Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Reproduksi adalah salah satu tujuan makhluk hidup untuk mempertahankan atau melestarikan jenisnya. Reproduksi manusia terjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Reproduksi adalah salah satu tujuan makhluk hidup untuk mempertahankan atau melestarikan jenisnya. Reproduksi manusia terjadi."— Transcript presentasi:

1 SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

2 Reproduksi adalah salah satu tujuan makhluk hidup untuk mempertahankan atau melestarikan jenisnya. Reproduksi manusia terjadi secara generatif atau seksual. ALAT REPRODUKSI GAMETOGENESIS MENSTRUASI FERTILISASI ASI (AIR SUSU IBU) PENGATURAN KELAHIRAN KELAINAN SISTEM REPRODUKSI

3 Alat Reproduksi Pria 1. Testis berjumlah sepasang; tersusun oleh pembuluh halus yang disebut tubulus seminiferus; tempat pembentukan spermatozoa dan hormon testosteron. 2. Saluran Reproduksi epididimis, vas deferens, duktus ejakuloris dan berakhir di uretra. 3. Kelenjar Kelamin vesikula seminalis mengandung asam amino dan fruktosa; kelenjar prostat menghasilkan cairan yang bersifat alkalis (basa); kelenjar bulbouretral (Cowper) berjumlah sepasang dan mensekresikan cairan kental sebelum mengeluarkan sperma.

4 gambar alat reproduksi pria Coba sebutkan apa saja fungsi dari bagian- bagiannya !

5 Alat Reproduksi Wanita 1. Ovarium berjumlah sepasang; mengandung folikel; terdapat hormon esterogen dan progesteron. 2. Oviduk berjumlah sepasang; berbentuk corong berjumbai (fimbriae); 3. Uterus terdiri atas 3 lapisan, yaitu perimetrium, miometrium dan endometrium (tempat implantasi) 4. Vagina berbentuk tabung berlapiskan otot; memiliki lendir pada dindingnya; memiliki kelenjar Bartholin yang mengeluarkan lendir saat terjadi rangsangan.

6 gambar alat reproduksi wanita Coba sebutkan apa saja fungsi dari bagian- bagiannya !

7 Proses Pembentukan Sel Kelamin (Gametogenesis) Pembentukan sel kelamin (gametogenesis) meliputi spermatogenesis dan oogenesis. Spermatogenesis terjadi di testis (pria) sedangkan oogenesis terjadi di ovarium (wanita). SpermatogenesisOogenesis

8 Spermatogenesis Lapisan terluar dari tubulus seminiferus terdiri atas spermatogonia (diploid). Spermatogonia tumbuh dengan mitosis menjadi spermatosit primer. Setelah pembelahan meiosis pertama, terbentuk spermatosit sekunder yang bersifat haploid. Ketika meiosis telah lengkap menjadi sel haploid yang disebut spermatid. Spermatid berkembang menjadi spermatozoa akan menuju epididimis. Setiap proses spermatogenesis memerlukan waktu hari.

9 Spermatogenesis

10 Spermatogenesis

11 Spermatogenesis

12 Oogenesis Pada ovarium terdapat sel germinal yang disebut oogonia yang bersifat diploid. Oogonia tumbuh menjadi oosit primer. Setelah pembelahan meiosis pertama, sitoplasma terbagi tidak merata dan hanya 1 oosit sekunder serta badan polar pertama yang dihasilkan. Setelah pembelahan meiosis kedua, 1 ootid dan beberapa badan polar terbentuk. Ootid berkembang menjadi ovum.

13 Oogenesis

14 Oogenesis

15 Oogenesis

16 Siklus Menstruasi Luruhnya sel ovum matang yang tidak dibuahi. Luruhnya sel ovum matang yang tidak dibuahi. Terjadi secara periodik sekitar hari. Terjadi secara periodik sekitar hari. Terdiri atas 3 fase, yaitu : Terdiri atas 3 fase, yaitu : 1. Fase Pra Ovulasi (Fase Proliferasi) 2. Fase Ovulasi (Sekresi) 3. Fase Peluruhan (Menstruasi)

17 Fertilisasi Fertilisasi adalah proses peleburan sel sperma dan ovum dan menghasilkan zigot. Zigot akan menempel (implantasi) pada dinding uterus dan tumbuh berkembang menjadi embrio. Setelah terjadi fertilisasi, terbentuk zigot kemudian terjadilah pembelahan zigot di oviduk (tuba fallopi). Setelah zigot membelah, terbentuklah embrio yang kemudian melakukan implantasi di dinding rahim. Embrio melanjutkan perkembangan dengan membentuk membran, yaitu kantong kuning telur, amnion, korion, dan alantois. Selain itu, dibentuk plasenta (ari-ari) dan tali pusar. Setelah berkembang sempurna selama 9 bulan 10 hari, bayi dilahirkan.

18 perjalanan sperma menuju ovum…

19 gambar proses implantasi dan perkembangan fetus

20 ASI (Air Susu Ibu) ASI yang dihasilkan pada hari pertama sampai hari ketiga atau keempat setelah persalinan disebut kolostrum. ASI yang dihasilkan pada hari pertama sampai hari ketiga atau keempat setelah persalinan disebut kolostrum. Setelah hari keempat sampai kira-kira minggu kelima disebut air susu peralihan. Setelah hari keempat sampai kira-kira minggu kelima disebut air susu peralihan. Setelah minggu kelima dan seterusnya, ASI yang diproduksi mempunyai komposisi zat gizi yang tetap. Setelah minggu kelima dan seterusnya, ASI yang diproduksi mempunyai komposisi zat gizi yang tetap. Kolostrum berwarna lebih kuning dan lebih kental daripada ASI. Kolostrum berkhasiat membersihkan saluran pencernaan bayi dari mukoneum (kotoran yang terdapat dalam saluran pencernaan janin). Kolostrum berwarna lebih kuning dan lebih kental daripada ASI. Kolostrum berkhasiat membersihkan saluran pencernaan bayi dari mukoneum (kotoran yang terdapat dalam saluran pencernaan janin). Selain itu, kolostrum juga merangsang kematang­an mukosa usus sehingga saluran pen­cernaan bayi siap untuk mencerna ASI. Selain itu, kolostrum juga merangsang kematang­an mukosa usus sehingga saluran pen­cernaan bayi siap untuk mencerna ASI. ASI memiliki kandungan gizi lengkap, baik makronutrien seperti protein, lemak, karbohidrat, maupun mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral. ASI memiliki kandungan gizi lengkap, baik makronutrien seperti protein, lemak, karbohidrat, maupun mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral. Mineral yang terdapat dalam ASI sama dengan yang terkandung dalam kolostrum, hanya kadarnya lebih rendah. Mineral yang terdapat dalam ASI sama dengan yang terkandung dalam kolostrum, hanya kadarnya lebih rendah.

21 Pengaturan Kelahiran Alat KB MekanismeAkibat Pil Pil yang mengandung harmon ini diminum tiap hari Hipofisis anterior tidak mengeluarkan FSH dan LH Suntikan depoprovera Suntikan progesteron seperti steroid dilakukan 4 kali setahun Hipofisis anterior tidak mengeluarkan FSH dan LH Susuk KB Tabung progestin (dibuat dari progesteron) ditanam di bawah kulit Hipofisis anterior tidak mengeluarkan FSH dan LH IUD (spiral) Gulungan plastik dimasukkan ke dalam uterus Mencegah implantasi Spons vagina Spons yang diberi spermisida (pembunuh sperma) dimasukkan ke vagina Membunuh sperma yang masuk Diafragma Cawan plastic dimasukkan pada vagina untuk menutup serviks Menghalangi sperma masuk vagina Karet KB Diapakai untuk menyelubungi penis Menghalangi sperma masuk vagina

22 Kelainan Sistem Reproduksi Tumor Payudara Tumor Payudara Vulvovaginitis Vulvovaginitis Impotensi Impotensi Gonorea Gonorea Hipertropik Prostat Hipertropik Prostat Prostatitis Prostatitis Infertilitas Infertilitas Kanker Serviks Kanker Serviks Sifilis Sifilis Non-Gonococcal Urethritis (NGU) Non-Gonococcal Urethritis (NGU) Herpes Simpleks Genitalis Herpes Simpleks Genitalis Endometriosis Endometriosis Sindrom premenstrual Sindrom premenstrual AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome)

23 Q.S. Al Mu’minuun “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.”


Download ppt "SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Reproduksi adalah salah satu tujuan makhluk hidup untuk mempertahankan atau melestarikan jenisnya. Reproduksi manusia terjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google