Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Aplikasi Bergerak. Buat project Java ME.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Aplikasi Bergerak. Buat project Java ME."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Aplikasi Bergerak

2 Buat project Java ME

3

4 Buat MIDlet misalkan namanya MidDemoCanvas

5 Hapus

6

7 Tambahkan constructor: Di bawah baris public class, tekan ctrl+spasi dan pilih pilihan pertama: () - generate Tambahkan constructor: Di bawah baris public class, tekan ctrl+spasi dan pilih pilihan pertama: () - generate

8

9 ctrl+spasi dan ketik disp pilih Display dan tekan enter. Ketik "disp = " lalu ctrl+spasi lagi dan pilih Display.getDi… Dan tekan enter. Ketik "disp = " lalu ctrl+spasi lagi dan pilih Display.getDi… Dan tekan enter. Ketika terdapat kotak merah pada argumen fungsi "this", tekan enter dan tambahkan ";"

11 Tambahkan suatu class, misalkan namanya CvsMenu

12 Hapus ctrl+spasi di public class dan pilih extends ctrl+spasi dan pilih Canvas untuk menyatakan bahwa class kita merupakan turunan dari class Canvas.

13 Klik tanda lampu+tanda seru untuk bantuan cepat. Pilih implement all abstract methods Buang/hapus

14 Method paint(Graphics g) Method atau fungsi paint(Graphics g) merupakan fungsi untuk menghasilkan tampilan pada Canvas dengan menggambar. Fungsi ini dijalankan saat Canvas dibuat atau fungsi/method repaint() dipanggil. Menggambar di dalam fungsi paint menggunakan method-method di dalam objek Graphics g.

15 ctrl+spasi, tambahkan MidDemoCanvas mid; ctrl+spasi, tambahkan constructor. Pilih yang baris kedua. Menghubungkan Canvas dan MIDlet

16 Pada MidDemoCanvas Tambahkan CvsMenu cvsMenu… disp.setCurrent(cvsMenu) di dalam constructor

17 Method-method Graphics g

18 Method method milik Graphics g drawArc(x,y,width,height,startAngle,arcAngle)  Digunakan untuk menggambar kurva drawRect(x,y,width,height)  Digunakan untuk menggambar segi empat drawRoundRect(x,y,width,height,arcWidth,arcHeight)  Digunakan untuk menggambar segi empat dengan sudut-sudut bulat. drawLine(x1,y1,x2,y2)  Digunakan untuk menggambar garis *Fungsi yang diawali draw hanya menggambar tepi

19 Method method milik Graphics g fillArc(x,y,width,height,startAngle,arcAngle)  Digunakan untuk menggambar kurva fillRect(x,y,width,height)  Digunakan untuk menggambar segi empat fillRoundRect(x,y,width,height,arcWidth,arcHeight)  Digunakan untuk menggambar segi empat dengan sudut-sudut bulat. fillTriangle(x1,y1,x2,y2,x3,y3)  Digunakan untuk menggambar segitiga *Fungsi yang diawali fill menggambar utuh

20 Mengawali menggambar di fungsi paint Lebar bidang gambar Tinggi bidang gambar Mengatur warna jadi putih Menggambar segi empat untuk background/latar Lebar bidang gambar Tinggi bidang gambar Mengatur warna jadi putih Menggambar segi empat untuk background/latar

21 Sistem koordinat pada layar monitor Titik nol koma nol berada di kiri atas X bertambah ke kanan Y bertambah ke bawah

22 Warna hitam

23 Warna merah

24 Warna hijau (dipergelap) Warna hijau (dipergelap) Untuk mengurangi intensitas warna (mempergelap), cukup kurangi nilai angka warna yang bersangkutan.

25 Warna biru

26 Warna jingga

27 Method method milik Graphics g setColor(R,G,B) atau setColor(nilaiWarna)  Digunakan untuk menentukan warna penggambar berikutnya drawString(str,x,y,anchor) *  Digunakan untuk menampilkan tulisan setFont(font)  Digunakan untuk menentukan font tulisan berikutnya drawImage(img,x,y,anchor) *  Digunakan untuk menampilkan Image/gambar *Anchor adalah titik acuan peletakan gambar

28 Anchor Terdapat beberapa konstanta anchor pada class Graphics:  TOP titik acuan di atas (teks dan gambar)  BOTTOM titik acuan di bawah (teks dan gambar)  LEFT titik acuan di sebelah kiri (teks dan gambar)  RIGHT titik acuan di (teks dan gambar)  HCENTER titik acuan di tengah horizontal (teks dan gambar)  VCENTER titik acuan di tengah vertikal (gambar saja)  BASELINE titik acuan di dasar tulisan (tulisan saja)

29 Titik (lebar/2, 140) Alias (120, 140) Titik (lebar/2, 140) Alias (120, 140) Warna kuning gelap

30 Mengubah Font Pilih getFont dengan 3 parameter: face, style, size Ketikkan "g.setFont(Font."

31 Face, Style, Size Klik ikon lampu+tanda seru, atau alt+enter Import javax.microedition.lcdui.Font Klik ikon lampu+tanda seru, atau alt+enter Import javax.microedition.lcdui.Font

32 Konstanta pada class Font Face:  FACE_MONOSPACE  FACE_PROPORTIONAL  FACE_SYSTEM Style:  STYLE_BOLD  STYLE_ITALIC  STYLE_PLAIN  STYLE_UNDERLINED Size:  SIZE_LARGE  SIZE_MEDIUM  SIZE_SMALL

33 setColor(150,150,150) Mengubah warna jadi abu-abu setColor(150,150,150) Mengubah warna jadi abu-abu Anchor point

34 Menambahkan Image Buat New Folder Beri nama "res“ Tekan Enter dan pilih "open" Buat New Folder Beri nama "res“ Tekan Enter dan pilih "open" Kemudian copykan file gambar ke dalam folder res (melalui windows explorer)

35 Menambahkan Image Setelah dicopy, file akan tampak di dalam resources project ctrl+spasi, pilih Image dan beri nama objek "gambar"

36 Menambahkan Image Ketik "gambar =" Lalu ctrl+spasi Ketik "gambar =" Lalu ctrl+spasi Yang akan kita pakai adalah Image.createImage(String name) Ketikkan "/ " Sebagai parameter fungsi (case sensitive) Ketikkan "/ " Sebagai parameter fungsi (case sensitive)

37 Menambahkan Image Klik lampu atau alt+enter Pilih Surround Statement… Sehingga menjadi: Pilih Surround Statement… Sehingga menjadi:

38 Anchor point

39 Thank You For Your Attention Reminders:  Dokumentasi class-class (properties, method dan contoh program) yang dipakai di Java ME dapat diakses lewat menu documentation pada start menu di folder WTK atau Java ME SDK. (Start  Java(TM) ME Platform SDK 3.0  Documentation) (Start  Sun Java (TM) Wireless Toolkit for CLDC  Documentation)


Download ppt "Pemrograman Aplikasi Bergerak. Buat project Java ME."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google