Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Sepuluh Prinsip Ekonomi. Ekonomi...... Kata ekonomi berasal dari kata Yunani yang berarti “seseorang yang mengatur suatu rumah tangga”.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Sepuluh Prinsip Ekonomi. Ekonomi...... Kata ekonomi berasal dari kata Yunani yang berarti “seseorang yang mengatur suatu rumah tangga”."— Transcript presentasi:

1 1 Sepuluh Prinsip Ekonomi

2 Ekonomi Kata ekonomi berasal dari kata Yunani yang berarti “seseorang yang mengatur suatu rumah tangga”.

3 SEPULUH PRINSIP EKONOMI Suatu rumah tangga dan suatu sistem ekonomi sama-sama harus memutuskan: – Siapa yang harus bekerja? – Barang apa dan berapa banyak yang harus diproduksi? – Sumber daya apa yang harus digunakan di dalam produksi? – Pada harga berapa barang harus dijual?

4 SEPULUH PRINSIP EKONOMI Masyarakat dan sumber daya yang terbatas – Diperlukan manajemen bagi sumber daya masyarakat karena jumlahnya yang terbatas. – Terbatas… dalam artian sumber daya yang ada jumlahnya sedikit sehingga tidak dapat digunakan untuk memproduksi barang dan jasa sebanyak yang dibutuhkan.

5 SEPULUH PRINSIP EKONOMI Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana masyarakat me-manage sumberdaya-nya yang terbatas.

6 SEPULUH PRINSIP EKONOMI Bagaimana manusia mengambil keputusan. 1.Manusia menghadapi tradeoffs. 2.Ongkos dari sesuatu adalah semua pengorbanan yang diperlukan untuk mendapatkannya. 3.Manusia yang rasional berpikir secara marjinal. 4.Manusia merespons adanya insentif.

7 SEPULUH PRINSIP EKONOMI Bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain. 5.Perdagangan menguntungkan semua pihak. 6.Pasar adalah cara yang baik untuk mengorganisir kegiatan ekonomi. 7.Pemerintah kadangkala dapat memperbaiki output ekonomi.

8 SEPULUH PRINSIP EKONOMI Kekuatan dan kecenderungan yang mempengaruhi bekerjanya sistem ekonomi secara menyeluruh 8.Standar hidup tergantung dari produksi suatu negara. 9.Harga naik ketika pemerintah mencetak terlalu banyak uang. 10.Dalam jangka pendek masyarakat menghadapi tradeoff antara inflasi dan tingkat pengangguran.

9 Prinsip #1: Manusia menghadapi Tradeoffs. “There is no such thing as a free lunch!”

10 Pengambilan keputusan membutuhkan tradeoff antara satu tujuan dengan tujuan yang lain Prinsip #1: Manusia menghadapi Tradeoffs. Untuk memperoleh sesuatu, harus mengorbankan sesuatu yang lainnya – Senjata vs makanan (Guns vs butter) – Makanan vs Pakaian – Waktu bersantai vs kerja – Efisiensi vs Pemerataan (Efficiency vs equity)

11 Prinsip #1: Manusia menghadapi Tradeoffs. Efisiensi vs Pemerataan – Efisiensi berarti bahwa masyarakat memperoleh hasil yang paling banyak/baik dari sumber daya yang terbatas. Ukuran Kue, semakin besar semakin efisien – Pemerataan berarti bahwa keuntungan dari sumberdaya tersebut dapat disebarkan secara merata untuk seluruh anggota masyarakat. Bagaimana membagi kue, setiap orang mendapat ukuran yang sama

12 Prinsip #2: Ongkos dari sesuatu adalah semua pengorbanan yang diperlukan untuk mendapatkannya. Keputusan membutuhkan perbandingan antara biaya dan keuntungan dari beberapa alternatif. – Kuliah atau kerja? – Belajar atau nonton bioskop? – Ikut kuliah atau tidur di kos? Opportunity cost adalah seluruh biaya, terukur maupun tidak untuk mendapatkan sesuatu.

13 Prinsip #2: Ongkos dari sesuatu adalah semua pengorbanan yang diperlukan untuk mendapatkannya. Pemain basket bintang LA Laker Kobe Bryant memilih untuk tidak kuliah setelah lulus SMU (pengorbanan) untuk langsung bermain secara profesional di mana dia memperoleh gaji jutaan dollar.

14 Manusia membuat keputusan dengan membandingkan biaya/kerugian dan keuntungannya secara marjinal. Prinsip #3: Manusia yang rasional berpikir secara marjinal. Perubahan secara marjinal adalah sedikit penambahan atau penyesuaian pada suatu perencanaan kegiatan yang ada.

15 Prinsip #4: Manusia merespons adanya insentif. Perubahan marjinal pada biaya atau keuntungan memotivasi manusia untuk merespons perubahan tsb. Keputusan untuk memilih satu alternatif dari yang lainnya terjadi ketika keuntungan marjinal dari alternatif tsb melebihi biaya marjinalnya.

16 Principle #5: Perdagangan menguntungkan semua pihak. Manusia mendapatkan keuntungan dengan melakukan perdagangan di antara mereka. Kompetisi menghasilkan keuntungan pada perdagangan. Perdagangan menyebabkan manusia untuk melakukan spesialisasi pada hal yang paling baik yang dapat mereka lakukan.

17 Prinsip #6: Pasar adalah cara yang baik untuk mengorganisir kegiatan ekonomi. Suatu ekonomi pasar adalah ekonomi yang mengalokasikan sumberdaya melalui keputusan desentralisasi dari beberapa perusahaan dan rumah tangga, sebagai hasil interaksi mereka pada pasar barang dan jasa. – Rumah tangga memutuskan harus membeli apa dan bekerja pada siapa. – Perusahaan memutuskan siapa yang akan dipekerjakan dan barang apa yang akan diproduksi.

18 Prinsip #6: Pasar adalah cara yang baik untuk mengorganisir kegiatan ekonomi. Observasi dari Adam Smith: Rumah tangga dan perusahaan berinteraksi di pasar seolah-olah mereka diatur oleh “invisible hand” – Rumah tangga dan perusahaan memutuskan apa yang harus dibeli dan dijual berdasarkan harga, – Biaya sosial dari tindakan mereka sudah termasuk di dalam harga. – Konsekuensinya: harga mengarahkan pengambil keputusan untuk memperoleh hasil yang cenderung memaksimumkan kesejahteraan sosial.

19 Prinsip #7: Pemerintah kadangkala dapat memperbaiki output ekonomi. Kegagalan pasar terjadi ketika pasar gagal mengalokasikan sumberdaya secara efisien. Ketika pasar mengalami kegagalan pemerintah dapat ikut campur untuk mencapai efisiensi dan pemerataan.

20 Prinsip #7: Pemerintah kadangkala dapat memperbaiki output ekonomi. Kegagalan pasar disebabkan oleh: – Eksternalitas: suatu akibat/efek dari tindakan seseorang atau perusahaan terhadap kesejahteraan orang atau pihak lain. – Kekuatan pasar: kemampuan dari seseorang atau satu perusahaan tertentu untuk mempengaruhi harga pasar.

21 Prinsip #8: Standar hidup tergantung dari produksi suatu negara. Standar hidup dapat diukur melalui beberapa cara: – Dengan membandingkan pendapatan pribadi – Dengan membandingkan total nilai pasar dari produksi suatu negara.

22 Prinsip #8: Standar hidup tergantung dari produksi suatu negara. Hampir semua keragaman standar hidup dapat dijelaskan oleh perbedaan produktifitas antar negara. Produktifitas adalah jumlah barang dan jasa yang dapat diproduksi per jam dari waktu kerja buruh/pekerja.

23 Prinsip #9: Harga naik ketika pemerintah mencetak terlalu banyak uang. Inflasi adalah peningkatan tingkat harga secara keseluruhan pada suatu ekonomi. Salah satu penyebabnya adalah penambahan jumlah uang. Ketika pemerintah mencetak terlau banyak jumlah uang maka nilai uang akan jatuh.

24 Principle #10: Masyarakat menghadapi tradeoff antara inflasi dan tingkat pengangguran. Kurva Phillips menggambarkan tradeoff antara inflasi dan tingkat pengangguran:  Inflasi   Tingkat pengangguran Akan tetapi tradeoff tersebut berlaku untuk jangka pendek.

25 Kesimpulan Ketika masing-masing individu membuat keputusan mereka menghadapi tradeoff di antara banyak alternatif tujuan. Biaya suatu tindakan diukur berdasarkan kesempatan yang terbuang akibat tindakan tsb. Manusia yang rasional mengambil keputusan dengan membandingkan keuntungan dan kerugian secara marjinal.

26 Kesimpulan Manusia merubah perilaku akibat insentif yang mereka hadapi. Perdagangan dapat saling menguntungkan. Pasar adalah cara yang baik untuk mengatur perdagangan di antara manusia. Pemerintah secara potensial dapat memperbaiki hasil pasar ketika terjadi kegagalan pasar.

27 Summary Produktitas adalah sumber utama dari standar hidup. Pertumbuhan uang adalah sumber utama inflasi Masyarakat menghadapi tradeoff jangka pendek di antara inflasi dan pengangguran.


Download ppt "1 Sepuluh Prinsip Ekonomi. Ekonomi...... Kata ekonomi berasal dari kata Yunani yang berarti “seseorang yang mengatur suatu rumah tangga”."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google