Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISAMPAIKAN PADA PERKULIAHAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA HUKUM TANAH ADAT oleh: RIZKY YOGA PRATAMA A 220.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISAMPAIKAN PADA PERKULIAHAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA HUKUM TANAH ADAT oleh: RIZKY YOGA PRATAMA A 220."— Transcript presentasi:

1 DISAMPAIKAN PADA PERKULIAHAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA HUKUM TANAH ADAT oleh: RIZKY YOGA PRATAMA A

2 KEDUDUKAN TANAH DALAM HUKUM ADAT Karena Sifatnya Merupakan satu-satunya benda kekayaan yang meskipun mengalami keadaan yang bagaimanapun juga, masih bersifat tetap dalam keadaannya, bahkan kadang-kadang menjadi lebih menguntungkan. Karena Fakta Suatu kenyataan bahwa tanah itu : - merupakan tenpat tinggal persekutuan - memberikan penghidupan kepada persekutuan - merupakan tempat para warga persekutuan yang meninggal dunia dikebumikan.

3 Makna Tanah dalam Hukum Adat Dalam pandangan adat masyarakat kita, tanah mempunyai makna yang sangat penting. Yakni antara lain:  Sebagai tempat tinggal dan mempertahankan kehidupan  Alat pengikat masyarakat dalam suatu persekutuan  Sebagai modal (aset produksi) utama dalam suatu persekutuan

4  Disebut juga sebagai: Hak purba (Djojodigoeno), Hak pertuanan (Soepomo)  Yaitu hak yang dimiliki oleh suatu persekutuan hukum adat (sehingga sifatnya merupakan hak bersama) untuk menguasai seluruh tanah beserta segala isinya dalam lingkungan wilayah persekutuan tersebut.  Merupakan hak atas tanah yang tertinggi dalam hukum adat

5 KONSEKUENSI ADANYA HAK ULAYAT Ke dalam persekutuan:Ke luar persekutuan:  Hanya persekutuan itu sendiri beserta para warganya yang berhak dengan bebas menggunakan tanah-tanah dalam wilayah persekutuan y.b.s  Orang dari luar persekutuan pada dasarnya tidak boleh menggunakan tanah milik persekutuan  Warga persekutuan hanya dapat memanfaatkan tanah untuk keperluan somah / keluarganya sendiri, tidak boleh untuk kepentingan orang lain  Orang luar persekutuan hanya dapat menggunakan tanah milik persekutuan setelah mendapat ijin dari kepala persekutuan

6 Ke dalam persekutuan:Ke luar persekutuan:  Persekutuan bertanggung jawab penuh atas segala hal yang terjadi dalam wilayahnya  Untuk mendapatkan ijin kepala persekutuan, orang asing y.b.s harus membayar uang pemasukan/upeti/ mesi (recognitie) kepada persekutuan  Hak ulayat tidak dapat dilepaskan, dipindahtangankan, diasingkan, dan lain-lain untuk selamanya.  Hak ulayat juga meliputi tanah yang sudah digarap dengan hak perseorangan  Uang mesi bukanlah bersifat sebagai uang sewa, melainkan sebagai tanda bahwa ia adalah orang asing (bukan warga persekutuan), dan hak yang akan diperolehnya tidak akan sama dengan hak warga asli persekutuan

7 PENGGARAPAN TANAH OLEH MASYARAKAT DALAM PERSEKUTUAN  Bisa dilakukan secara bersama-sama di bawah pimpinan kepala persekutuan, atau dilakukan warga secara perseorangan  Penggarapan secara bersama-sama, terdapat beberapa cara:  Sistem Blaburan  Sistem Mathok galeng, gilir wong  Sistem Mathok galeng, mathok wong

8 HAK PERSEORANGAN Terdiri dari beberapa macam:  Hak menikmati hasil  Hak wenang pilih  Hak milik / hak yasan  Hak wenang beli  Hak imbalan jabatan

9 HUBUNGAN HAK ULAYAT DAN HAK PERSEORANGAN Dikenal dengan istilah hubungan: batas –membatasi /desak – mendesak /mulur – mungkret / kempis – mengembang, tiada henti  Artinya: Semakin maju dan bebas penduduk dalam usaha pertaniannya, maka hak perseorangan akan semakin kuat sehingga hak ulayat semakin melemah. Tetapi sebaliknya, jika tanah tersebut ditelantarkan, sehingga hak perseorangan yang ada melemah, maka tanahy tersbeut kembali mjd tanah ulayat (hak ulayat menguat)

10 PENGARUH KEKUASAAN ASING THD HUKUM TANAH ADAT  Jaman Kerajaan:  Merugikan: Jika wilayah persekutuan hukum adat terletak di wilayah sekitar pusat kerajaan, Penggantian kepala- kepala persekutuan, pengambil alihan tanah persekutuan oleh raja, pengutan pajak oleh raja kepada persekutuan.  Memperkuat : Pengakuan dan penguatan susunan organisasi persekutuan oleh kerajaan, pembentukan desa perdikan

11  Jaman kolonial:  Landrent oleh Raffles  Cultuurstelsel oleh gub.Jend. Van den Bosch  Agrasiche Wet + Psl 51 IS:  Gub.Jend tdk akan mengambil kekuasaan atas tanah yang dibuka oleh rakyat asli, kecuali untuk kepentingan umum dan keperluan perkebunan menurut peraturan yang berlaku. Tanah milik rakyat asli dapat diberikan kepada mereka hak eigendom Konsekuensi hak eigendom:  Domeinverklaring  Rakyat asli dapat menyewakan atau menjual tanahnya kepada golongan non bumiputra (melalui pemerintah) Pemerintah dapat memberikan hak erfpacht kepada perusahaan swasta max 75 tahun. Pemerintah juga dapat memberi ijin kepada seseorang untuk memakai tanah dengan hak opstal, sewa, hak pinjam, dan hak pakai.

12 EEra pemerintahan NKRI UUPA (UU no. 5 Th 1960) KKedudukan hak ulayat dalam UUPA: Pasal 3 UUPA: “Dengan mengingat ketentuan-ketentuan dlm Pasal 1 & 2, pelaksanaan hak ulayat dan hak-hak yg serupa itu dari masyarakat-masyarakat hk adat, sepanjang menurut kenyataannya masih ada, harus sedemikian rupa shg sesuai dg kepentingan nasional dan negara, yg berdasarkan atas persatuan bangsa serta tidak boleh bertentangan dg UU dan peraturan-peraturan lain yg lebih tinggi.”

13 Pasal 5 UUPA: Hukum Agraria yang berlaku atas bumi, air, ruang angkasa ialah hukum adat, sepanjang tidak bertentangan dengan kepentingan nasional dan negara, yang berdasarkan atas persatuan bangsa, dengan sosialisme Indonesia serta dengan peraturan-peraturan yang tercantum dalam UU ini dan peraturan perundangan lainnya, segala sesuatu dengan mengindahkan unsur- unsur yang bersandar pada hukum agama.  Pengakuan hak ulayat Permen Agraria /Kep.BPN No.5 Th 99 ttg Pedoman Penyelesaian Masalah Hak Ulayat Masyarakat Hukum Adat Tujuan : Untuk melaksanakan urusan pertanahan dalam kaitannya dengan hak ulayat yg masih ada di daerah tersebut.

14 Kriteria adanya hak ulayat (Psl 2 Permen Agraria / Kep.BPN No.5 Th 99): 1.Adanya masyarakat Hukum adat tertentu 2.Adanya hak ulayat yang menjadi lingkungan hidup dan tempat mengambil keperluan hidup masyarakat hukum adat 3.Adanya tatanan hukum adat mengenai pengurusan, penguasaan dan penggunaan tanah ulayat yang berlaku dan ditaati oleh masyarakat hukum adat Ke-3 nya merupakan kriteria kumulatif

15 TRANSAKSI TANAH  Macam-macam transaksi tanah: 1. Perbuatan hukum sepihak 2. Perbuatan hukum 2 pihak Transaksi Tanah 2 Pihak  Penyerahan benda (sebagai prestasi) yang berobyek tanah yang berjalan serentak dengan penerimaan pembayaran tunai.  Yang disebut dengan tanah juga meliputi perairan seperti empang, tambak, dll.  Membutuhkan persaksian dari kepala adat agar transaksi tersebut dapat dikatakan “terang”


Download ppt "DISAMPAIKAN PADA PERKULIAHAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA HUKUM TANAH ADAT oleh: RIZKY YOGA PRATAMA A 220."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google