Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERDAGANGAN INTERNASIONAL PERTEMUAN 9. Manfaat perdagangan internasional Setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, cukup memproduksi barang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERDAGANGAN INTERNASIONAL PERTEMUAN 9. Manfaat perdagangan internasional Setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, cukup memproduksi barang."— Transcript presentasi:

1 PERDAGANGAN INTERNASIONAL PERTEMUAN 9

2 Manfaat perdagangan internasional Setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, cukup memproduksi barang yang efisien di banding negara lain, rakyat negara tersebut dapat mengkonsumsi barang yang tidak ada di negaranya.

3 Fator pendorong perdagangan internasional 1. Keanekaragaman kondisi produksi. 2. Penghematan biaya produksi /spesialisasi. 3. Perbedan selera.

4 Kebijakan perdagangan Perdagang bebas, beberapa alasan perdagangan bebas: 1. Cenderung memacu persaingan, sehingga menyempurnakan sekala ekonomis dan alokasi sumberdaya. 2. Mendorong peningkatan efisiensi, perbaikan mutu produk. 3. Merangsang pertumbuhan ekonomi. 4. Lebih mudah menarik modalasing. 5. Memungkinkan konsumen menghadapi ruang lingkup pilihan yang luas, atas barang yang tersedia.

5 Proteksi perdagangan.. 1. Untuk melindungi industri dalam negeri yang baru umbuh. 2. Menciptakan lapangan kerja. 3. Sumber penerimaan negara.

6 Alat proteksi perdagangan 1. Tarif atau bea masuk, pajak yang dikenakan terhadap barang yang di perdagangkan baik impor maupun eksor.. 2. Kuota adalah batas maksimum jumlah barang tertentu yang bisa diimpr dalam periode tertentu, biasanya 1 tahun. 3. Subsidi adalah car lain yang eektif untuk membatasi perdagangan internasional dengan mensubsidi barang domestik. 4. Larangan impor 5. Dumping kebijakan menjual produk lebih murah diluar negeri dari ada didalam negeri.


Download ppt "PERDAGANGAN INTERNASIONAL PERTEMUAN 9. Manfaat perdagangan internasional Setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, cukup memproduksi barang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google