Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB I RUANG LINGKUP EKONOMI MIKRO. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Prof. P.A. Samuelson:Ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang-orang dan masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB I RUANG LINGKUP EKONOMI MIKRO. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Prof. P.A. Samuelson:Ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang-orang dan masyarakat."— Transcript presentasi:

1 BAB I RUANG LINGKUP EKONOMI MIKRO

2 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Prof. P.A. Samuelson:Ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi, sekarang dan dimasa datang, kapada berbagai orang dan golongan masyarakat”

3 Menurut : Alfred Marshall’s “Ilmu yang mempelajari tentang umat manusia dalam urusan hidupnya” Ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengalokasikan sumberdaya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

4 PENGGOLONGAN ILMU EKONOMI 1.Ekonomi Deskriptif 2.Teori Ekonomi a. Teori Ekonomi Mikro mengupas ilmu ekonomi dari sudut pandang ‘kepentingan unit-unit ekonomi terkecil’ Misalnya membahas : - perilaku rumah tangga konsumen - perilaku rumah tangga produsen - dan perilaku pasar secara individual b. Ekonomi Makro mengupas perilaku perekonomian sebagai suatu ‘keseluruhan’ (agregat) dan mengabaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh unit-unit individu.

5 Persoalan-persoalan ekonomi muncul dari penggunaan sumber daya yang langka untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan manusia yang tak terbatas. Sumber daya: 1.Sumber daya alam: tanah, hutan, dll 2.Sumber daya manusia 3.Semua alat untuk meningkatkan produksi Sumber daya=faktor produksi

6 Barang yang diproduksi=komoditi (barang&jasa) Produksi: Kegiatan dalam membuat barang dan jasa Konsumsi: Kegiatan dalam menggunakan barang dan jasa untuk memuaskan keinginan

7 Kelangkaan: merupakan suatu kenyataan dan selalu ada. Keinginan manusia yang tidak terbatas, menyebabkan sumber daya yang ada sangat tidak mencukupi Sumber daya langka sehingga timbul masalah untuk menentukan pilihan apa yang akan diproduksi dan bagaimana membaginya diantara anggota masyarakat Menyebabkan adanya biaya (Opportunity Cost)

8 Oportunity Cost (Biaya Kesempatan Setiap kali seseorang harus membuat suatu pilihan karena adanya kelangkaan, seseorang harus membayar biaya kesempatan Biaya ini diukur dalam bentuk alternatif yang harus dikorbankan.

9 Persoalan Pokok Ekonomi: 1.Barang dan Jasa Apa yang harus diproduksikan dan berapa Jumlahnya? 2.Bagaimanakah barang tersebut diproduksi? 3. Untuk siapa barang diproduksi?

10 PERNYATAAN POSITIF DAN NORMATIF Pernyataan positif adalah: pernyataan yang merujuk pada kondisi yang sebenarnya terjadi, berdasarkan fakta yang ada sehingga bisa dibuktikan keabsahannya. Pernyataan Normatif adalah: pernyataan petunjuk yang mengandung arti apa sebaiknya yang harus dilakukan bila ingin sesuatu yang diharapkan menjadi kenyataan.


Download ppt "BAB I RUANG LINGKUP EKONOMI MIKRO. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Prof. P.A. Samuelson:Ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang-orang dan masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google