Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perdagangan luar negeri adalah perdagangan yang terjadi di luar negeri, kegiatan perdagangan luar negeri ini tergantung pada keadaan pasar hasil produksi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perdagangan luar negeri adalah perdagangan yang terjadi di luar negeri, kegiatan perdagangan luar negeri ini tergantung pada keadaan pasar hasil produksi."— Transcript presentasi:

1

2 Perdagangan luar negeri adalah perdagangan yang terjadi di luar negeri, kegiatan perdagangan luar negeri ini tergantung pada keadaan pasar hasil produksi maupun pasar faktor produksi, masing-masing pasar yang saling berhubungan satu dengan lain yang dapat mempengaruhi pendapatan ataupun kesempatan kerja.

3  Keuntungan yang dapat di peroleh sesuatu Negara dari melakukan perdagangan luar negeri  Kebijakan membatasi perdagangan dan proteksi dalam perdagangan luar negeri  Mengenai globalisasi

4 Menurut Nopirin, Ph.D, untuk suatu barang tertentu faktor selera dapat memegang peranan penting.  Misalnya: mobil, rokok, pakaian. meskipun satu negara tertentu telah dapat menghasilkan barang- barang tersebut, namun kemungkinan besar impor dari Negara lain dapat terjadi.  Hal ini dikarenakan faktor selera, dimana penduduk Negara tersebut lebih menyukai barang-barang buatan Negara lain.

5 1. Pandangan para ahli ekonomi/mazhab di masa merkantalisme Perdagangan luar negeri merupakan sumber kekayaan untuk sesuatu Negara menurut mereka, suatu Negara dapat mempertinggi kekayaannya dengan cara menjual barang-barangnya keluar negeri.

6 2. Pandangan ahli-ahli ekonomi klasik  mengemukakan pandangan-pandangan yang lebih logis utuk menerangkan perlunya perdagangan luar negeri dalam mengembangkan suatu perekonomian. Teori Ricardo, yang menerangkan mengenai keuntungan yang dapat diperoleh dari spesialisasi dan perdangangan.  Berdasarkan kepada teori Ricardo tersebut, seluruh negara menjalankan sistem perdagangan bebas (free trade).

7 Merupakan sistem perdagangan luar negeri dimana setiap Negara melakukan perdagangan tanpa ada halangan perdagangan

8  Keuntungan mutlak Keuntungan yang diperoleh oleh suatu negara dari mengkhususkan kegiatannya kepada memproduksikan barang-barang dengan efisiensi yang lebih tinggi dari negara-negara lain.  Keuntungan berbanding Keuntungan yang diperoleh oleh suatu negara dari mengkhususkan (melakukan spesialisasi) dalam memproduksikan barang-barang yang mempunyai harga yang relatif lebih rendah dari negara lain.

9  Pengertian proteksi dan Tarif Proteksi merupakan perlindungan dalam perdagangan atau industri. Tujuannya untuk melindungi industri dalam negeri dari persaingan barang impor. Hal ini, misalnya dapat dijalankan dengan tariff. Quota dan sebagainya. Tarif adalah pembebanan pajak atau custom duties terhadap barang-barang yang melewati batas suatu Negara.

10  Bea ekspor pajak/bea yang dikenakan terhadap barang yang diangkut manusia ke Negara lain.  Bea transito pajak/bea yang dikenakan terhadap barang-barang yang melalui wilayah suatu Negara dengan ketentuan bahwa barang tersebut sebagai tujuan akhirnya adalah Negara lain.  Bea impor pajak/bea yang dikenakan terhadap barang-barang yang masuk dalam custom area suatu Negara dengan ketentuan bahwa Negara tersebut sebagai tujuan akhir.

11  Pengenaan tarif (ex: tarif advalorem &tarif spesifik)  Quota  Pelarangan impor  Subsidi Dengan adanya subsidi, produsen dalam negeri bisa menjual barangnya lebih murah, sehingga bisa bersaing dengan barang impor.

12  Mengatasi masalah deflasi dan pengangguran.  Mendorong perkembangan industri baru  Mendiversifikasikan perekonomian  Menghindari kemerosotan industri-industri tertentu  Memperbaiki neraca pembayaran  Menghindari dumping  Menambah pendapatan pemerintah Dalam ekonomi, deflasi adalah suatu periode dimana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah. Deflasi adalah kebalikan dari inflasi. Bila inflasi terjadi akibat banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar. Salah satu cara menanggulangi deflasi adalah dengan menurunkan tingkat suku bunga.ekonomiinflasisuku bunga

13 Proteksi dan pembatasan perdagangan adalah kebijakan. Kebijakan pemerintah dalam membatasi atau mengurangi barang-barang yang di impor. Halangan perdagangan dapat dibedakan kepada empat jenis: tarif dan pajak impor, kuota pembatasan impor. Hambatan perdagangan bukan tarif dan pembatasan penggunaan valuta asing.

14 Definisi Globalisasi Adalah satu konsep yang sering dinyatakan orang pada masa ini, tetapi yang menyatakan dan mebahasnya mempunyai pengertian yang berbeda mengenai konsep tersebut. Globalisasi dapat didefinisikan sebagai peningkatan dalam saling ketergantungan dalam keadaan dan kegiatan ekonomi diantara berbagai Negara

15  Perkembangan politik dunia  Semakin pentingnya praktek pasaran bebas  Perkembangan perusahaan multinasional  Berkembangnya investasi keuangan ke berbagai Negara  Kemajuan teknologi dalam bidang teknologi informasi dan pengangkutan

16 Kebaikan Globalisasi  Produksi dunia dapat ditingkatkan  Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu Negara  Meluaskan pasa untuk hasil produksi dalam negeri  Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik  Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi

17 Keburukan Globalisasi  Menghambat pertumbuhan sector industri manafaktur  Memperburuk keadaan neraca pembayaran  Sektor keuangan semakin tidak stabil  Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Kebaikan dan Keburukan Globalisasi


Download ppt "Perdagangan luar negeri adalah perdagangan yang terjadi di luar negeri, kegiatan perdagangan luar negeri ini tergantung pada keadaan pasar hasil produksi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google