Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Asal kata ekonomi dari bahasa Yunani Oikos dan Nomos : Peraturan Rumah Tangga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Asal kata ekonomi dari bahasa Yunani Oikos dan Nomos : Peraturan Rumah Tangga."— Transcript presentasi:

1

2 Asal kata ekonomi dari bahasa Yunani Oikos dan Nomos : Peraturan Rumah Tangga

3 Definisi Ilmu Ekonomi: Prof. P.A. Samuelson mendefinisikan ilmu ekonomi yang dapdat diartikan sbb: “Ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang- orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi, sekarang dan dimasa datang, kapada berbagai orang dan golongan masyarakat”

4 Menurut Sadono Sukirno: “Ilmu Ekonomi menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber daya (sumber daya: SDA & SDM)

5 Menurut Mankiw: “studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang selalu terbatas dan langka”

6 MANFAAT MEMPELAJARI ILMU EKONOMI MENURUT MANKIW Ilmu ekonomi dapat membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik. Dengan mempelajari ilmu ekonomi akan membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian. Dengan menguasai ilmu ekonomi akan memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.

7 Ilmu ekonomi mikro membahas: Analisa biaya/manfaat Teori permintaan dan penawaran Elastisitas Model-model Pasar Industri Teori produksi

8 Ilmu ekonomi makro membahas: Pendapatan Nasional Neraca pembayaran Kesempatan Kerja Inflasi investasi

9 PERNYATAAN POSITIF DAN NORMATIF Pernyataan positif adalah: pernyataan yang merujuk pada kondisi yang sebenarnya terjadi, berdasarkan fakta yang ada sehingga bisa dibuktikan keabsahannya. Pernyataan Normatif adalah: pernyataan petunjuk yang mengandung arti apa sebaiknya yang harus dilakukan bila ingin sesuatu yang diharapkan menjadi kenyataan.

10 Masalah-masalah ekonomi Barang apakah yang akan diproduksi dan berapa banyaknya? Bagaimanakah barang tersebut diproduksi? Untuk siapa barang diproduksi?

11 SISTEM-SISTEM PEREKONOMIAN Sistem pasar bebas = liberalis = kapitalis = perekonomian pasar Sistem komando = perencanaan = sosialis Campuran

12 Prinsip-prinsip dasar Yang dimaksud prinsip dasar ekonomi adalah: patokan perilaku ekonomi dalam perekonomian yang mengarahkannya bertindak dan berkesesuaian dengan apa yang diharapkan oleh pelaku ekonomi tersebut dalam mengambil keputusan. Gregory Mankiw mengindentifikasikan 10 prinsip ekonomi yang dikelompokkan dalam 3 bagian yaitu:

13 EMPAT PRINSIP YANG MELANDASI KEPUTUSAN TINGKAT INDIVIDU yaitu: 1.Setiap individu harus melakukan trade off yaitu melakukan konsumsi/produksi yang didasarkan pada pengurangan secara berarti konsumsi/produksi satu barang untuk menambah konsumsi/produksi barang lainnya ( dengan daya beli/biaya yang sama). (prinsip ini jelas mengajarkan pada pelaku agar selalu bertindak rasional sebab pada kenyataanya setiap melakukan konsumsi selalu saja dibatasi dengan biaya anggaran yang dimiliki)

14 2. Biaya adalah apa yang dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu 3. Orang rasional berpikir secara bertahap 4. Pelaku ekonomi bereaksi terhadap insentif

15 II. TIGA PRINSIP UNTUK INTERAKSI 5. Perdagangan dapat (harus) menguntungkan semua pihak 6. Pasar secara umum adalah wahana yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi 7. Pemerintah adakalanya dapat memperbaiki hasil dari mekanisme pasar

16 TIGA PRINSIP CARA BEKERJA PEREKONOMIAN MAKRO (AGGREGATIF) Standar hidup suatu Negara tergantung kemampuannya memproduksi barang dan jasa Harga secara umum meningkat bila pemerintah mencetak uang terlalu banyak Masyarakat menghadapi trade off jangka pendek antara inflasi dan pengangguran


Download ppt "Asal kata ekonomi dari bahasa Yunani Oikos dan Nomos : Peraturan Rumah Tangga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google