Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERDAGANGAN INTERNASIONAL. PRINSIP KEUNGGULAN KOMPARATIF Siapakah yang dapat memproduksi jagung dengan biaya yang lebih rendah? Siapakah yang dapat memproduksi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERDAGANGAN INTERNASIONAL. PRINSIP KEUNGGULAN KOMPARATIF Siapakah yang dapat memproduksi jagung dengan biaya yang lebih rendah? Siapakah yang dapat memproduksi."— Transcript presentasi:

1 PERDAGANGAN INTERNASIONAL

2 PRINSIP KEUNGGULAN KOMPARATIF Siapakah yang dapat memproduksi jagung dengan biaya yang lebih rendah? Siapakah yang dapat memproduksi jagung dengan biaya yang lebih rendah? Ada suatu pepatah yang dianut setiap keluarga yang bijak, yaitu jangan pernah berusaha untuk membuat sendiri sesuatu dengan biaya yang lebih mahal daripada membelinya. Ada suatu pepatah yang dianut setiap keluarga yang bijak, yaitu jangan pernah berusaha untuk membuat sendiri sesuatu dengan biaya yang lebih mahal daripada membelinya.

3 Jumlah waktu untuk produksi/ons daging Jumlah waktu untuk produksi/ons kentang PETANI 60 mnt/ons 15 mnt/ons PETERNAK 20 mnt/ons 10 mnt/ons

4 Keunggulan absolut: perbandingan antara produsen suatu barang menurut tingkat produktivitas mereka. Keunggulan absolut: perbandingan antara produsen suatu barang menurut tingkat produktivitas mereka. Pada contoh di atas Peternak memiliki keunggulan absolut dibanding etani karena memiliki biaya yang lebih rendah. Pada contoh di atas Peternak memiliki keunggulan absolut dibanding etani karena memiliki biaya yang lebih rendah. Keunggulan komparatif: perbandingan antara produsen suatu barang menurut biaya kesempatan mereka. Keunggulan komparatif: perbandingan antara produsen suatu barang menurut biaya kesempatan mereka.

5 Biaya kesempatan petani dari 1 ons kentang = seperempat ons daging. Biaya kesempatan petani dari 1 ons kentang = seperempat ons daging. Satu ons daging membebani peternak sebanyak 2 ons kentang. Satu ons daging membebani peternak sebanyak 2 ons kentang. Perdagangan dapat memberi manfaat bagi semua orang dalam masyarakat karena perdagangan memberi kesempatan kepada setiap orang untuk mengkhususkan diri dalam kegiatan yang mereka miliki keunggulan komparetifnya. Perdagangan dapat memberi manfaat bagi semua orang dalam masyarakat karena perdagangan memberi kesempatan kepada setiap orang untuk mengkhususkan diri dalam kegiatan yang mereka miliki keunggulan komparetifnya.

6 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN BAGI NEGARA PENGEKSPOR Jika suatu negara menjadi negara pengekspor suatu barang, maka produsen domestik barang tsb akan untung, sedang konsumen domestik barang tsb akan dirugikan. Jika suatu negara menjadi negara pengekspor suatu barang, maka produsen domestik barang tsb akan untung, sedang konsumen domestik barang tsb akan dirugikan. Jika suatu negara menjadi negara pengimpor suatu barang, maka produsen domestik barang tsb akan dirugikan, sedang konsumen domestik barang tsb akan diuntungkan. Jika suatu negara menjadi negara pengimpor suatu barang, maka produsen domestik barang tsb akan dirugikan, sedang konsumen domestik barang tsb akan diuntungkan.

7 MANFAAT LAIN DARI PERDAGANGAN Bertambahnya jenis barang. Bertambahnya jenis barang. Biaya lebih rendah akibat diterapkannya ekonomi berskala. (sejumlah barang dpt diproduksi dg biaya murah hanya jika barang tersebut diproduksi dalam jumlah besar. Biaya lebih rendah akibat diterapkannya ekonomi berskala. (sejumlah barang dpt diproduksi dg biaya murah hanya jika barang tersebut diproduksi dalam jumlah besar. Meningkatnya persaingan. Meningkatnya persaingan. Aliran ide-ide semakin lancar. Aliran ide-ide semakin lancar.

8 SOAL-SOAL 1. Jelaskan kapan suatu negara menjadi pengekspor dan kapan menjadi pengimpor? 2. Buat esai singkat yang mendukung atau mengkritik kebijakan-kebijakan berikut: a. Pemerintah seharusnya tidak membiarkan impor barang jika perusahaan asing menjual di bawah biaya produksinya (dumping)! a. Pemerintah seharusnya tidak membiarkan impor barang jika perusahaan asing menjual di bawah biaya produksinya (dumping)! b. Pemerintah untuk sementara harus menghentikan impor barang-barang yang industri domestiknya masih baru atau sedang berjuang untuk bertahan. b. Pemerintah untuk sementara harus menghentikan impor barang-barang yang industri domestiknya masih baru atau sedang berjuang untuk bertahan. c. Pemerintah tdk mengijinkan impor dari negara- negara yang peraturan lingkungan hidupnya lebih lemah. c. Pemerintah tdk mengijinkan impor dari negara- negara yang peraturan lingkungan hidupnya lebih lemah.

9 GLOBALISASI Globalisasi adalah pergerakan menuju perdagangan bebas. Globalisasi adalah pergerakan menuju perdagangan bebas.


Download ppt "PERDAGANGAN INTERNASIONAL. PRINSIP KEUNGGULAN KOMPARATIF Siapakah yang dapat memproduksi jagung dengan biaya yang lebih rendah? Siapakah yang dapat memproduksi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google