Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 1 Anomali dan Redudancy a.Anomali anomali adalah suatu masalah yang terjadi pada tabel data ketika dilakukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 1 Anomali dan Redudancy a.Anomali anomali adalah suatu masalah yang terjadi pada tabel data ketika dilakukan."— Transcript presentasi:

1 Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 1 Anomali dan Redudancy a.Anomali anomali adalah suatu masalah yang terjadi pada tabel data ketika dilakukan proses manipulasi pada tabel data. Terdapat 3 macam anomali pada manipulasi data yaitu ; 1.Anomali Penambahan (Insert) 2.Anomali Perubahan (Update) 3.Anomali Penghapusan (Delete)

2 Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 2 Contoh Tabel yang Mengalami Anomali NPMNamaKegiatanIuran (Rp.) 101BudimanVolly YonaVolly AmirBasket BudimanBasket NitaRenang5000

3 Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 3 1. Anomali Penambahan (Insert) Yaitu masalah yang terjadi saat akan melakukan penambahan data (insert) ke dalam tabel data. Contoh ; pada tabel diatas kita tidak dapat melakukan penambahan data mahasiswa baru jika mahasiswa tersebut tidak mengikuti salah satu kegiatan.

4 Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 4 1. Anomali Perubahan (Update) Yaitu masalah yang terjadi saat akan melakukan perubahan data (update) ke dalam tabel data. Contoh ; pada tabel diatas jika terjadi perubahan iuran Basket dari Rp.2500 menjadi Rp.3000, dimana akan menjadi masalah ketika kita harus melakukan perubahan berkali-kali sebanyak mahasiswa yang mengikuti kegiatan basket

5 Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 5 1. Anomali Penghapusan (Delete) Yaitu masalah yang terjadi saat akan melakukan penghapusan data (delete) pada tabel data dimana suatu fakta akan hilang dari tabel data. Contoh ; pada tabel diatas jika Nita berhenti kuliah maka saat menghapus record tersebut fakta untuk jenis kegiatan renang akan ikut terhapus, sehingga tidak diketahui bahwa ada jenis kegiatan renang.

6 Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 6 Redudancy Yaitu terjadinya beberapa field/atribut pada sebuah file/tabel yang ditulis berulang- ulang atau duplikasi. Redudancy dapat menyebabkan terjadinya inefisiensi ruang (space) di dalam media penyimpanan

7 Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 7 Contoh tabel yang mengalami Redudancy NpmNamaTgl_LahirAlamatKd_ MK MKNilai 001Fendi2 Jan 1982Jl.AbcMK01KalkulusB 001Fendi2 Jan 1982Jl.AbcMK02PancasilaB 001Fendi2 Jan 1982Jl.AbcMK03S.Basis Data A 002Rita8 Juli 1984Jl.XyzMK01KalkulusB 002Rita8 Juli 1984Jl.XyzMK02PancasilaB


Download ppt "Henry Primandari,S.Kom STMIK-MDP Palembang 1 Anomali dan Redudancy a.Anomali anomali adalah suatu masalah yang terjadi pada tabel data ketika dilakukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google