Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9. Gereja adalah suatu istilah yang menunjuk pada semua orang yang menjadi milik Tuhan yaitu mereka yang telah dibeli oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9. Gereja adalah suatu istilah yang menunjuk pada semua orang yang menjadi milik Tuhan yaitu mereka yang telah dibeli oleh."— Transcript presentasi:

1 GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9

2 Gereja adalah suatu istilah yang menunjuk pada semua orang yang menjadi milik Tuhan yaitu mereka yang telah dibeli oleh darah Kristus. Untuk menjelaskan gereja banyak istilah dan sebutan diantaranya keluarga Allah, umat Allah, orang pilihan, mempelai perempuan Kristus, kumpulan orang-orang yang telah ditebus, Israel baru.

3 Dalam PB kata gereja dipakai kata ekklesiatikal artinya mereka yang dipanggil keluar – kumapulan atau jemaat pilihan yang dipanggil keluar dari dunia pergi dari dosa dan masuk kedalam wilayah anugerah. St. Augustine bahwa gereja di dunia adalah suatu percampuran yaitu perlu dibedakan antara gereja kelihatan dan yang tidak kelihatan. Gereja kelihatan terdiri dari orang-orang yang telah mengakui iman, dibabtis dan terdaftar menjadi anggota suatu lembaga gereja. Gereja yang tidak kelihatan adalah tranparan dan dapat dilihat sepenuhnya oleh Allah. dan tugas orang pilihan adalah untuk membuat gereja yang tidak kelihatan menjadi kelihatan.

4 Gereja adalah satu, kudus, universal/katolik dan apostolic. Gereja adalah suatu organisme bukan organisasi. Tanda-tanda gereja yang sejati: 1. memberitakan Firman Tuhan dengan benar. 2. mengunakan sakramen sesuai dengan institusi mereka 3 menjalankan disiplin gereja.

5 Gereja protestan mengakui dua sakramen. Yang dimaksud dengan sakramen adalah: ketetapan yang diperintahkan secara langsung oleh Kristus, 2. ketetapan yang secaranaturnya memang signifikan, 3. ketetapan yang dirancang bersifat kekal, 4. ketetapan yang dirancang untuk menunjukkan, mengajar, memeteraikan orang-orang percaya yang telah menerima sakramen-sakramen itu di dalam iman. Sakramen adalah alat anugerah yang nyata yang mengandung janji-janji Allah. kedua merupakan bentuk non verbal dari komunikasi – yang harus sejalan dengan pemberitaan Firman Tuhan.

6 Sakramen Baptisan merupakan tanda sacramental dari PB merupakan tanda dimana Allah memeteraikan janjiNya kepada orang pilihanNya yaitu bahwa mereka termasuk dalam ikatan perjanjian anugerah. Arti baptisan merupakan tanda pembersihan dan pengampunan dari dosa-dosa. Menunjukkan bahwa orang itu sudah dilahirbarukan oleh Roh Kudus telah dikuburkan dan dibangkitkan bersama Kritus dan telah didiami oleh Roh Kudus. Diterima dalam persekutuan Illahi dan diadopsi menjadi anggota keluarga Allah serta dikuduskan oleh Roh Kudus. Dalm PL ikatan perjanjian itu ditandai dengan sunat.

7 Sakaramen perjamuan kudus yaitu dengan memakai unsur roti dan anggur yang menyatakan tubuh dan darah Yesus. Untuk masa sekarang berarti adanya ketidakhadiran Yesus secara Fisik namun Yesus hadir secara nyata dalam keilahianNya. Dan kekristenan menolak adanya transsubstansiasi yaitu pada waktu misa perjamuan roti dan anggur secara mujizat berubah menjadi tubuh dan darah Kristus tetapi penampilannya dan rasanya tetap roti dan anggur. Hal ini menunjuk pada esensi dari sesuatu sedangkan tampak dari luar menunjuk pada kualitas luar yang dapat dilihat.

8 Hari sabat yaitu hari yang ketujuh setelah selesai dari penciptaan dan dikuduskan oleh TUhan. Dlm PB sabat adalah hari ketiga dari ke kematian Kristus. Sabat adalah hari perhentian dari segala pekerjaan sehari-hari dan bersekutu untuk beribadah dengan orang percaya lainnya.


Download ppt "GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9. Gereja adalah suatu istilah yang menunjuk pada semua orang yang menjadi milik Tuhan yaitu mereka yang telah dibeli oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google