Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB I PENGERTIAN DASAR ILMU EKONOMI By: Saptaningsih Sumarmi, SE.MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB I PENGERTIAN DASAR ILMU EKONOMI By: Saptaningsih Sumarmi, SE.MM."— Transcript presentasi:

1 BAB I PENGERTIAN DASAR ILMU EKONOMI By: Saptaningsih Sumarmi, SE.MM

2 SEJARAH ILMU EKONOMI Yunani, yaitu Oikos yang berarti rumah tangga, dan nomos berarti aturan. Perubahan kata ekonomis menjadi ekonomi mengandung arti aturan yang berlaku untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam suatu rumah tangga. ekonomi: Peraturan rumah tangga.

3 Pengertian Ilmu Ekonomi Soediyono(2001),: ilmu yang mempelajari bagaimana manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan- kebutuhannya mengadakan pemilihan di antara berbagai alternatif pemakaian atas alat-alat pemuas kebutuhan yang tersedianya relatif terbatas Samuelson(2003): suatu studi mengenai bagaimana masyarakat menentukan pilihan (dengan atau tanpa menggunakan uang), dengan menggunakan sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang dan dimasa mendatang kepada berbagai golongan masyarakat Jadi, masalah ekonomi yang selalu dihadapi oleh setiap bangsa adalah bagaimana menggunakan sumber-sumber ekonomi yang terbatas jumiahnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat banyak

4 KEGIATAN EKONOMI Kegiatan produksi Kegiatan konsumsi Kegiatan pertukaran Penggerak kegiatan tersebut diatas adalah kebutuhan manusia.

5 Sumber-sumber ekonomi Sumber-sumber alam Sumber ekonomi yang berupa manusia dan tenaganya Sumber-sumber ekonomi buatan manusia (capital) Kewirausahaan (entrepreneurship)

6 Klasifikasi ekonomi diskriptif (discriptive economics) teori ekonomi (economics theory) 1. teori ekonomi mikro 2. teori ekonomi makro ekonomi terapan (applied economics)

7 Pelaku Ekonomi rumah tangga keluarga (house hold) rumah tangga perusahaan rumah tangga pemerintah sektor luar negeri

8 Ilmu ekonomi (economisc) adalah ilmu yang mempelajari bagaimana usaha manusia dalam usaha memenuhi kebutuhannya mengadakan pemilihan diantara berbagai alternatif pemakaian atas alat-alat pemuas kebutuhan yang tersedianya relatif terbatas. Ilmu ekonomi diklasifikasikan: 1. ekonomi diskriptif (discriptive economics) yaitu mengumpulkan keterangan-keterangan yang faktual dan relevan mengenai suatu masalah. 2. Teori ekonomi (economics theory) yaitu menerangkan mekanisme bekerjanya suatu sistem perekonomian. a. Teori mikro: materi bahas adalah mekanisme bekerjanya perekonomian secara individual atau perilaku pelaku-pelaku ekonomi yang berada di dalam sistem perekonomian. b. Teori makro: mekanisme bekerjanya perekonomian secara agregat atau secara keseluruhan. 3. ekonomi terapan (applied economics) adalah menggunakan hasil pemikiran yang terkumpul dalam teori ekonomi untuk menerangkan keterangan-keterangan yang terkumpul oleh ekonomi diskriptif.


Download ppt "BAB I PENGERTIAN DASAR ILMU EKONOMI By: Saptaningsih Sumarmi, SE.MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google