Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK KWU 6  Lukman Hakim (101011037)  Friska Jayanti (101011045)  Yuwaditya Dewi (101011054)  Tifani Lasianjayani (101011062)  Dwi Ayu (101011087)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK KWU 6  Lukman Hakim (101011037)  Friska Jayanti (101011045)  Yuwaditya Dewi (101011054)  Tifani Lasianjayani (101011062)  Dwi Ayu (101011087)"— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK KWU 6  Lukman Hakim ( )  Friska Jayanti ( )  Yuwaditya Dewi ( )  Tifani Lasianjayani ( )  Dwi Ayu ( )  Ulya Rohima ( )  Novintiyasari ( )  Yenni Suryansyah ( )  Rekha Finazis ( )  Achmad Djunawan ( )  Badrotut Tamamia ( )  Kartika Mega ( )  Sajidah Baswedan ( )  Samir Husein ( )  Betty Nora ( )  Febrian Rizky ( )  Rifqy Setya Harwin ( )

2 ROSEM “roll semar mendem”

3 1.1 Mengidentifikasi Produk yang Memiliki Tren Bagus Bisnis Kuliner di Indonesia berkembang pesat N. Sarah dalam Vien Dimyati mengungkapkan bahwa bisnis kuliner di Indonesia sangat menjanjikan Pangan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari manusia Jumlah penduduk Indonesia sangat banyak Surabaya  kota besar, industri, pendidikan

4 1.2 Penjelasan Tentang Produk Rosem (Roll Semar Mendem )  Bisnis Kuliner Bahan = Nasi, ayam, telur, sayuran Unsur gizi seimbang Bentuk kue unik

5 1.3 Latar Belakang Bisnis Bisnis kuliner merupakan usaha yang populer di Indonesia. Pangan merupakan kebutuhan pokok sehari- hari manusia, terutama nasi bagi masyarakat Indonesia. Tanpa nasi, belum “makan”. Persedian beras nasional pada tahun 2011 surplus (Kementan, 2011).

6 1.4 Tujuan Tujuan Umum: Untuk mengenalkan makanan tradisional dalam bentuk yang berbeda, yaitu seperti makanan jepang, sushi roll. Tujuan Khusus: 1.Memberikan variasi pada makanan yang telah ada. 2.Untuk memberikan makanan alternatif seimbang pada masyarakat yang aktif beraktivitas. 3.Sebagai sarana mengenalkan makanan yang bergizi dan simple kepada masyarakat.

7 1.5 Visi Menjadi masakanan yang disukai dan banyak di minati oleh masyarakat. Dapat menjadi makanan pokok untuk sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Rosem sebagai trademark makanan bergizi seimbang dan dibutuhkan setiap individu. Menjadikan rosem sebagai ikon makanan “rasa lokal, kualitas internasional”

8 1.6 Misi Mempromosikan lewat jejaring sosial mengenai franchise produk Roll Semar Mendem atau Rosem ini, brosur di kampus / sekolah ataupun masyarakat umum. Mengembangkan cita rasa yang sesuai atau cocok dengan kemauan / permintaan pasar / masyarakat. Membuka gerai di setiap kota di Indonesia. Menambah kuantitas dan kualitas pekerja. Menjual Roll Semar Mendem atau Rosem dalam bentuk frozen food. Mendirikan sekolah membuat Roll Semar Mendem atau Rosem untuk anak dan orang tua.

9 1.7 Potensi Bisnis Makanan merupakan produk yang lebih mudah untuk dijual daripada produk lain, karena setiap orang membutuhkan makan selain itu masyarakat juga membutuhakan makanan untuk menunjang asupan gizi dan energi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Keunggulan produk kami juga dari segi rasa dan bentuknya yang seperti roll sushi tetapi terbuat dari masakanan khas indonesia seperti nasi ketan, sayuran yang dari indonesia juga di beri ayam kecap yang enak, untuk menggulungnya kami menggunakan telur. Enak, lucu dan penampilannya yang dibuat untuk 1 kali makan membuat konsumen tidak perlu memikirkan bau pada tangan setelah makan.

10 BAB 2 ANALISIS SWOT 2.1 TABEL SWOT 2.2 Strategi Bisnis - Produk - Pricing - Promotion - Target sasaran - Placement

11 BAB 3 PERENCANAAN BISNIS W+1H+Budget W+1H+Budget 3.2. Rencana Anggaran Biaya Produksi Rosem

12 BAB 4 STUDI KELAYAKAN Menggunakan pendekatan 6M 2T 1I, yaitu : a.Man b.Money c.Material d.Market e.Machines f.Method g.Technology h.Time i.Information

13 5.1 Rencana Manajemen Pemilik usaha tunggal tunggal yang sekaligus bekerja rangkap menjadi pengolah bisnis, marketing, accounting, sekaligus sedikit banyak bertugas sebagai juru masak. Satu pekerja yang handal dalam bidang memasak & berinovasi dengan makanan, selain itu juga harus mampu mengetahui berbagai tempat yang menjual berbagai bahan dengan harga murah.

14 Satu orang pekerja yang ahli dalam bidang pemasaran makanan, memiliki banyak koneksi, supel, ramah, kreatif, inovatif dan talk active. Seorang yang ahli dalam bidang accounting, kreatif & inovatif dalam bidang kuliner, ramah dan sedikit dalam berbicara (introvert).

15 5.2 Struktur Organisasi Pemilik Usaha Juru Masak Accounting Marketing

16 5.3 Proses Produksi Bahan: Beras 1 kg Ayam ½ kg Telur ¾ kg Minyak goreng ¼ L Wortel + Buncis Bawang Merah + Bawang Putih Jahe + Daun Salam Cabai Merah Besar + Kecil Garam + Gula Merica Bubuk Kecap Alat: Talenan Penggorengan Kompor Pengaduk Penggorengan Pisau Rice Cooker Gas Plastik Mika Label Produk Tusukan

17 Cara Membuat:

18 5.4 Pengelolaan Karyawan Sistem upah harian yang diberikan setiap bulannya berdasarkan jumlah target rosem yang harus terjual. Pengembangan dan pelatihan karir melalui seminar sesuai pekerjaan pokok. Mengangkat pekerja lama untuk mengepalai toko cabang. Pemberian insentif yang sesuai dengan kinerja pegawai.

19 Kesimpulan Rosem atau roll semar mendem adalah kombinasi makanan tradisional jawa, yaitu semar mendem, yang disajikan ala makanan jepang, sushi. Roll semar mendem ini adalah nasi yang didalamnya ada sayuran, yakni buncis dan wortel, serta ayam kecap suwir dan kemudian digulung dengan telur dadar. Target sasaran dari bisnis Roll Semar Mendem (Rosem) ini adalah semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja, sampai dewasa. Sasaran utama untuk promosi awal ditujukan kepada rekan atau teman terdekat para mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Harga jual rosem dipasaran adalah 500 rupiah perpotong namun kami menjual 3000 rupiah per 5 potong. Kami mempromosikan produk ini dengan cara menyebar brosur.

20 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "KELOMPOK KWU 6  Lukman Hakim (101011037)  Friska Jayanti (101011045)  Yuwaditya Dewi (101011054)  Tifani Lasianjayani (101011062)  Dwi Ayu (101011087)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google