Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Sekumpulan angka untuk menerangkan sesuatu, baik angka yang belum tersusun maupun angka–angka yang sudah tersusun dalam suatu daftar atau grafik. 2.Sekumpulan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Sekumpulan angka untuk menerangkan sesuatu, baik angka yang belum tersusun maupun angka–angka yang sudah tersusun dalam suatu daftar atau grafik. 2.Sekumpulan."— Transcript presentasi:

1

2 1. Sekumpulan angka untuk menerangkan sesuatu, baik angka yang belum tersusun maupun angka–angka yang sudah tersusun dalam suatu daftar atau grafik. 2.Sekumpulan cara dan aturan tentang pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penafsiran data yang terdiri dari angka- angka. 3.Sekumpulan angka yang menjelaskan sifat- sifat data atau hasil pengamatan.

3 Menurut J. Supranto : Dalam arti sempit Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk angka (kwantitatif). Dalam arti luas Statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, dan analisis data, serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang menyeluruh.

4 Statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka-angka.

5  Dalam kehidupan sehari-hari  Dalam penelitian ilmiah  Dalam ilmu pengetahuan

6 a) Menjelaskan hubungan antara variabel- variabel b) Membuat rencana dan ramalan c) Mengatasi berbagai perubahan d) Membuat keputusan yang lebih baik

7 1. Bank Data 2. Alat Quality Control 3. Alat Analisis 4. Pemecahan masalah dan pembuatan keputusan

8 1. Pembagian Statistik Berdasarkan Cara Pengolahan Datanya a. Statistik Deskriptif b. Statistik Inferensi 2. Pembagian Statistik Berdasarkan Ruang Lingkup Penggunaannya a. Statistik Sosial b. Statistik Pendidikan c. Statistik Perusahaan d. Statistik Kesehatan 3. Pembagian Statistik Berdasarkan Bentuk Parameternya (data yang sebenarnya) a. Statistik parametrik b. Statistik nonparametrik

9  Statistika Deskriptif(Statistika Perian) Yaitu Statistika yang hanya mempelajari tentang cara pengumpulan data, pengolahan, penyajian, dan penganalisisan data, tanpa penarikan kesimpulan.  Fungsi : untuk menerangkan keadaan, gejala, atau persoalan  Ruang Lingkup Bahasan 1. Distribusi Frekuensi a. Grafik distribusi b. Ukuran nilai pusat c. Ukuran Dispersi d. Kemencengan dan keruncingan kurva 2. Angka Indeks 3. Deret waktu atau data berkala 4. Korelasi dan regresi sederhana

10  Statistika Induktif(Statistika Inferensial) Yaitu Statistika yang memuat tentang penarikan kesimpulan yang sah diperoleh dari kegiatan pengolahan data atau yang mempelajari mengenai penafsiran dan penarikan kesimpulan yang berlaku secara umum dari data yang tersedia.  Fungsi : meramalkan dan mengontrol keadaan atau kejadian  Ruang Lingkup Bahasan  Probabilitas atau teori kesimpulan  Distribusi teoritis  Sampling dan distribusi sampling  Pendugaan populasi atau teori populasi  Uji hipotesis  Analisis korelasi dan uji signifikan  Analisis regresi untuk peramalan

11  Statistik Sosial  Statistik Pendidikan  Statistik Ekonomi  Statistik Perusahaan  Statistik Pertanian  Statistik Kesehatan

12  Statistik Parametrik Bagian statistik yang parameter dan populasinya mengikuti suatu distribusi tertentu, seperti distribusi normal, dan memiliki varian yang homogen.  Statistik non parametrik Bagian statistik yang parameter dan populasinya tidak mengikuti suatu distribusi tertentu atau memiliki distribusi yang bebas dari persyaratan, dan variannya tidak perlu homogen.

13 1. Populasi Keseluruhan nilai yang mungkin, hasil pengukuran atau perhitungan, kualitatif maupun kuantitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya. 2. Sampel Bagian dari sebuah populasi yang dianggap dapat mewakili populasi tersebut.

14 3. Variabel Diskrit Variabel yang selalu memiliki nilai bulat dalam bilangan asli, tidak berbentuk pecahan atau variabel yang tidak mengambil seluruh nilai dalam sebuah interval ( selang ). Data yang dinyatakan dalam bentuk variabel diskrit disebut data diskrit

15 4. Variabel Kontinu Variabel yang memiliki nilai sembarang, baik berupa nilai bulat maupun pecahan, di antara dua nilai tertentu Atau variabel yang Mengambil seluruh nilai dalam suatu interval. 5. Pembulatan Data Pembulatan biasanya dilakukan ke arah bilangan terdekat. Pembulatan ke bawah dilakukan pada bilangan sampai dengan 5, selebihnya dibulatkan ke atas.

16 6. Notasi Sigma Notasi yang digunakan untuk menyatakan penjumlahan.

17 Pemecahan masalah secara statistik yang terdiri atas beberapa tahap. 1. Identifikasi masalah 2. Pengumpulan data 3. Klasifikasi data 4. Penyajian data 5. Analisis data

18  Merupakan tahap awal atau tahap perencanaan.  Pada tahap ini, masalah atau persoalan yang ada dipahami atau didefinisikan secara jelas dan tepat.  Misal : Sifat permasalahan, luas permasalahan, dampak situasi,dll

19 Data statistik dapat dikumpulkan dengan menggunakan prosedur yang sistematis. Pengumpulan data dimaksudkan sebagai pencatatan peristiwa atau karakteristik dari sebagian atau seluruh elemen populasi. Pengumpulan data dapat dibedakan atas beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya, yaitu : 1. Berdasarkan jenis cara pengumpulannya 2. Berdasarkan banyaknya data yang diambil.

20 Pada tahap klasifikasi data, data yang sudah ada dikelompokan sesuai dengan tujuan penelitian dan diidentifikasi berdasarkan kemiripan atau kesamaan sifat, kemudian disusun dalam kelompok- kelompok. Salah satu metode pengklasifikasian data yang sering digunakan adalah metode coding.

21 Data yang sudah diklasifikasikan, disajikan atau ditampilkan dalam bentuk tabel atau grafik. Penyajian data berfungsi : 1. Menunjukan perkembangan suatu keadaan 2. Mengadakan perbandingan pada suatu waktu.

22 Diinterpretasikan hasil dari tahap sebelumnya dan merupakan tahap akhir sebelum penarikan kesimpulan.

23


Download ppt "1. Sekumpulan angka untuk menerangkan sesuatu, baik angka yang belum tersusun maupun angka–angka yang sudah tersusun dalam suatu daftar atau grafik. 2.Sekumpulan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google