Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM REPRODUKSI By: Omega Tahun, SKM, M.Kes. PEMBAHASAN  Sistem reproduksi laki-laki: Vesika seminalis Testis Kelenjar prostat Kelenjar bulbouretralis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM REPRODUKSI By: Omega Tahun, SKM, M.Kes. PEMBAHASAN  Sistem reproduksi laki-laki: Vesika seminalis Testis Kelenjar prostat Kelenjar bulbouretralis."— Transcript presentasi:

1 SISTEM REPRODUKSI By: Omega Tahun, SKM, M.Kes

2 PEMBAHASAN  Sistem reproduksi laki-laki: Vesika seminalis Testis Kelenjar prostat Kelenjar bulbouretralis (cowper) penis

3 PEMBAHASAN  Sistem reproduksi wanita: Ovarium Tuba uterina Uterus Vagina Kelenjar mammae

4 SISTEM REPRODUKSI LAKI-LAKI  Vesika Seminalis Merupakan kantong semen (mani) yang dindingnya menghasilkan cairan lendir yang berwarna jernih, kental, yang mengandung fruktosa, asam askorbat dan asam amino sebagai makanan dan pelindung sperma sebelum membuahi ovum. Selain itu, vesika seminalis juga mengeksresikan prostaglandin yang berfungsi membuat otot uterin berkontraksi untuk mendorong semen mencapai uterus.

5

6  Testis Testis berbentuk oval dengan ukuran sebesar buah zaitun (panjang 4 cm, lebar 2,5 cm dan kedalaman 3 cm) Terletak di dalam skrotum Ada 2 buah testis dan biasanya testis kiri agak lebih rendah dari testis kanan Testis memiliki 2 fungsi, yaitu menghasilkan sperma dan membuat testosteron (hormon seks pria yang utama).

7 Testis... Testis menghasilkan jutaan sperma setiap hari mulai dari masa pubertas sampai meninggal dunia. Jika tidak dikeluarkan, sel-sel sperma akan mati dan diserap kembali oleh tubuh

8

9  Kelenjar Prostat Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih di dalam pinggul dan mengelilingi bagian tengah dari uretra. Ukurannya sebesar walnut dan akan membesar sejalan dengan pertambahan usia. Menghasilkan cairan basa berwarna putih susu. Cairan ini berfungsi untuk menetralkan sifat asam pada saluran vasa eferentia dan cairan pada vagina sehingga sperma dapat bergerak dengan aktif

10

11  Kelenjar Bulbouretralis (Cowper) Kelenjar ini kecil, berjumlah sepasang, dan terletak disepanjang uretra. cairan kelenjar ini kental dan disekresikan sebelum penis mengeluarkan sperma dan semen.

12

13  Penis Penis: Merupakan alat kelamin luar yang berfungsi untuk memasukan sperma kedalam tubuh wanita. Penis terdiri dari: - akar (menempel pada dinding perut) - badan (merupakan bagian tengah dari penis) - glans penis (ujung penis yang berbentuk seperti kerucut). - dibentuk oleh jaringan seperti busa dan dibungkus oleh preputum

14 Penis... Jika rongga tersebut terisi darah, maka penis menjadi lebih besar, kaku dan tegak (mengalami ereksi). Lubang uretra (saluran tempat keluarnya semen dan air kemih) terdapat di umung glans penis. Dasar glans penis disebut korona. Pada pria yang tidak disunat (sirkumsisi), kulit depan (preputium) membentang mulai dari korona menutupi glans penis.

15 Penis... Ketika melakukan hubungan seksual, sperma yang terdapat di dalam cairan yang disebut semen dikeluarkan melalui vas deferens dan penis yang mengalami ereksi. Lubang uretra (saluran tempat keluarnya semen dan air kemih) terdapat di umung glans penis.

16

17

18 SISTEM REPRODUKSI WANITA  Ovarium Merupakan kelenjar kelamin yang memproduksi ovum (sel telur) dan menyekresi hormon estrogen dan progesteron Ovarium  berbentuk seperti buah almond dengan panjang cm dan tebal cm.

19

20  Tuba Uterina Oviduk adalah 2 tabung berotot dgn mobilitas tinggi dgn panjang ± 12 cm. Salah satu ujungnya (infundibulum) terbuka kearah rongga peritoneum disamping ovarium dan memiliki tepi dgn juluran mirip jari-jari yg disebut fimbriae, ujung-ujung lain, yakni intramural bermuara kebagian dalam organ ini.

21

22  Uterus (Rahim) Uterus (rahim) merupakan tempat berkembangnya embrio. Selama kehamilan volume uterus mampu mengembang hingga 500 kali Ukuran rahim panjangnya 6-7 cm dan lebarnya 4-5 cm Rahim bawah mengecil dinamakan leher rahim (serviks uteri) sedangkan bagian yg besar disebut badan rahim

23 Uterus (Rahim)... Uterus  organ yang berbentuk seperti buah pear yang tebal dan mengarah ke atas. Dibagi atas fundus uterus, cervic uterus, ismus uterus Posisi uterus secara normal adalah antefleksi diatas kandung kemih Ukuran uterus adalah sepanjang 6-7 cm

24

25  Vagina Tempat penis pada saat kopulasi dan sebagai jalan keluar bayi pada proses kelahiran. Dinding vagina tidak memiliki kelenjar dan terdiri atas 3 lapisan: mukosa, lapisan muskularis, dan adventisia.

26 Vagina... Vagina  pipa berdinding tipis dengan panjang 8-10 cm, terdiri atas membrane mukosa dan otot. Di dalam vagina terbentuk cairan-cairan yang membuat vagina dalam suasana asam yang berasal dari kelenjar bartholin. Di dalam vagina terdapat hymen yang berupa selaput tipis. Perineum  bangunan segitiga diantara vagina dan anus

27

28  Kelenjar Mammae Payudara (mammae) adalah kelenjar yang terletak di bawah kulit, di atas otot dada. Fungsi dari payudara adalah memproduksi susu untuk nutrisi bayi dan mempunyai peranan penting dalam respon dan rangsangan seksual. Manusia mempunyai sepasang kelenjar payudara, yang beratnya kurang lebih 200 gram, saat hamil 600 gram dan saat menyusui 800 gram.

29 Kelenjar Mammae... Pada payudara terdapat tiga bagian utama, yaitu : 1. Korpus (badan), yaitu bagian yang membesar. 2. Areola, yaitu bagian yang kehitaman di tengah. 3. Papilla atau puting, yaitu bagian yang menonjol di puncak payudara.

30

31 KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI  Tumor payudara Berupa benjolan yang dapat dihilangkan dengan melalui oprasi, sinar radio aktif, dan obat-obatan.  Vulvovaginitis penyakit ini disebabkan oleh bakteri Gardnerella vaginalis. Dapat pula disebabkan oleh protozoa, misalnya trichomonas vaginalis atau oleh jamur candida albicans. Vulvoganitis adalah peradangan pada vulva dan vagina yang sering menimbulkan gejala keputihan yaitu cairan putih kehijauan dari vagina.

32 Kelainan...  Gonorea Merupakan penyakit infeksi akut yang menyerang selaput lendir pada uretra, serviks,rektum,sendi,tulang,faring,dan mata. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.  Hipertropik prostat Merupakan pembesaran kelenjar prostat yang terjadi pada pria berusia diatas 50 tahun. Penyakit ini diduga dengan penuaan dan proses perubahan hormon.

33 Kelainan...  Kanker serviks Banyak dialami wanita berusia tahun. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Virus Herpes Simpleks tipe 2 dan human papilloma virus.  Sifilis Disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum.  AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) Disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV).

34 TERIMA KASIH


Download ppt "SISTEM REPRODUKSI By: Omega Tahun, SKM, M.Kes. PEMBAHASAN  Sistem reproduksi laki-laki: Vesika seminalis Testis Kelenjar prostat Kelenjar bulbouretralis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google