Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.1.1. PENGERTIAN EKONOMI. 1.1.2. PENGGOLONGAN DAN JENIS ANALISA PADA ILMU EKONOMI. 1.1.3. MASALAH-MASALAH EKONOMI. 1.1.4. SISTEM PEREKONOMIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.1.1. PENGERTIAN EKONOMI. 1.1.2. PENGGOLONGAN DAN JENIS ANALISA PADA ILMU EKONOMI. 1.1.3. MASALAH-MASALAH EKONOMI. 1.1.4. SISTEM PEREKONOMIAN."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN EKONOMI PENGGOLONGAN DAN JENIS ANALISA PADA ILMU EKONOMI MASALAH-MASALAH EKONOMI SISTEM PEREKONOMIAN

2  EKONOMI ATAU ECONOMIC BERASAL DARI BAHASA YUNANI YAITU KATA “OIKOS ATAU OIKU” DAN “NOMOS”  OIKOS = HOUSE, NOMOS=LAW ATAU CUSTOM.  EKONOMI BERARTI ILMU SOSIAL YANG MEMPELAJARI TENTANG PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KOMSUMSI BARANG DAN PELAYANANNYA.

3  ILMU EKONOMI MAKRO.  PENDAPATAN NASIONAL.  NERACA PEMBAYARAN.  KESEMPATAN KERJA.  INFLASI.  INVESTASI.  DAN LAIN-LAIN.

4 JENIS ANALISA PADA ILMU EKONOMI 1. ILMU DESKRITIF. - GAMBARAN TENTANG SUATU KONDISI ATAU KEADAAN DENGAN SEBENARNYA. - CONTOH : TURUN NILAI KURS RUPIAH TERHADAP US DOLLAR. 2. TEORI ILMU EKONOMI.(TEORI EKONOMI). - DIDASARKAN PADA KONDISI NYATA YANG TERJADI PADA MASYARAKAT TERUTAMA SIFAT-SIFAT HUBUNGAN EKONOMI. - CONTOH : PERMINTAAN BARANG AKAN NAIK, HARGA AKAN TURUN, SEBALIKNYA PERMINTAAN AKAN TURUN, HARGA AKAN NAIK. 3. TEORI EKONOMI APLIKASI. - MENGANALISA DAN MENELAAH TENTANG HAL-HAL YANG PERLU DILAKUKAN MENGENAI SUATU KEJADIAN DALAM PEREKONOMIAN.

5  BARANG APAKAH YANG AKAN DIPRODUKSI DAN BERAPA BANYAK.  BAGAIMANA CARANYA BARANG TERSEBUT DIPRODUKSI.  UNTUK SIAPA BARANG DIPRODUKSI.

6  SISTEM PASAR BEBAS. - TIDAK ADA CAMPUR TANGAN PEMERINTAH DALAM PEREKONOMIAN.  SISTEM KOMANDO ATAU SISTEM EKONOMI PERENCANAAN. - PEMERINTAH CAMPUR TANGAN PENUH DALAM PEREKONOMIAN MASYARAKATNYA.  SISTEM CAMPURAN. - MEMBERIKAN KEBEBASAN KEPADA MASYARAKAT UNTUK BERUSAHA MEMENUHI KEBUTUHANNYA. - PEMERINTAH TURUT CAMPUR TANGAN DALAM PEREKONOMIAN.


Download ppt "1.1.1. PENGERTIAN EKONOMI. 1.1.2. PENGGOLONGAN DAN JENIS ANALISA PADA ILMU EKONOMI. 1.1.3. MASALAH-MASALAH EKONOMI. 1.1.4. SISTEM PEREKONOMIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google