Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUJIANTO,SKM,M.Kes. A.LAKI – LAKI MAKHLUK KUAT & RAPUH Pasangan suami istri kebanyakan pasangan laki-laki meninggal (mati) lebih dulu (jarak kematian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUJIANTO,SKM,M.Kes. A.LAKI – LAKI MAKHLUK KUAT & RAPUH Pasangan suami istri kebanyakan pasangan laki-laki meninggal (mati) lebih dulu (jarak kematian."— Transcript presentasi:

1 MUJIANTO,SKM,M.Kes

2 A.LAKI – LAKI MAKHLUK KUAT & RAPUH Pasangan suami istri kebanyakan pasangan laki-laki meninggal (mati) lebih dulu (jarak kematian istri 1 – 10 tahun kematian)

3 Penyebab : a. Laki-laki memiliki daya tahan hidup lebih rendah di dalam rahim ibunya dibanding perempuan b. Masa kematangan laki-laki enam minggu lebih lambat dibanding perempuan c. Laki-laki mengalami kemungkinan gangguan perkembangan empat kali lebih banyak dibanding perempuan d. Dari 10 infeksi secara umum dialami oleh manusia, tujuh diantaranya dialami laki-laki e. Laki-laki memiliki kemungkinan terserang penyakit jantung koroner di usia pertengahan 30 tahun, tahun lebih awal f. Laki-laki memiliki kemungkinan mati akibat penyakit dua kali lebih besar dibanding perempuan

4 Penyakit Jantung Koroner Merupakan ancaman yang berbahaya : gejala awal penyakit jantung koroner muncul di saat laki-laki baru berusia 35 tahun. Penyakit ini membunuh lebih dari 24% laki-laki dan merupakan penyebab utama kematian kaum laki-laki setelah usia 35 tahun. Sebaliknya, perempuan kemungkinan mengalami serangan jantung seperti laki-laki, di saat usia mereka mencapai enam puluh tahun. Kebanyakan perempuan tidak menunjukkan gejala penyakit jantung sampai mereka mengalami menopause. Laki-laki memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah ketimbang perempuan, mereka mengalami tujuh dari sepuluh jenis infeksi yang umum diderita oleh manusia.

5 Melawan usia, kelemahan, dan penyakit, tidak pernah menjadi hal yang menyenangkan. Akan tetapi, bagi beberapa laki-laki ada hal khusus berupa kebutuhan yang begitu besar untuk tampak kuat, dapat mengendalikan diri, dan mampu menghadapi kenyataan hidup. Anak laki-laki dituntut untuk belajar “menelan” perasaan mereka saat menghadapi luka dan kekecewaan yang pertama kali mereka rasakan. Kebanyakan laki-laki tidak meminta bantuan dan tidak pula memberikan bantuan saat mereka berjuang untuk meningkatkan karier, mengayomi keluarga, dan mencari nafkah untuk mempertahankan hidup.

6 Meminta saran dari orang lain adalah tindakan yang tidak jantan, sementara mengabaikan rasa sakit dan bahkan gejala penyakit yang menetap sekalipun, adalah hal yang selalu terjadi pada pasien-pasien yang berada dalam penangananku. Meratap adalah bagian kaum perempuan, tidak untuk para pria sejati.

7 Berat badan kurang dan kelahiran prematur adalah dua hal yang dapat mengakibatkan kematian bayi. Dampak keduanya lebih berat pada bayi laki-laki : bayi laki-laki dengan berat badan yang sangat kurang saat kelahiran, memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi perempuan dengan berat badan kurang. Sebuah penelitihan yang dilakukan pada tahun 2000 oleh National Institute of Child Healh menunjukkan bahwa kematian pada bayi laki-laki adalah 22% dan pada bayi perempuan adalah 15%

8 Volume otak pria dewasa 10-20% lebih besar dibandingkan dengan volume otak perempuan dewasa, dan di masa kanak-kanaknya memiliki lebih banyak white matter (termasuk dalam mengirimkan dan menerima pesan ke tempat- tempat yang relatif jauh). Simpanan white matter yang cukup banyak ini diyakini merupakan penyebab laki-laki lebih mampu melaksanakan tugas-tugas yang bersifat spasial.

9 Disfungsi ereksi, yang definisi formalnya berarti “ ketidakmampuan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi yang cukup untuk menimbulkan kepuasan pada saat terjadinya intercourse seksual,” dialami oleh 20 hingga 30 miliar laki-laki di Amerika Serikat.

10 Tidak dapat dielakkan, fungsi seksual akan menurun seiring bertambahnya usia, bahkan pada diri laki-laki sehat sekalipun. Banyak obat-obatan yang memiliki efek samping yang mengakibatkan disfungsi ereksi, dan meneliti obat yang akan anda konsumsi sangat penting untuk mencegah timbulnya disfungsi ereksi ini. Antipsikotik, antidepresi, dan beberapa jenis obat antihipertensi semuanya dapat melemahkan performa seks anda yang memadai.

11 Seorang laki-laki perlu diberi tahu agar memeriksakan skritumnya secara teratur, seperti halnya perempuan perlu diingatkan untuk memantau jika terdapat benjolan pada payudaranya. Kanker berbahaya pada laki-laki usia muda terjadi antara usia 20 sampa 30 adalah seminoma testikel, yang fatal akibatnya jika tidak didiagnosis dan mendapatkan penanganan secara dini. Puncak kedua seminoma ini terjadi pada laki- laki antara usia 50 sampai 60 tahun.

12 Hal-hal yang Harus Diingat Perihal Aktivitas Seksual Jangan pernah berhubungan seks tanpa pelindung karet kondom, kecuali jika anda dan pasangan anda terbukti negatif mengidap infeksi HIV. Disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh salah satu dari banyak faktor : psikis dan fisik. Periksakan diri anda ke dokter jika anda mengalami rasa sakit pada daerah genital. Ingatlah bahwa isu kesuburan bukan merupakan persoalan perempuan saja.

13 Berikut ini adalah aturan ibu jari yang penting : orang-orang yang aktif memiliki risiko terkena PJK setengah kali dari individu-individu yang lebih banyak duduk. Yang menyedihkan, kebanyakan dari kita melakukan jauh lebih sedikit dari 30 menit untuk melakukan aktivitas intensif rata-rata dalam sehari yang direkomendasikan oleh para ahli bedah umum di Amerika Serikat. Sebanyak 35% laki-laki sama sekali tidak melakukan aktivitas fisik di waktu senggang mereka.

14 Terimakasih Terimakasih


Download ppt "MUJIANTO,SKM,M.Kes. A.LAKI – LAKI MAKHLUK KUAT & RAPUH Pasangan suami istri kebanyakan pasangan laki-laki meninggal (mati) lebih dulu (jarak kematian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google