Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning 3 SALING KETERGANTUNGAN DAN KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN DARI PERDAGANGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning 3 SALING KETERGANTUNGAN DAN KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN DARI PERDAGANGAN."— Transcript presentasi:

1 Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning 3 SALING KETERGANTUNGAN DAN KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN DARI PERDAGANGAN

2 Copyright © 2004 South-Western Bayangkan hari-hari Anda seperti biasanya: Anda bangun pada pagi hari, menggunakan jam alarm yang dibuat di Korea. Membuat jus jeruk dari jeruk yang ditanam di Florida atau membuat kopi dari biji kopi yang ditanam di brasil. Pakaian Anda yang terbuat dari bahan katun yang ditanam di Georgia dan dujahit di pabrik jahit di Thailand. Anda menyaksikan siaran berita yang dipancarkan dari New York ke televisi anda yang dibuat di Jepang. Anda ke kampus dengan menyetir mobil yang sebagian suku cadangnya dibuat di sejumlah negara di dunia.

3 Copyright © 2004 South-Western... dan Anda belum maksimal selama lebih dari dua jam!

4 Copyright © 2004 South-Western Ketergantungan dan Keuntungan dari Perdagangan Ingat, ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat memproduksi dan mendistribusikan barang dalam upaya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan anggotanya.

5 Copyright © 2004 South-Western Ketergantungan dan Keuntungan dari Perdagangan Bagaimana kita memenuhi keinginan dan kebutuhan dalam ekonomi global? Kita bisa mandiri secara ekonomi. Kita dapat spesialisasi dan perdagangan dengan orang lain, Mengarah kesaling ketergantungan ekonomi.

6 Copyright © 2004 South-Western Ketergantungan dan Keuntungan dari Perdagangan Individu dan bangsa bergantung pada produksi khusus dan pertukaran sebagai cara untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh kelangkaan. Tapi ini menimbulkan dua pertanyaan: Mengapa ketergantungan? Apa yang menentukan produksi dan perdagangan?

7 Copyright © 2004 South-Western Ketergantungan dan Keuntungan dari Perdagangan Mengapa ketergantungan? Ketergantungan terjadi karena orang-orang yang lebih baik ketika mereka spesialisasi dan perdagangan dengan orang lain. Apa yang menentukan pola produksi dan perdagangan? Pola produksi dan perdagangan yang didasarkan pada perbedaan biaya kesempatan.

8 Copyright © 2004 South-Western SEBUAH PERUMPAMAAN UNTUK PEREKONOMIAN MODERN Bayangkan... hanya dua barang : kentang dan daging hanya dua orang : seorang petani kentang dan peternak sapi Apa yang harus dihasilkan masing-masing? Mengapa mereka berdagang?

9 Tabel 1 Kesempatan Produksi Petani dan Peternak Copyright © 2004 South-Western Menit yang diperlukan Jumlah daging atau kentang Untuk membuat 1 gram yang dihasilkan dalam 8 jam Daging KentangDagingKentang Petani 60 g 15 g 8 g 32 g Peternak 20 g 10 g 24 g 48 g

10 Copyright © 2004 South-Western Kemungkinan Produksi Kecukupan-Diri Dengan mengabaikan satu sama lain: Masing-masing mengkonsumsi apa yang mereka hasilkan masing-masing. Perbatasan kemungkinan produksi juga kemungkinan perbatasan konsumsi. Tanpa perdagangan, keuntungan ekonomi berkurang.

11 Gambar 1 Batas Kemungkinan-kemungkinan Produksi Kentang (gram) A 0 Daging (gram) (a) Batas Kemungkinan-kemungkinan Produksi Petani Jika tidak ada Perdagangan, petani memilih produksi dan konsumsi ini Copyright©2003 Southwestern/Thomson Learning

12 Gambar 1 Batas Kemungkinan-kemungkinan Produksi Copyright©2003 Southwestern/Thomson Learning Kentang (gram) B 0 Daging (gram ) (b) Batas Kemungkinan-kemungkinan Produksi Peternak’ Jika tidak ada perdagangan, peternak, memilih produksi dan konsumsi ini

13 Copyright © 2004 South-Western The farmer should produce potatoes. The rancher should produce meat. Spesialisasi dan Perdagangan Petani dan Peternak yang Spesialisasi dan Perdagangan Masing-masing akan lebih baik jika mereka spesialisasi dalam memproduksi produk mereka, dan kemudian perdagangan antara satu sama lain. Petani harus menghasilkan kentang. Peternak harus menghasilkan daging.

14 Tabel 2 Keuntungan Perdagangan: Sebuah Rangkuman Copyright © 2004 South-Western PetaniPeternak Daging Kentang DagingKentang Tanpa Perdagangan: Produksi dan Konsumsi 4 g 6 g 12 g 24 g

15 Gambar 2 Bagaimana Perdagangan Memperluas Kemungkinan Kesempatan Konsumsi Copyright©2003 Southwestern/Thomson Learning Kentang (gram) A A* 0 Daging (gram) (a) Batas Kemungkinan-kemungkinan Prooduksi Petani’ Produksi dan konsumsi Petani tanpa perdagangan Konsumsi Petani dengan perdagangan Produksi Petani dengan perdagangan

16 Gambar 2 Bagaimana Perdagangan Memperluas Kemungkinan Kesempatan Konsumsi Copyright © 2004 South-Western Kentang (gram) B 0 Daging (gram) (b) Batas Kemungkinan-kemungkinan Produksi Peternak’ B* konsumsi peternak Dengan perdagangan Produksi peternak dengan perdagangan Produksi dan konsumsi Peternak tanpa perdagangan

17 Tabel 2 Keuntungan Perdagangan: Sebuah Rangkuman Copyright © 2004 South-Western Petani Peternak Daging Kentang Daging Kentang Tanpa Pperdagangan Produksi dn konsumsi 4g 16 g 12 g 24g Dengan Perdagangan 0 g 32 g 18 g 12 g Produksi Mendapat 5g Memberi 15g Memberi 5g Mendapat 15g Konsumsi 5 g17 g 13 g 27 g Keuntungan dari perdagangan: Kenaikan dalam konsumsi +1 g +1 g +1 g +3 g

18 Copyright © 2004 South-Western Who can produce potatoes at a lower cost--the farmer or the rancher? PRINSIP KEUNGGULAN KOMPARATIF Perbedaan dalam biaya produksi menentukan sebagai berikut: Siapa yang harus menghasilkan produk? Berapa banyak yang harus diperdagangkan untuk setiap produk? Siapa yang dapat menghasilkan kentang dengan biaya yang lebih rendah petani atau peternak

19 Copyright © 2004 South-Western PRINSIP KEUNGGULAN KOMPARATIF Perbedaan Biaya Produksi Dua cara untuk mengukur perbedaan dalam biaya produksi: Jumlah jam yang dibutuhkan untuk memproduksi satu unit pengeluaran (misalnya, satu pon kentang). Biaya kesempatan mengorbankan sesuatu untuk yang lain.

20 Copyright © 2004 South-Western Keuntungan Absolut Perbandingan antara produsen yang baik menurut mereka produktivitas— keuntungan absolut Menjelaskan produktivitas seseorang, perusahaan, atau bangsa dibandingkan dengan yang lain. Para produser yang membutuhkan jumlah yang lebih kecil dari pemasukan untuk menghasilkan suatu barang dikatakan memiliki keunggulan absolut dalam memproduksi yang baik.

21 Copyright © 2004 South-Western The Rancher has an absolute advantage in the production of both meat and potatoes. Keuntungan Absolut Peternak hanya membutuhkan 10 menit untuk menghasilkan satu gram kentang, sedangkan kebutuhan petani 15 menit. Peternak hanya membutuhkan 20 menit untuk menghasilkan satu gram daging, sedangkan kebutuhan petani 60 menit. Peternak memiliki keunggulan absolut dalam produksi daging dan kentang

22 Copyright © 2004 South-Western Biaya Kesempatan dan Keunggulan Komparatif Membandingkan produsen yang baik sesuai dengan biaya kesempatan mereka. Apapun harus diberikan untuk mendapatkan beberapa item. Produser yang memiliki biaya kesempatan yang lebih kecil menghasilkan yang baik dikatakan memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi yang baik.

23 Copyright © 2004 South-Western Perbandingan Keuntungan dan Perdagangan Siapa yang memiliki keunggulan absolut? Para petani atau peternak? Siapa yang memiliki keunggulan komparatif? Para petani atau peternak?

24 Copyright © 2004 South-Western Tabel 3 Biaya Kesempatan Daging dan Kentang Biaya Kesempatan Dari: 1 Gram Daging 1 Gram Kentang Petani 4 g kentang 1/4 daging Peternak 2 g kentang 1/2 daging

25 Copyright © 2004 South-Western Perbandingan Keuntungan dan Perdagangan Biaya kesempatan Peternak tentang satu gram kentang adalah ¼ gram daging, sedangkan biaya kesempatan petani dari satu gram kentang adalah ½ gram daging. Biaya kesempatan Peternak tentang satu pon daging hanya 4 gram kentang, sementara biaya kesempatan petani dari satu gram daging hanya 2 gram kentang.

26 Copyright © 2004 South-Western Jadi..., Peternak memiliki keunggulan komparatif dalam produksi daging tetapi Petani memiliki keunggulan komparatif dalam produksi kentang. Perbandingan Keuntungan dan Perdagangan

27 Copyright © 2004 South-Western Perbandingan Keuntungan dan Perdagangan Keunggulan komparatif dan perbedaan biaya kesempatan merupakan dasar untuk produksi khusus dan perdagangan. Setiap kali pihak perdagangan potensial memiliki perbedaan biaya kesempatan, mereka juga dapat manfaat dari setiap perdagangan.

28 Copyright © 2004 South-Western Perbandingan Keuntungan dan Perdagangan Manfaat Perdagangan Perdagangan bisa menguntungkan semua orang dalam masyarakat karena memungkinkan orang untuk mengkhususkan diri dalam kegiatan di mana mereka memiliki keunggulan komparatif.

29 Copyright © 2004 South-Western Warisan Adam Smith dan David Ricardo Adam Smith Pada tahun 1776 bukunya An Inquiry into the Nature and Cause oof the Wealth of Nations, yang merupakan tonggak penting dalam analisis ketergantungan dalam perdagangan dan ketergantungan ekonomi. David Ricardo Pada 1816 Principles of Political Economy and Taxation, David Ricardo mengembangkan prinsip keunggulan komparatif seperti yang kita ketahui sekarang.

30 Copyright © 2004 South-Western APLIKASI PERBANDINGAN KEUNTUNGAN ? ?? Haruskah Tiger Woods Menyiangi Rumput di Halamannya Sendiri?

31 Copyright © 2004 South-Western APLIKASI PERBANDINGAN KEUNTUNGAN Perlukah Amerika Serikat melakukan perdagangan dengan Negara Lain? Setiap negara memiliki banyak warga dengan kepentingan yang berbeda. Perdagangan internasional dapat membuat beberapa orang lebih buruk, bahkan karena membuat negara secara keseluruhan lebih baik. Impor—barang yang diproduksi di luar negeri dan dijual di dalam negeri. Ekspor—barang diproduksi di dalam negeri dan dijual ke luar negeri.

32 Copyright © 2004 South-Western Rangkuman Setiap orang mengkonsumsi barang dan jasa yang diproduksi oleh orang-orang lain di negaranya sendiri ataupun di negara kita. Ketergantungan dan perdagangan yang diinginkan karena keduanya memungkinkan setiap orang untuk menikmati barang dan jasa dengan lebih banyak dan lebih beragam.

33 Copyright © 2004 South-Western Rangkuman Ada dua cara membandingkan kemampuan orang dalam menghasilkan sebuah barang. Orang yang mampu menghasillkan brang dengan jumlah bahan baku lebih sedikit dikatakan memiliki keunggulan absolut. Orang yang memiliki biaya kesempatan lebih kecil dalam menghasilkan barang dikatakan memiliki keunggulan komparatif.

34 Copyright © 2004 South-Western Rangkuman Keuntungan dari perdagangan didasarkan pada keunggulan komparatif, bukan keuntungan absolut. Perdagangan membuat semua orang lebih baik karena memungkinkan orang untuk berspesialisasi dalam aktivitas-aktivitas yang membuat mereka memiliki keunggulan komparatif. Prinsip keunggulan komparatif menunjukan bahwa perdagangan dapat menguntungkan semua orang


Download ppt "Copyright © 2004 South-Western/Thomson Learning 3 SALING KETERGANTUNGAN DAN KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN DARI PERDAGANGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google