Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 NCSS (1993) PIPS merupakan studi terintegrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humanities untuk mempromosikan kompetensi kewarganegaraan Tujuan utama PIPS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " NCSS (1993) PIPS merupakan studi terintegrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humanities untuk mempromosikan kompetensi kewarganegaraan Tujuan utama PIPS."— Transcript presentasi:

1

2  NCSS (1993) PIPS merupakan studi terintegrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humanities untuk mempromosikan kompetensi kewarganegaraan Tujuan utama PIPS adalah membantu siswa mengembangkan kecakapan untuk membuat informasi dan mengambil keputusan rasional untuk kebajikan umu sebagai warga negara yang beragam kebudayaan dan masyarakat demokratis di dalam dunia yang saling ketergantungan

3 Banks (1990) Memecahkan masalah pribadi dan maslah sosial. Membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang dibutuhkan untuk berpartisipasi di dalam kehidupan warga negara yang demokratis pada lingkungan komunitas mereka, bangsa, dan dunia.

4 Barr dkk (1978:18) 1.Tradisi ”Social Studies Taught as Citizenship Transmission” Suatu modus pembelajaran sosial yang bertujuan untuk mengembangkan warganegara yang baik, yang ditandai oleh ”…conforms to certain accepted practices, hold particular beliefs, is loyal to certain values, participates in certain activities, and conforms to norms which are often local in character” (Barr dkk, 1978:22). Oleh karena itu, tujuan dari tradisi ini adalah mengembangkan warga negara yang baik sesuai dengan nilai dan norma yang telah diterima secara baku dalam suatu negara.

5 2.Tradisi “Social Studies Taught as Social Science” modus pembelajaran social yang juga mengembangkan karakter warga Negara yang baik yang ditandai oleh penguasaan “mode of thinking from social science disciplines; that this mode of thinking is generalizable; and having learned it he will understand properly, appreciate deeply, infer carefully, and conclude logically” (Barr, dkk, 1978:23-24). Tradisi ini memusatkan perhatian pada upaya pengembangan karakter warga Negara yang baik, yang ditandai oleh kemampuannnya dalam melihat dan mengatasi masalah-masalah social dan personal dengan menggunakan visi dan cara kerja para ilmuwan social.

6 3.Tradisi “Social Studies Taught as Reflective Inquiry”, Modus pembelajaran social yang menekankan pada hal yang juga sama, yakni pengembangan warga Negara yang baik dengan criteria yang berbeda yaitu dilihat dari kemampuannya” … to engage in a continual process of clarifying process their own value structure” (Barr, dkk, 1978:27). Tujuan utama dari tradisi ini adalah pengembangan karakter warga Negara yang baik dengan ciri pokoknya mampu mengambil keputusan.

7  Nursid Sumaatmaja (1980) Mata pelajaran IPS bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa kehidupan masyarakat

8 Berdasarkan STANDAR ISI 1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya 2. Memiliki kemmapuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. 3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai- nilai sosial dan kemanusiaan. 4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.


Download ppt " NCSS (1993) PIPS merupakan studi terintegrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humanities untuk mempromosikan kompetensi kewarganegaraan Tujuan utama PIPS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google