Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REPRESENTASIPENGETAHUANREPRESENTASIPENGETAHUAN. KATEGORI KNOWLEDGE KNOWLEDGE PADA EXPERT SYSTEM (ES) TEKNIK REPRESENTASI KNOWLEDGE HIRARKI KNOWLEDGE DEFINISI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REPRESENTASIPENGETAHUANREPRESENTASIPENGETAHUAN. KATEGORI KNOWLEDGE KNOWLEDGE PADA EXPERT SYSTEM (ES) TEKNIK REPRESENTASI KNOWLEDGE HIRARKI KNOWLEDGE DEFINISI."— Transcript presentasi:

1 REPRESENTASIPENGETAHUANREPRESENTASIPENGETAHUAN

2 KATEGORI KNOWLEDGE KNOWLEDGE PADA EXPERT SYSTEM (ES) TEKNIK REPRESENTASI KNOWLEDGE HIRARKI KNOWLEDGE DEFINISI KNOWLEDGE

3 fakta atau kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena suatu pengalaman

4 1. Procedural Knowledge Bagaimana melakukan sesuatu 2. Declarative Knowledge Sesuatu itu benar atau salah 3. Tacit Knowledge Tidak dapat diungkapkan dengan bahasa

5 o Analogi dengan ekpresi klasik : ALGORITMA + STRUKTUR DATA = PROGRAM o Knowledge pada ES : KNOWLEDGE + INFERENSI = ES(EXPERT SYSTEM

6 * Noise : data yang masih kabur * Data : hal yang paling potensial * Informasi : data yang telah diproses * Knowledge : informasi yang sangat khusus * Meta knowledge : knowledge dan keahlian

7 Logic Jaringan Semantik Aturan Produksi Frame and Scemata Script

8 Pengetahuan dalam kaidah produksi direpresentasikan dalam bentuk JIKA [kondisi] MAKA [Aksi] JIKA [premis] MAKA [Konklusi] Aturan Produksi (kaidah produksi) adalah salah satu representasi pengetahuan yang menghubungkan premis dengan konklusi. Bentuknya: If Premis Then Konklusi Konklusi pada bagian then bernilai benar jika premis pada bagian if bernilai benar. Contoh: If hari ini hujan then saya tidak kuliah.

9 * Dibangun oleh M.R.Quillian, sebagai model memori manusia. * Representasi grafis dari informasi Propositional. * Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah. * Disajikan dalam bentuk graf berarah * Node merepresentasikan konsep, objek atau situasi : * Label ditunjukkan melalui penamaan * Node dapat berupa objek tunggal atau kelas * Links merepresentasikan suatu hubungan * (Links adalah struktur dasar untuk pengorganisasian pengetahuan)

10

11 Ada 3 hal yaitu OBJECT, ATTRIBUTE, VALUE (OAV) Triplet, yang sering digunakan untuk membangun jaringan semantic. * OBJECT : dapat berupa fisik atau konsepsi * ATTRIBUTE : karakteristik objek * VALUE : ukuran spesifik dari atribut dalam situasi tertentu ObjekAtributNilai ApelWarnaMerah ApelTipeMcintosh ApelJumlah100 AnggurWarnaMerah AnggurTipeSeedless AnggurJumlah500

12 * Frame digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan stereotype atau pengetahuan yang didasarkan kepada karakteristik yang sudah dikenal yang merupakan pengalaman masa lalu. * Frame berupa kumpulan slot-slot (representasi entitas sebagai struktru objek) yang merupakan atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan berupa kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen-elemen lain. Frame digunakan untuk representasi pengetahuan deklaratif.

13

14 * Script (Schank & Abelson, Yale univ) merupakan representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus. * Script mirip dengan frame, perbedaannya : Frame menggambarkan objek, sedangkan Script menggambarkan urutan peristiwa. * Dalam menggambarkan urutan peristiwa, script menggunakan serangkaian slot yang berisi informasi tentang orang, objek dan tindakantindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.

15 Contoh : Script pergi ke restoran SCRIPT Restoran Jalur (track) : fast food restoran Peran (roles) : tamu, pelayan Pendukung (prop): conter, baki, makanan, uang, serbet, garam, merica, kecap, sedotan, dll Kondisi masukan : tamu lapar –tamu punya uang Adegan (scene) 1 : Masuk Tamu parkir mobil Tamu masuk restoran Tamu antri Tamu baca menu di list menu dan mengambil keputusan tentang apa yang akan diminta. Adegan (scene) 2 : Pesanan Tamu memberikan pesanan pada pelayan Pelayan mengambil pesanan dan meletakkan makanan di atas baki Tamu membayar

16 Adegan (scene) 3 : Makan Tamu mengambil serbet, sedotan, garam, dll Tamu makan dengan cepat Adegan (scene) 4 : Pulang Tamu membersihkan meja Tamu membuang sampah Tamu meninggalkan restoran Tamu naik mobil dan pulang Hasil Tamu merasa kenyang Tamu senang Tamu kecewa Tamu sakit perut

17 Logika didefinisikan sebagai ilmu untuk berpikir dan menalar dengan benar sehingga didapatkan kesimpulan yang absah. Tujuan dari logika: memberikan aturan-aturan penalaran sehingga orang dapat menentukan apakah suatu kalimat bernilai benar atau salah.

18 Proporsional LogicPredicate Logic

19 Suatu Proposisi merupakan suatu statemen atau pernyataan yang menyatakan benar (TRUE) atau salah (FALSE). Dalam Propositional Logic fakta dilambangkan dengan simbol misalnya P, Q dan R. Lambang-lambang tersebut dihubungkan dengan relasi-relasi logika dengan menggunakan operator logika: Tabel Kebenaran Logika

20 Pada logika predikat proposisi dibedakan menjadi argumen (obyek) dan predikat (keterangan). Secara umum penulisan proposisi dalam logika predikat dapat dinyatakan sebagai berikut : Contoh kalimat dasar : * teman(george,allen) * teman(ayah_dari(david),ayah_dari(andrew)) dimana : * argument : ayah_dari(david) adalah george * argument : ayah_dari(andrew) adalah allen * predikat : teman


Download ppt "REPRESENTASIPENGETAHUANREPRESENTASIPENGETAHUAN. KATEGORI KNOWLEDGE KNOWLEDGE PADA EXPERT SYSTEM (ES) TEKNIK REPRESENTASI KNOWLEDGE HIRARKI KNOWLEDGE DEFINISI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google