Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PowerPoint® Lecture Presentation to accompany Principles of Economics, Third Edition N. Gregory Mankiw Prepared by Mark P. Karscig, Central Missouri State.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PowerPoint® Lecture Presentation to accompany Principles of Economics, Third Edition N. Gregory Mankiw Prepared by Mark P. Karscig, Central Missouri State."— Transcript presentasi:

1 PowerPoint® Lecture Presentation to accompany Principles of Economics, Third Edition N. Gregory Mankiw Prepared by Mark P. Karscig, Central Missouri State University.

2 1 PENGENALAN

3 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning 1 Sepuluh Prinsip- prinsip Ekonomi

4 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Ekonomi Kata ekonomi berasal dari kata yunani untuk “seseorang yang mengelola sebuah rumah tangga.”

5 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning SEPULUH PRINSIP-PRINSIP EKONOMI Rumah tangga dan ekonomi menghadapi banyak keputusan : Siapa yang akan bekerja? Barang-barang apa dan berapa banyak dari mereka harus diproduksi? Sumber daya apa yang harus digunakan dalam produksi? Pada harga berapa barang yang akan dijual?

6 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning SEPULUH PRINSIP-PRINSIP EKONOMI Masyarakat dan sumber daya yang langka : Pengelolaan sumberdaya masyarakat yang sangat penting karena sumber daya yang langka. Kelangkaan... berarti bahwa masyarakat memiliki sumber daya yang terbatas dan karena itu tidak dapat menghasilkan semua barang dan layanan yang orang ingin miliki.

7 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning SEPULUH PRINSIP-PRINSIP EKONOMI Ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang langka.

8 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning SEPULUH PRINSIP-PRINSIP EKONOMI bagaimana orang membuat keputusan. Orang-orang menghadapi pengorbanan. Biaya pada sesuatu yang anda berikan untuk mendapatkannya. Orang rasional berfikir pada batas. Respon orang untuk insentif.

9 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning SEPULUH PRINSIP-PRINSIP EKONOMI Bagaimana orang berinteraksi dengan yang lainnya. Perdagangan dapat mebuatr semua orang menjadi lebih baik. Pasar biasanya jalan yang baik untuk mengatur kegiatan ekonomi. Pemerintah terkadang dapat meningkatkan penghasilan ekonomi.

10 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning SEPULUH PRINSIP-PRINSIP EKONOMI Kekuatan dan trend yang mempengaruhi bagaimana perekonomian secara keseluruhan bekerja. Standart kehidupan tergantung pada produksi suatu negara tersebut. Harga meningkat ketika pemerintah terlalu banyak mencetak uang. Masyarakat menghadapi perdagangan jangka pendek antara inflasi dan pengangguran

11 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #1: Orang-orang menghadapi perdagangan. “Tak ada sesuatu hal seperti makan siang gratis!”

12 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Making decisions requires trading off one goal against another. Prinsip#1: Orang-orang menghadapi perdagangan. Untuk mendapatkan sesuatu,kita biasanya memberikan sesuatu yg lainnya. Guns v. butter Food v. clothing Leisure time v. work Efficiency v. equity

13 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip#1: Orang-orang menghadapi perdagangan. Efisiensi v Ekuitas Efisiensi berarti masyarakat mendapatkan yang lebih daripada yang didapat dari sumber daya yang langka. Ekuitas berarti manfaat dari sumber daya yang didistribusikan secara adil di antara anggota masyarakat.

14 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #2: Biaya dari sesuatu adalah apa yang kamu berikan untuk mendapatkannya. Keputusan termasuk membandingkan biaya dan keuntungan pada alternatif. Apakah untuk pergi ke perguruan tinggi atau bekerja? Apakah untuk belajar atau pergi dalam sebuah kencan? Apakah untuk pergi ke kelas atau tidur? Biaya kesempatan pada suatu barang adalah apa yang kamu berikan untuk mendapatkan barang tersebut.

15 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #2: Biaya dari sesuatu adalah apa yang kamu berikan untuk mendapatkannya. LA Laker bintang bola basket Kobe Bryant memilih untuk melewati kuliah dan langsung dari sekolah menengah ke profesional di mana ia telah menerima jutaan dolar.

16 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning People make decisions by comparing costs and benefits at the margin. Prinsip #3: Orang rasional berpikir pada batasnya Perubahan batas kecil, tambahan penyesuaian ke perencanaan yang sudah ada yang dilakukan.

17 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #4: Tanggapan orang untuk insentif. Perubahan batas di biaya atau keuntungan motivasi orang untuk menanggapi. Keputusan untuk memilih satu alternatif dari yang lainnya terjadi ketika alternatifnya itu melebihi batas keuntungan, ini adalah batas biaya!

18 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip#5: Perdagangan dapat membuat semua orang menjadi lebih baik. Orang memperolehnya dari kemampuan mereka untuk berdagang satu sama lainnya. Hasil kompetisi di peroleh dari berdagang. Perdagangan memungkinkan orang untuk menspesialisasikan dimana mereka melakukan yang terbaik.

19 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #6: Pasar biasanya cara yang baik untuk mengatur kegiatan ekonomi. Sebuah ekonomi pasar adalah ekonomi yang mengalokasikan sumber daya melalui keputusan desentralisasi banyak perusahaan dan rumah tangga ketika mereka berinteraksi di pasar barang dan jasa. Rumah tangga memutuskan apa yang mereka beli dan siapa yang bekerja. Perusahaan memutuskan yang mempekerjakan dan yang memproduksi.

20 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #6: Pasar biasanya cara yang baik untuk mengatur kegiatan ekonomi. Adam Smith membuat pengamatan bahwa rumah tangga dan perusahaan berinteraksi di pasar bertindak seolah-olah dibimbing oleh "tangan tak terlihat." Karena rumah tangga dan perusahaan melihat harga ketika memutuskan apa yang harus dibeli dan dijual, mereka tidak sadar memperhitungkan biaya sosial dari tindakan mereka. Akibatnya, harga memandu para pembuat keputusan untuk mencapai hasil yang cenderung memaksimalkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

21 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #7: Pemerintah terkadang dapat meningkatkan hasil pasar. Kegagalan pasar terjadi ketika pasar tersebut gagal menyediakan sumberdaya secara efisien. Ketika pasar tersebut gagal (rusak) pemerintah dapat ikut campur tangan untuk meningkatkan efisiensi dan ekuitas.

22 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #7: Pemerintah terkadang dapat meningkatkan hasil pasar. Kegagalan pasar dapat disebabkan oleh eksternalitas, dimana dampaknya pada seseorang atau tindakan perusahaan pada kesejahteraan pengamat. Kekuatan pasar, dimana kemampuan pada seseorang atau perusahaan untuk terlalu mempengaruhi harga pasar.

23 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #8: Standar Hidup Tergantung pada Produksi suatu Negara. Standar kehidupan dapat diukur dengan cara yang berbeda: Dengan membandingkan pendapatan perorangan. Dengan membandingkan nilai pasar total produksi suatu negara.

24 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #8: Standar Hidup Tergantung pada Produksi suatu Negara. Hampir semua variasi dalam standar hidup dijelaskan oleh perbedaan dalam produktivitas negara. Produktivitas adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan dari setiap jam waktu seorang pekerja.

25 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip#9: Harga meningkat ketika pemerintah mencetak terlalu banyak uang. inflasi adalah meningkatnya keseluruhan tingkat pada harga suatu perekonomian. Suatu penyebab inflasi meningkatnya jumlah uang. Ketika pemerintah menciptakan jumlah uang yg besar,nilai uang itu jatuh.

26 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Prinsip #10: Masyarakat menghadapi perdagangan jangka pendek antara inflasi dan pengangguran. The Phillips Curve mengilustrasikan perdagangan antara inflasi dan pengangguran:  inflasi   pengangguran ini adalah perdagangan jangka pendek!

27 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Ringkasan Ketika orang membuat keputusan, mereka menghadapi pengorbanan antara tujuan-tujuan alternatif. Biaya setiap tindakan diukur dalam hal kesempatan terdahulu. Orang yang rasional mengambil keputusan dengan membandingkan biaya marjinal dan manfaat marjinal. Orang-orang mengubah perilaku mereka dalam menanggapi insentif yang mereka hadapi.

28 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Ringkasan Perdagangan bisa saling menguntungkan. Pasar biasanya cara yang baik untuk mengkordinasikan perdagangan antara orang- orang. Pemerintah berpotensi dapat meningkatkan hasil pasar jika ada beberapa kegagalan pasar atau jika hasil pasar tidak adil.

29 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning Ringkasan Produktivitas adalah sumber utama dari standar hidup. Pertumbuhan Uang adalah sumber utama inflasi. Masyarakat menghadapi perdagangan jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.


Download ppt "PowerPoint® Lecture Presentation to accompany Principles of Economics, Third Edition N. Gregory Mankiw Prepared by Mark P. Karscig, Central Missouri State."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google