Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Soteorologi Pertemuan ke 8. Dalam Alkitab dinyatakan bahwa sejak dalam kandungan Maria Yesus telah diproklamirkan sebagai sebagai juruselamat. Diselamatkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Soteorologi Pertemuan ke 8. Dalam Alkitab dinyatakan bahwa sejak dalam kandungan Maria Yesus telah diproklamirkan sebagai sebagai juruselamat. Diselamatkan."— Transcript presentasi:

1 Soteorologi Pertemuan ke 8

2 Dalam Alkitab dinyatakan bahwa sejak dalam kandungan Maria Yesus telah diproklamirkan sebagai sebagai juruselamat. Diselamatkan dari apa ?dalam alkitab hal ini menunjukan penggunaan istilah yang secara khusus yaitu menunjuk pada penebusan kita dari akibat dosa dan rekonsiliasi dengan Allah. dalam hal ini keselamatan berarti diselamatkan dari malapetaka yang paling fatal yaitu penghakiman Allah, keselamatan yang utama dan paling penting telah digenapi oleh Allah. “yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang” I Tes. 1:10.

3 Kengeriaan dari murka Allah ini gambarkan seperti peristiwa holocaust yaitu pemusnahan orang Yahudi di Jerman pada zaman Hitler, karena itu setiap orang harus memiliki kepastian keselamatan. Dalam alkitab istilah keselamatan muncul dalam berbagai macam tensa: kita diselamatkan (dari sejak dunia dijadikan) kita terus menerus diselamtkan (oleh pekerjaan Allah dalam sejarah) kita diselamatkan (dengan berada status telah dibenarkan) kita telah diselamtakan dan terus menerus diselamatkan (dengan disucikan dan dijadikan kudus) dan kita akan diselamatkan (pengalaman kepenuhan penebusan kita di surga) Keselamatan di kerjakan oleh dan inisiatif Allah sendiri bukan merupakan rekayasa manusia atau hasil usaha manusia.keselamatan adalah oleh Tuhan dan dari Tuhan.

4 Apakah kita bisa memiliki kepastian bahwa kita telah diselamatkan? II Pet 1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung. Seharusnya hal ini menjadi pertanyaan sekaligus dorongan bagi orang percaya yaitu terus menerus untuk memastikan diri kita sungguh di selamatkan. Setidaknya ada empat posisi berkaitan dengan keyakinan keselamatan kita: pertama: ada orang yang tidak diselamatkan dan tahu bahwa mereka tidak diselamatkan. Orang seperti ini dengan penyadaran penuh tidak membutuhkan Kristus dan menentang Injil. Kedua: ada orang-orang yang telah diselamatkan tetapi tidak tahu bahwa mereka telah diselamtkan. Dibergumul dengan dosa mereka dan tidak tenang dalam hati nuraninya.

5 Ketiga: ada orang yang telah diselamatkan dan tahu bahwa mereka telah diselamtkan. Yakin akan pemilihan dan pemanggilan mereka, memiliki pengertian dan pemahaman yang jelas akan tuntutan keselamatan. Keempat:ada orang-orang yang tidak diselamatkan tetapi yakin percaya bahwa mereka telah diselamatkan. Orang seperti ini memiliki jaminan keselamatan tanpa keselamatan-jaminan keselmatan mereka palsu. Ciri orang yang biasanya memiliki jaminan yang palsu adalah: pandangan universalisme : setiap orang diselamtakan saya adalah orang maka saya diselamatkan. Ada yang lain lagi mereka percaya memilki jaminan keselamatan dan pasti masuk surga karena dalam hidupnya telah banyak berbuat baik. Bagaimana kita memiliki keselamatan yang sejati dua hal yang harus muncul dalam diri kita : pertama apakah kita memiliki kasih yang sejati dari Kristus, kedua kita harus memeriksa buah dari iman kita.

6 Setiap orang percaya akan mengalami proses keselamatan/ordo solutes yaitu dimulai dengan Regenerasi – Iman – pembenaran – pengudusan – pemuliaan.

7 Predestinasi adalah yaitu Allah menetapkan untuk memilih dan menyangkali adanya keselamtan universal. Allah secara aktif berinterfensi didalam kehidupan orang-orang dipilih untuk mengefektifkan di dalam hati mereka dan membawa mereka kepada iman. Demikian juga dengan orang yang tidak dipilih bahwa Allah tidak bekerja dalam diri seorang untuk berbuat jahat dan tidak menghalangi mereka untuk memilih pada iman yang menyelamatkan. Firaun yang hatinya dikeraskan oleh Tuhan. Yakub yang dikasihi dan Esau yang dibenci oleh Allah.

8 Apakah jaminan keselamatan kita bisa hilang? Apabila kita memiliki iman yang menyelamatkan/sejati dan itu adalah bernilai kekal. Maka hal itu tidak akan hilang. Filifi 1:6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus

9 Roma 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan- Nya. 31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? 32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak- Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? 33 Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka? 34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

10 35 Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? 36 Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan." 37 Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. 38 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, 39 atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

11 Yoh. 17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Yoh 10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, 28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

12 Digambarkan sebagai orang yang hanya saja tertarik dan berada dalam kumpulan orang percaya. Lukas 8:5 "Adalah seorang penabur keluar untuk menaburkan benihnya. Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu diinjak orang dan burung-burung di udara memakannya sampai habis.6 Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, dan setelah tumbuh ia menjadi kering karena tidak mendapat air. 7 Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, dan semak itu tumbuh bersama-sama dan menghimpitnya sampai mati. 8 Dan sebagian jatuh di tanah yang baik, dan setelah tumbuh berbuah seratus kali lipat." Setelah berkata demikian Yesus berseru: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"

13 I Yoh. 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh- sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.


Download ppt "Soteorologi Pertemuan ke 8. Dalam Alkitab dinyatakan bahwa sejak dalam kandungan Maria Yesus telah diproklamirkan sebagai sebagai juruselamat. Diselamatkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google