Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama: Yeni Kusrini Kelas: B Prodi: D3 Kebidanan NIM:122100258 Semester: I (satu)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama: Yeni Kusrini Kelas: B Prodi: D3 Kebidanan NIM:122100258 Semester: I (satu)"— Transcript presentasi:

1 Nama: Yeni Kusrini Kelas: B Prodi: D3 Kebidanan NIM: Semester: I (satu)

2 Kehamilan Pengertian Kehamilan Tanda-tanda Kehamilan tidak pasti Tanda Pasti Kehamilan Tiga Trimester Kehamilan Pemeriksaan Kehamilan Hal-hal yang penting dilakukan selama kehamil Hal-hal yang harus di hindari selama kehamilan

3 PENGERTIAN KEHAMILAN APA ITU KEHAMILAN? Menurut Wikipedia, kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Sedangkan menurut salah satu ahli, Kehamilan adalah proses dimana sperma menembus ovum sehingga terjadinya konsepsi dan fertilasi sampai lahirnya janin, lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan), dihitung dari pertama haid terakhir.hamil Dari beberapa pernyataan di atas, bisa penulis simpulkan bahwa kehamilan adalah ketika seorang wanita mengandung atau membawa embrio di dalam perutnya dimulai dari ketika embrio itu terbentuk sampai saat lahirnya janin. Proses kehamilan sendiri bisa terjadi karena bertemunya sel sperma pria dengan sel telur matang dari wanita. Kehamilan adalah saat-saat yang penuh perjuangan bagi seorang calon ibu. Selama kurang lebih 9 bulan.

4 TANDA-TANDA KEHAMILAN TIDAK PASTI Gejala Kehamilan Tidak Pasti :  Amenorhea (tidak menstruasi)  Nouse, Vomitus (Mual, muntah)  Ngidam  Sering Kencing, konstipasi( susah BAB)  Pingsan dan Mudah lelah Tanda Kehamilan Tidak Pasti:  Pigmentasi kulit  Leukore( Keluaranya darah putih/keluarnya cairan putih)  Perubahan Payudara  Pembesaran Abdomen( Perut)  Tes kehamilan memberikan hasil positif

5 TANDA PASTI KEHAMILAN Pada perabaan di bagian perut dirasakan adanya janin serta gerak janin.  Bila didengarkan menggunakan alat Doppler maka akan terdengar detak jantung janin.  Pada pemeriksaan USG dilihat gambaran janin. Pada pemeriksaan rontgen terlihat gambaran rangka janin.

6 TIGA TRIMESTER KEHAMILAN Trimester Pertama (Minggu 0 – 12) Periode Germinal (Minggu 0 – 3) – Pembuahan telur oleh sperma terjadi pada minggu ke-2 dari hari pertama menstruasi terakhir. – Telur yang sudah dibuahi sperma bergerak dari tuba fallopi dan menempel ke dinding uterus (endometrium). Periode Embrio (Minggu 3 – 8 ) – Sistem syaraf pusat, organ-organ utama dan struktur anatomi mulai terbentuk. – Mata, mulut dan lidah terbentuk. Hati mulai memproduksi sel darah. – Janin berubah dari blastosis menjadi embrio berukuran 1,3 cm dengan kepala yang besar Periode Fetus (Minggu 9 – 12) – Semua organ penting terus bertumbuh dengan cepat dan saling berkait. – Aktivitas otak sangat tinggi.

7 Trimester kedua (Minggu 12 – 24) Pada minggu ke-18 ultrasongrafi sudah bisa dilakukan untuk mengecek kesempurnaan janin, posisi plasenta dan kemungkinan bayi kembar. Jaringan kuku, kulit dan rambut berkembang dan mengeras pada minggu ke 20 – 21 Indera penglihatan dan pendengaran janin mulai berfungsi. Kelopak mata sudah dapat membuka dan menutup. Janin (fetus) mulai tampak sebagai sosok manusia dengan panjang 30 cm. Trimester ketiga (24 -40) Semua organ tumbuh sempurna Janin menunjukkan aktivitas motorik yang terkoordinasi (‘nendang’, ‘nonjok’) serta periode tidur dan bangun. Masa tidurnya jauh lebih lama dibandingkan masa bangun. Paru-paru berkembang pesat menjadi sempurna. Pada bulan ke-9, janin mengambil posisi kepala di bawah, siap untuk dilahirkan. Berat bayi lahir berkisar antara 3 -3,5 kg dengan panjang 50 cm.

8 PEMERIKSAAN KEHAMILAN Pemeriksaan kehamilan merupakan salah satu tahapan penting menuju kehamilan yang sehat. Boleh dikatakan pemeriksaan kehamilan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para ibu hamil. Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan melalui dokter kandungan atau bidan dengan minimal pemeriksaan 3 kali selama kehamilan yaitu pada usia kehamilan trimester pertama, trimester kedua dan pada kehamilan trimester ke tiga, itupun jika kehamilan normal. Namun ada baiknya pemeriksaan kehamilan dilakukan sebulan sekali hingga usia 6 bulan, sebulan dua kali pada usia bulan dan seminggu sekali ketika usia kandungan menginjak 9 bulan.kehamilanbidan

9 Pemeriksaan yang dilakukan antara lain: Pemeriksaan Berat Badan Pemeriksaan Tinggi Badan Pemeriksaan Urin Pemeriksaa Detak jantung Pemeriksaan Dalam Pemeriksaan Perut Pemeriksaan kaki Pemeriksaan Darah Uji TORCH( Toksoplasma Rubella Cytomegalovirus Herpesimplek)

10


Download ppt "Nama: Yeni Kusrini Kelas: B Prodi: D3 Kebidanan NIM:122100258 Semester: I (satu)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google