Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEROPONG Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Ada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEROPONG Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Ada."— Transcript presentasi:

1 TEROPONG Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Ada dua macam teropong, yaitu: Teropong bias Teropong pantul.

2 Teropong bias teropong jenis ini dinamakan teropong bias karena sebagai lensa objektif digunakan lensa yang berfungsi membiaskan cahaya. Ada empat macam teropong bias, yaitu: Teropong bintang/astronomi Teropong bumi Teropong prisma Teropong panggung/galileo

3 Teropong astronomi panjang teropong adalah: Perbesaran teropong pada mata normal, Panjang teropong dengan mata berakomodasi maksimum adalah:

4 Teropong bumi Panjang teropong:

5 Teropong prisma

6 Teropong panggung/galileo

7 Teropong pantul Disebut teropong pantul karena sebagai objektif digunakan cermin cekung besar yang berfungsi sebagai pemantul cahaya. Teropong pantul astronomi terdiri atas satu cermin cekung besar, satu cermin datar kecil yang diletakkan sedikit di depan titik fokus cermin cekung F, dan satu lensa cembung untuk mengamati benda.

8 CONTOH SOAL Sebuah teropong bintang memiliki lensa objektif dengan jarak fokus 150 cm dan lensa okuler dengan jarak fokus okulernya 10 cm. Teropong ini digunakan untuk melihat benda-benda langit yang sangat jauh. Tentukan panjang dan perbesaran teropong untuk: a)Penggunaan normal b)Mata berakomodasi maksimum

9 LATIHAN SOAL 1.Seorang mengamati gerhana matahari dengan sebuah teroong bintang yang mempunya jarak fokus objektif dan okulernya 7 cm dan 14 cm. jika sudut matahari dilihat dengan mata telanjang 0,5 0, berapakah derajat sudut diameter matahari jika dilihat mengunakan teropong? 2.Sebuah teropong bintang mempunyai perbesaran 20 kali. Jarak antara lensa objektif dengan lensa okuler 1 meter. Hitung berapa jarak fokus masing-masing lensa. SOAL EVALUASI Sebuah teropong bintang mempunyai lensa objektif dan lensa okuler yang terletak pada jarak 105 cm satu sama lain. teropong tersebut diarahkan pada dua bintang. Mata melihat bayangan terang jika berakomodasi pada jarak 30 cm. kemudian okuler digeser 2 cm keluar sehingga pada layar yang diletakkan 42 cm di belakang kuler terbentuk bayangan terang. a)Hitung jarak fokus lensa objektif dan lensa okuler. b)Jarak bayangan kedua bintang pada layar 5,4 cm satu sama lain, berapakah sudut antara kedua bintang?


Download ppt "TEROPONG Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Ada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google