Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HARY PRABOWO, 6101404060 SURVEI SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP/MTs SE- KECAMATAN KAJEN TAHUN 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HARY PRABOWO, 6101404060 SURVEI SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP/MTs SE- KECAMATAN KAJEN TAHUN 2009."— Transcript presentasi:

1 HARY PRABOWO, SURVEI SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP/MTs SE- KECAMATAN KAJEN TAHUN 2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : HARY PRABOWO - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - hary_4343 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Drs. Mugiyo Hartono, M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul SURVEI SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP/MTs SE-KECAMATAN KAJEN TAHUN 2009

4 Abstrak Permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana keadaan sarana dan prasarana pembelajaran penjasorkes di SMP/MTs se Kecamatan Kajen Tahun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sarana dan prasarana olahraga dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada SMP Negeri/ Swasta se Kecamatan Kajen Tahun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survei dengan teknik, interview, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah di SMP/MTs se Kecamatan Kajen Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata sarana dan prasarana untuk cabang olahraga sepak bola 54 % dalam kategori baik, 4% dalam kategori cukup, 42 % dalam kategori kurang. Rata-rata sarana dan prasarana untuk cabang olahraga basket 39 % dalam kategori baik, 17% dalam kategori cukup, 44 % dalam kategori kurang. Rata-rata sarana dan prasarana untuk cabang olahraga bola voli 77 % dalam kategori baik, 17% dalam kategori cukup, 7% dalam kategori kurang. Rata-rata sarana dan prasarana untuk cabang olahraga atletik 73 % dalam kategori baik, 8% dalam kategori cukup, 20% dalam kategori kurang. Rata-rata sarana dan prasarana untuk cabang olahraga senam 28 % dalam kategori baik, 11% dalam kategori cukup, 61% dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah Bagi SMP se-Kecamatan Kajen yang memiliki sarana dan prasarana yang baik untuk lebih dapat memelihara dan menjaganya dengan baik. Bagi SMP se- Kecamatan Kajen yang memiliki sarana dan prasarana olahraga yang masih kurang diharap dapat meningkatkan saran dan prasarana olahraga untuk memperlancar proses pelaksanaan penjasorkes dengan baik. Bagi guru pengampu palajaran penjasorkes dapat mengatasi permasalahan kurangnya saran dan prasarana olahraga sehingga dapat melaksanakan proses belajar mengajar yang sesuai dengan kurikulum.

5 Kata Kunci sarana dan prasarana olahraga

6 Referensi Abror, Hisyam Sarana dan Prasarana Olahraga. Semarang: IKIP Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Departemen Pendidikan Nasional, Penyempurnaan/ Penyesuaian Kurikilum SLTP(Suplemen GBPP). Jakarta: Depdiknas Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Pembakuan pembangunan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Jakarta: Depdiknas Faisal, Sanafiah Penelitian Kualitatif Dasar-dasar Aperkasi. Malang: Y.A.E Kosasih, Engkos Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta: Akademi Presindo. Mardalis Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. Rusli A. Lutan, dkk Filsafat Olahraga. Jakarta: Depdiknas. Soepartono Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Suherman, Adang Dasar-dasar pendidikan jasmani dan kesehatan. Jakarta: Depdiknas. Sutikno Survai Tentang Sarana dan Prasarana Olahraga dalam Pelaksanaan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada SLTP Negeri Se-Kabupaten Pemalang Tahun 2003/2004. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. UU RI No. 3 Tahun 2005 Tentang sistem keolahragaan nasional. Yogyakarta : Pustaka Yudistira.

7 Terima Kasih


Download ppt "HARY PRABOWO, 6101404060 SURVEI SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP/MTs SE- KECAMATAN KAJEN TAHUN 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google