Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASKEB II KONSEP DASAR ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU DALAM MASA PERSALINAN BY: Ns.Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASKEB II KONSEP DASAR ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU DALAM MASA PERSALINAN BY: Ns.Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed."— Transcript presentasi:

1 ASKEB II KONSEP DASAR ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU DALAM MASA PERSALINAN BY: Ns.Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed

2 PENGERTIAN PERSALINAN Persalinan adalah proses pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uri) yang telah cukup bulan atau dapat hidup di luar kandungan melalui jalan lahir atau melalui jalan lain dengan bantuan atau tanpa bantuan (kekuatan sendiri). SEBAB-SEBAB MULAINYA PERSALINAN 1.Teori penurunan hormon : penurunan kadar estrogen dan progesteron 2.Teori plasenta menjadi tua 3.Teori distensi rahim 4.Teori iritasi mekanik 5.Induksi partus

3 TAHAPAN PERSALINAN 1.Kala I (Kala Pembukaan) Kala I berlangsung antara pembukaan 0 – 10 cm, ditandai dengan keluarnya lendir bercampur darah dimana serviks membuka (dilatasi) dan mendatar (efficement). Kala I pada primi + 13 – 14 jam, pada multi + 6 – 7 jam. Kala I dibagi atas 2 fase, yaitu : a. Fase laten Pembukaan serviks berlangsung lambat, sampai pembukaan 3 cm, berlangsung dalam 7 – 8 jam.

4 b. Fase aktif Berlangsung selama 6 jam dan dibagi 3 subfase : - Periode akselerasi : + 2 jam, Ø 3 – 4 cm - Periode dilatasi maksimal : + 2 jam, Ø 4 – 9 cm - Periode deselerasi : 2 jam, Ø 9 – 10 cm 2.Kala II (Kala Pengeluaran) Kala II dimulai dari pembukaan lengkap sampai lahirnya bayi. Tanda dan gejala Kala II : - Ibu terasa ingin meneran - Vulva membuka - Perineum menonjol - Tekanan pada anus

5 Kala II pada primi 1 ½ - 2 jam dan pada multi ½ - 1 jam. 3. Kala III (Kala Pengeluaran Uri) Kala III dimulai dari lahirnya bayi sampai lahirnya plasenta. Dalam waktu 5 – 15 menit setelah bayi lahir seluruh plasenta terlepas disertai pengeluaran darah – 200 cc. 4.Kala IV (Kala Pengawasan) Kala IV berlangsung selama 2 jam setelah bayi dan uri lahir, untuk mengamati keadaan ibu terutama terhadap bahaya perdarahan postpartum.

6 TUJUAN ASUHAN PERSALINAN Tujuan asuhan persalinan adalah mengupayakan kelangsungan hidup dan mencapai derajat kesehatan yang tinggi bagi ibu dan bayinya, melalui berbagai upaya yang terintegrasi dan lengkap serta intervensi minimal sehingga prinsip keamanan dan kualitas pelayanan dapat terjaga pada tingkat yang optimal.

7 TANDA-TANDA PERSALINAN Tanda-tanda permulaan persalinan : 1)Lightening atau settling atau dropping, yaitu kepala turun memasuki PAP. 2)Perut kelihatan lebih lebar, fundus uteri turun. 3)Perasaan sering atau susah BAB 4)Perasaan sakit di perut dan pinggang oleh adanya his 5)Serviks menjadi lembek, mulai mendatar dan keluar lendir darah

8 Tanda-tanda inpartu : 1)Rasa sakit oleh adanya his yang datang lebih kuat, sering, dan teratur 2)Keluar lendir bercampur darah yang lebih banyak 3)Kadang-kadang ketuban pecah dengan sendirinya 4)Pada pemeriksaan dalam, serviks membuka dan mendatar Pada waktu persalinan akan terjadi perubahan- perubahan pada uterus, servik, vagina dan dasar panggul.

9 TERIMA KASIH


Download ppt "ASKEB II KONSEP DASAR ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU DALAM MASA PERSALINAN BY: Ns.Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google