Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODOLOGI PENELITIAN BAIKHATI CESARIASTEVIA SUSI FIVAAH M. ULUM LAILATUL OSDINI JAHYA SARAGIH KELOMPOK 8.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODOLOGI PENELITIAN BAIKHATI CESARIASTEVIA SUSI FIVAAH M. ULUM LAILATUL OSDINI JAHYA SARAGIH KELOMPOK 8."— Transcript presentasi:

1 METODOLOGI PENELITIAN BAIKHATI CESARIASTEVIA SUSI FIVAAH M. ULUM LAILATUL OSDINI JAHYA SARAGIH KELOMPOK 8

2 MENU - DAFTAR PUSTAKA - TINJAUAN PUSTAKA - KUTIPAN (Langsung & Tidak Langsung

3 …….?????  Apa yang dimaksud dengan Tinjauan Pustaka dan Daftar Pustaka ?  Apa yang dimaksud dengan kutipan ? Berikan contoh kutipan langsung dan kutipan tidak langsung ?  Berikan contoh penulisan daftar pustaka untuk : a. Buku ( 1 dan lebih pengarang) b. Artikel / Jurnal c. Majalah d. Karya ilmiah orang lain.

4 Tinjauan Pustaka BAB yang selalu ditemukan dalam sebuah ; # Proposal dan Laporan penelitian # Karya Tulis Ilmiah # Skripsi # Tesis # Disertasi

5 Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka dapat bersumber dari ;  Buku  Skripsi  Tesis  Jurnal Ilmiah  Hasil penelitian sebelumnya

6 Tinjauan Pustaka Merupakan suatu bagian uraian sistematis dalam laporan penelitian yang berisi tentang teori-teori yang berkaitan dengan topik/masalah penelitian yang digunakan untuk membantu memecahkan permasalahan dalam suatu penelitian.

7 DAFTAR PUSTAKA  Daftar dari semua kajian pendukung yang ditulis di bagian Tinjauan pustaka.  Semua sumber referensi yang terdapat pada tinjauan pustaka harus dicantumkan dalam daftar pustaka.

8 Kutipan Adalah suatu kalimat yang berisi pendapat/ gagasan/ide orang lain yang diambil dari sumber tertentu dan dicantumkan dalam suatu tulisan orang lain.

9 Kutipan Dibagi 2 : 1. Kutipan Langsung 2. Kutipan Tidak Langsung

10 Kutipan Langsung  Mengutip sama persis seperti sumber  Tidak merubah sama sekali  Menggunakan tanda kutip (“……..”)

11 Kutipan Langsung Contoh : “Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia.” (Aling Indra, Kemajuan Teknologi, 2012, Hal. 2)

12 Kutipan Tidak Langsung  Mengutip ide pokok saja dari gagasan/ide/pendapat orang lain  Bahasa menggunakan bahasa sendiri, tidak merubah makna atau tujuan  Tidak menggunakan tanda kutip  Atau dengan kata lian : menyadur pendapat orang lain.

13 Kutipan Tidak Langsung Contoh : Kemajuan teknologi salah satu hal yang menunjang kehidupan manusia di masa sekarang ini, sehingga hal tersebut sangat diperlukan oleh manusia. (Aling Indra, Kemajuan Teknologi, 2012, Hal. 2)

14 DAFTAR PUSTAKA  Metode Harvard  Metode Vancouver

15 Metode Vancouver  Menggunakan bullet angka  Nomor rujukan (referensi) yang ada di dalam karya tulis itu harus sama dengan urutan penulis yang ada dalam daftar pustaka  Tidak perlu mengurutkan tahun publikasi tulisan  Nama tidak perlu diurutkan berdasarkan alfabetis

16 Metode HARVARD  Daftar pustaka ditulis/diketik satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor.  Jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis ditulis nama belakangnya lebih dulu, kemudian diikuti singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah, dilanjutkan penulisan tahun, judul dan identitas lain dari literatur/pustaka yang dirujuk.

17 Contoh Penulisan Daftar Pustaka HARVARD  BUKU (1 Pengarang) Wiley, J Contemporary Financial Management.3rd ed. Mc. GrowHill. Los Angeles.

18 Contoh Penulisan Daftar Pustaka HARVARD  BUKU (lebih dari 1 pengarang) Yaya, R., A.E. Martawireja, dan A. Abdurahim Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Salemba Empat. Jakarta.

19 Contoh Penulisan Daftar Pustaka HARVARD ARTIKEL/JURNAL Riduwan, A Etika dan Perilaku Koruptif dalam Praktik Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia 14(2):

20 Contoh Penulisan Daftar Pustaka HARVARD  Majalah Mangunwijaya, Y.B Pendidikan Manusia Merdeka. Harian Kompas. 11 Agustus. Halaman 15. Jakarta.

21 Contoh Penulisan Daftar Pustaka HARVARD  Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, Disertasi) Verdanasari, E. F Penerapan Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Kualitas Laba sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya. Saragih, O.J Tinjauan Deskriptif Tentang Kualitas Bakteriologis Udara di Ruang Rawat Inap Anak Kelas III RS PGI Cikini. Karya Tulis Ilmiah. Program Diploma Politeknik Kesehatan Jakarta II Jurusan Kesehatan Lingkungan

22 Sekian & Terimakasih

23 Pustaka Anonim. Panduan Penulisan Tugas Akhir. FMIPA UGM, Yogyakarta. Riduan, A Penulisan Sumber Kutipan dan Daftar Pustaka. Jurnal Metodologi Penelitian (1): 1 - 7


Download ppt "METODOLOGI PENELITIAN BAIKHATI CESARIASTEVIA SUSI FIVAAH M. ULUM LAILATUL OSDINI JAHYA SARAGIH KELOMPOK 8."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google