Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUGENG, 5350403078 DISPENSER OTOMATIS MENGGUNAKAN KRAN ELEKTRIK DENGAN TAMPILAN TUJUH SEGMEN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUGENG, 5350403078 DISPENSER OTOMATIS MENGGUNAKAN KRAN ELEKTRIK DENGAN TAMPILAN TUJUH SEGMEN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51."— Transcript presentasi:

1 SUGENG, DISPENSER OTOMATIS MENGGUNAKAN KRAN ELEKTRIK DENGAN TAMPILAN TUJUH SEGMEN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SUGENG - NIM : PRODI : Teknik Elektro - JURUSAN : Teknik Elektro - FAKULTAS : Teknik - sucenk_mblebes pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : DR.Ir.Thomas Sri Widodo, DEA, Dipl.Ing - PEMBIMBING 2 : Drs. SURYONO, M.T - TGL UJIAN :

3 Judul DISPENSER OTOMATIS MENGGUNAKAN KRAN ELEKTRIK DENGAN TAMPILAN TUJUH SEGMEN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51

4 Abstrak Semakin berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya kesibukan manusia, membuat orang berpikir untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satu cara mempermudah pekerjaan adalah menjadikan suatu alat mekanik menjadi piranti otomatis. Piranti otomatis dapat membuat pekerjaan lebih cepat dan efisien, selain itu sistem otomatis akan menekan biaya tenaga kerja. Kemajuan dalam bidang elektronika juga sangat mendukung kemajuan dalam bidang kelistrikan, berbagai komponen elektronika diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu trobosan yang hadir yaitu dengan dibuatnya mikrokontroler. Pada perkembangannya penggunaan mikrokontroler tidak hanya untuk kepentingan dunia industri tetapi juga digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari sehingga pekerjaan kita menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Sebagai pengendali utama pada sistem menggunakan mikrokontroler AT89S51 dengan masukan dari sensor IC LM35DZ yang dikuatkan dan di konversi dari analog ke digital, dengan unit tampilan tujuh segmen menggunakan relay sebagai pengendalian pemanas dan kran elektrik. Prinsip kendali yang digunakan adalah kendali on-off. Dalam pengujian dan analisis, pengujian linieritas sensor suhu terjadi penyimpangan sebesar 0,97mV. Untuk pengujian respon sistem cenderung berosilasi 1ºC disekitar seting suhu. Setting awal suhu pemanas pada dispenser yaitu 40ºC. Alat pengendali suhu pemanas yang telah dirancang mempunyai rentang pengukuran 0ºC sampai 100ºC, dengan resolusi/step 1ºC dengan rentang pengendalian 30ºC sampai 100ºC.

5 Kata Kunci Dispenser otomatis, Mikrokontroler AT89S51

6 Referensi __________ LM35 Precision Centigrade Temperature Sensors. : National Semiconductor Corporation. __________ ADC0808/ADC Bit μP Compatible A/D Converters with 8- Channel Multiplexer. : National Semiconductor Corporation. __________ bit Microcontroller with4K Bytes In-System Programable Flash AT89S5. : Atmel Corporation. Widodo, Thomas Sri Elektronika Dasar. Jakarta : Salemba Teknika. Andi Nalwan, Paulus Panduan Praktis Penggunaan & Antarmuka Modul M1632. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Andi Nalwan, Paulus Panduan Praktis Teknik Antarmuka Dan Pemrograman Mikrokontroler AT89C51. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Budiharto, Widodo Interfacing Komputer dan Mikrokontroler. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo. Ibrahim, K.F Teknik Digital.Yogyakarta: Andi Yogyakarta. Petruzella, Frank D Elektronik Industri. Yogyakarta : Andi Yogyakarta. Putra Eko A.F.G Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/53 Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Gava Media. Sudjadi Teori dan Aplikasi Mikrokontroler. Aplikasi pada Mikrokontroler AT89C51. Yogyakarta: Graha Ilmu.

7 Terima Kasih


Download ppt "SUGENG, 5350403078 DISPENSER OTOMATIS MENGGUNAKAN KRAN ELEKTRIK DENGAN TAMPILAN TUJUH SEGMEN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google