusia dan akekat manusia al : Manusia dalam makan dan tidur tidak ditentukan oleh lapar dan ngantuk tetapi ditentukan oleh waktu/jam. 3.Perubahan waktu dan grak manusia Akibat teknik manusia terlepas dari akekat kehidupan.Sebelumnya tidur diatur dan diukur sesuai dengan kebutuhan manusia sifatnya alamiah dan sekarang ditentukan oleh jam.

8 4. Terbentuknya suatu masyarakat massa Akibat teknik manusia hanaya membentuk masyrakat massa artinya ada kesenjangan sebagai masyarakat kolektif.Hal ini dibuktikan bila ada perubahan norma maka timbul kegoncangan. 5. Teknik Manusiawi dalam arti ketat. : Teknik manusiawi harus memberikan kepada manusia suatu kehidupan manusia yang sehat dan sehimbang bebas dari tekanan teknik.

9 Dalam ilmu Akselerasi; Apabila menyerbu masa kini dengan kecepatan yang terlapau tinggi maka masyarakat dapat mengidap penyakit “Progria “ yakni tingkat manusia yang lanjut sekalipun secara kronologi usianya belum tua. Disamping itu akan muncul pula suatu penyakit Future shoch atau kejutan masa depan yaitu suatu penderitaan fisik /mental yang timbulapabila proses pembuat keputusannya terlampau banyak diliwati masa dukungnya.

10 B. Perkembangan Iptek dalam pembangunan dan Lingkungan. Yang dimaksud dengan ilmu sain adalah ilmu yang dapat diuji kebenarannya dan dikemabangkan secara bersistim dengan kaidah kaidah tertentu berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh dipercaya melalui ekprimen secara teori. -Menurut kamus umum bahasa Indonesia Sain adalah ilmu yang teratur yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya berdasarkan kenyataan semata.

11 Teknologi berasal dari bahasa Yunani (techne ) yang berarti seseorang yang memiliki ketrmpilan tertentu. Dengan berkembangnya keterampilan seseorang yang menjadi semakin tetap karena menujukkan suatu pola lankah dan methode yang pasti,ketrampilan itu lalu menjadi teknik. Teknologi dianggap sebagai penterapan dalam pengertian bahwa penterapan itu pada perbuatan/perwujudan sesuatu.

12 C. Pengembangan IPTEK Dalam Pertimbangan Nilai Etis dan Religius. Kaitan ilmu tecnologi dengan nilai atau moral. Dlam hal ini sikap ilmuan dibagi menjadi dua: 1. Gol. Yang menyatakan sikap ilmu adalah netral terhadap nilai nilai. Soal penggunaanya terserah kepada ilmuwan itu sendiri.Apakah dipergunakan untuk tujuan baik atau buruk. Golongan ini menjungjung tinggi kebenaran nilai ilmu sehingga nilai nilai kemanusiaan lainnya di korbankan.

13 2. Gol. Ini menyatakan Ilmu dan teknologi bersifat netral hanya dalam batas batas metafisik keilmuan sedang dalam penggunaan dan penelitiannya harus berazaskan azas moral atau nilai Gol ini berpandangan bahwa ilmuwan telah mengetahui akses ekses yang akan terjadi apabila ilmu dan teknologi disalah gunakan.

14 Perkembangan Iptek disamping memperhatikan nilai nilai etis juga harus memperhatikan nilai nilai religius,dalam artian bahwa pengembangan ilmu pengethauna tecknologi tersebut tidak semata mata kepentingan nilai ekonomi saja harus dipertimbangkan pula masalah kemanfaat bagi umat. Hal ini sangat penting agar jangan terjadi perkembangan ilmu pengetahuan membuatkehidupan masyarakat menjadi kacau.

15 D. Penembangan IPTEK Menumbhkan Kreatifitas,Invention,Discopry dan rekayasa Ilmu pengetahuan dan teknlogi terus berkembang dengan pesat tidak hanya melalui penemuan (discovry) Penciptaan ( Inovention ) dan inofasi tetpi juga berkembang melalui rekayasa.Dengan kemajuan dalam bidang genetika dan biologi reproduksi maka dimungkinkan rekayasa duplikasi manusia secara seksual dengan klonisasi ( Kloning ) Tujuan Klonasi dapat dirangkum seperti :

16 1.Memberi anak yang baik pada pasangan yang tidak memiliki anak. 2.Menyediakan organ atau jaringan fetus untuk tranflantasi. 3.Mengganti anak yang mati muda dengan anak yang sama ciri cirinya. 4.Sebagaian bagaian dari eugnetika positif dengan membuat genotifus yang dianggap unggul sebanyak banyaknya.

17 5.Merialisasi teori dan memuaskan rasa ingin tahu ilmiah. 6. Memproleh sampel denga genotipus yang sama untuk penelitian 7. Memperoleh orang yang banyak banyak untuk pekerjaan yang sama dengan ciri tertentu.

18 Sistim Kloning tersebut diatas ada pula dampak yang kurng baik trutama pada segi agama sudah barang tenu bertentangan karena agama berpegangan sebagaimana manusia sebagai makhluk ciptaannya tidak akan mampu menandingi sang pencipta.


Download ppt "Manusia Sains dan Teknologi Kuliah ke 12. A. Manusia Dalam Iptek dan Iptek Bagi Manusia Berkat kemajuan ilmudan teknologi manusia dapat menciptakan alat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google