Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSEPSI (PERSEPTION) Endah Setyowati. Pengantar...... Tingkah laku individu merupakan fungsi dari cara dia memandang sesuatu. Persepsi penting dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSEPSI (PERSEPTION) Endah Setyowati. Pengantar...... Tingkah laku individu merupakan fungsi dari cara dia memandang sesuatu. Persepsi penting dalam."— Transcript presentasi:

1 PERSEPSI (PERSEPTION) Endah Setyowati

2 Pengantar Tingkah laku individu merupakan fungsi dari cara dia memandang sesuatu. Persepsi penting dalam kajian OB terutama dalam proses pengambilan keputusan & pemecahan masalah.

3 Kisah Enam Orang Buta Melihat Gajah

4 PERSEPSI adl..... Sebuah proses yang digunakan orang untuk dapat mengerti lingkungan dengan cara menyeleksi, mengorganisasi & menginterpretasikan informasi dari lingkungan (Richard L.Daft) Proses kognitif yang dipergunakan oleh seseorang untuk menafsirkan & memahami dunia sekitarnya (Gibson, Donnelly, Ivancevick)

5 Identifikasi elemen persepsi Karakteristik yg mempersepsikan (characteristics of the perceiver): need, personality, value, attitude, experiance Karakteristik yg dipersepsikan (characteristics of the perceived): appereance, behavior Kontek situasi (situation context): phisical setting, organizational setting, cultural & social setting

6 FAKTOR YANG MEMPENGARUH PERSEPSI FAKTOR DALAM SITUASI: ■ WAKTU ■ KEADAAN TEMPAT KERJA ■ KEADAAN SOSIAL FAKTOR PADA PEMERSEPSI: ■ SIKAP ■ MOTIF ■ KEPENTINGAN ■ PENGALAMAN ■ PENGHARAPAN FAKTOR PADA TARGET: ■ HAL BARU ■ GERAKAN * SUARA ■ UKURAN ■ LATAR BELAKANG ■ KEDEKATAN PERSEPSI

7 PERSEPSI SOSIAL Bagaimana seseorang individu memberikan persepsi terhadap individu lainnya dalam suatu organisasi Manajer/pimpinan memberi persepsi pada bawahan dan sebaliknya Pejabat lini memberi persepsi pejabat staf dan sebaliknya.

8 POLA PERSEPSI SOSIAL TYPE A: Individual to individual TYPE B: Individual to grouping TYPE C: Grouping to individual Type D: Grouping to grouping

9 Karakteristik PERCEIVER ( dalam melihat orang lain cenderung memakai dirinya sebagai ukuran) 1.Bila yang memberikan persepsi mampu mengenal diri sendiri, maka hal itu akan mempermudah dirinya untuk memandang/mempersepsi orang lain secara tepat dan teliti. 2.Bila seseorang memiliki karakteristik tertentu, maka karakteristik tersebut akan digunakannya sebagai dasar dalam memandang orang lain. 3.Orang yang dapat menerima dirinya sendiri, akan dapat menerima orang lain. 4.Ketepatan dalam memandang orang lain, bukanlah merupakan satu- satunya keahlian tunggal.

10 Karakteristik PERCEIVED (Dapat mempengaruhi persepsi orang lain atas dirinya) 1.Status orang yang dipandang/dinilai akan berpengaruh besar sekali terhadap persepsi orang lain kepadanya. 2.Orang yang dipersepsi biasanya ditempatkan dalam kategori-kategori tertentu, untuk mempermudah aktifitas perusal dari orang yang memandang. Biasanya kategori tersebut terdiri dari kategori status dan peranan 3.Sifat-sifat dari orang yang dipandang yang dapat dilihat akan berpengaruh besar sekali terhadap orang yang menilai dirinya.

11 KECENDERUNGAN PERSEPSI SOSIAL 1.Impression / inference: Seseorang mempersepsikan orang lain berdasarkan kesan pertama yang diterimanya. 2. Atribution: Proses penilaian terhadap orang lain dengan berusaha mencari alasan & latar belakang dari perilaku orang tersebut. 3. Steriotype: Kecenderungan utk mempersepsikan orang lain dari suatu kelompok / kelas / kategori tunggal (sifat yang sama)

12 KECENDERUNGAN PERSEPSI SOSIAL 4. Halo Effect: Mempersepsikan orang lain berdasarkan satu kategori tunggal 5. Perception Set / Mental Set: Kepercayaan atau pendapat umum maupun sikap yang dianut sebelumnya tentang orang yang dipersepsikannya.

13 Contoh-contoh Pengaruh Persepsi Terhadap Perilaku 1.Seorang pegawai dinilai oleh rekan kerjanya sebagai orang yang bekerja keras dan berusa-ha sungguh-sungguh, dan rekan kerja lain menilainya sebagai pekerja malas yang tidak mau berusaha. 2.Wiraniaga memandang kenaikan upahnya sebagai tidak adil, sedangkan manajer meman-dang kenaikan tersebut suatu kenaikan yang wajar. 3.Seorang pegawai memandang kondisi kerja yang ada sangat buruk, rekan sekerja di sebe-rangnya menganggap kondisi kerja menyenangkan.

14 PENGEMBANGAN KETRAMPILAN PERSEPSI 1.Persepsi yang tepat tentang diri sendiri 2.Penekanan pada sikap yang positif 3.Empati terhadap orang lain 4.Menyadari adanya distorsi persepsi 5.Ciptakan anggapan yang positif dari orang lain terhadap diri sendiri. 6.Memahami bagaimana persepsi-persepsi kita dibentuk dan dapat dirubah.

15 TERIMA KASIH SEE U......


Download ppt "PERSEPSI (PERSEPTION) Endah Setyowati. Pengantar...... Tingkah laku individu merupakan fungsi dari cara dia memandang sesuatu. Persepsi penting dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google