Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENYUSUN PROSES PENCAPAIAN TUJUAN Oleh: Ali Maulida, S.S, M.Pd.I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENYUSUN PROSES PENCAPAIAN TUJUAN Oleh: Ali Maulida, S.S, M.Pd.I."— Transcript presentasi:

1 MENYUSUN PROSES PENCAPAIAN TUJUAN Oleh: Ali Maulida, S.S, M.Pd.I

2 PENGANTAR Banyak orang yang telah memiliki tujuan dalam hidupnya, tetapi tidak banyak yang telah merumuskannya dengan baik. Perumusan tujuan akan mempermudah Anda dalam mencapainya.

3 Visi & tujuan adalah cetak biru (blue print) gambaran hidup yang dicita-citakan di masa depan. Tanpa visi & tujuan yang jelas, seseorang tidak akan memiliki arah yang jelas dalam hidupnya. Visi & tujuan menjadikan hidup lebih bermakna. Memiliki visi yang kuat, tegas dan jelas akan menjadikan hidup lebih bermakna, lebih termotivasi, lebih terarah dan efektif, sehingga terhindar dari kesia-siaan.

4 Renungkanlah QS. al-Hasyr: 18: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan.”

5  Seseorang tidak akan pernah mencapai tujuan jika ia tidak memiliki tujuan (tujuannya tidak ada).  Seseorang akan sulit mencapai tujuan jika tujuannya samar dan tidak jelas.  Keberadaan tujuan akan menjadikan setiap langkah penuh makna dan akan mengarahkannya kepada sesuatu yang bernilai.

6 1. Buatlah rencana pencapaian tujuan langkah demi langkah. Pecahlah secara detail tujuan menjadi beberapa sasaran yang kongkrit, terukur dan terjadwal. 2. Beritahukan dan diskusikan dengan pihak lain yang berkompeten tentang tujuan yang ingin dicapai. Pertimbangan, masukan dan ide dari pihak lain dapat meningkatkan motivasi dan menjadikan langkah lebih sempurna. Tehnik-Tehnik Meraih Tujuan

7 3. Tetapkan tujuan secara terfokus. Jangan membuat banyak tujuan dalam waktu yang sama. Buatlah tujuan dalam jangka waktu yang tidak terlalu pendek. 4. Buatlah tujuan yang menginspirasi, tidak terlalu spesifik, namun harus fleksibel serta cukup menantang. Jika sudah dipecah menjadi beberapa sasaran yang terukur lalu buatlah lebih detail dengan jangka waktu yang pendek dan realistis untuk dicapai.

8 5. Pikirkan dan analisa hal-hal positif yang akan terjadi jika tujuan telah tercapai. Hindari berfantasi membayangkan rasa hebat. Kombinasikan juga dengan memikirkan konsekuensi negatif yang akan terjadi jika tujuan tidak tercapai 6. Catatlah kemajuan dalam proses pencapaian tujuan tersebut. Buatlah grafik atau penggambaran secara tertulis yang mengukur perkembangan yang terjadi selama proses pencapaian tujuan.

9 7. Jagalah fokus dengan konsentrasi yang kuat dan tidak terpecah dalam melakukan langkahnya. 8. Buatlah rencana antisipasi jika ada halangan (rintangan) yang bisa muncul dalam proses pencapaian tujuan tersebut.

10 Setelah tujuan dirumuskan, lalu apa langkah yang harus kita lakukan..?

11 # LANGKAH 1 # Bangunlah keyakinan. Seseorang tidak akan pernah mencapai tujuan jika ia tidak yakin akan mencapainya.

12 # LANGKAH 2 # Bangunlah komitmen dan disiplinkan diri dalam menjalankan proses

13 # LANGKAH 3 # Visualisasikan dan pahami proses yang akan dijalani dengan baik

14 # LANGKAH 4 # Mulailah sekarang juga..! Salah satu hambatan terbesar dalam mencapai tujuan adalah sikap menunda-nunda. Janganlah terbiasa memperbanyak alasan. Mulailah melangkah sekarang juga untuk meraih tujuan. Jika seseorang dengan mudah mengatakan ‘besok’, maka esok hari pun ia akan dengan mudah mengatakan ‘besok’.


Download ppt "MENYUSUN PROSES PENCAPAIAN TUJUAN Oleh: Ali Maulida, S.S, M.Pd.I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google