Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISUSUN OLEH: kelompok 2. REPRODUKSI MANUSIA Diawali dengan persetubuhan (koitus) Atau perkawinan (kopulasi) Yaitu peristiwa masuknya penis ke vagina.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISUSUN OLEH: kelompok 2. REPRODUKSI MANUSIA Diawali dengan persetubuhan (koitus) Atau perkawinan (kopulasi) Yaitu peristiwa masuknya penis ke vagina."— Transcript presentasi:

1 DISUSUN OLEH: kelompok 2

2 REPRODUKSI MANUSIA Diawali dengan persetubuhan (koitus) Atau perkawinan (kopulasi) Yaitu peristiwa masuknya penis ke vagina Yang akan diikuti fertilisasi internal Sperma dibentuk dari proses spermatogenesis di testis Ovum dibentuk dari proses Oogenesis di ovarium

3 Sistem Reproduksi Pria Organ reproduksi dalam Testis Saluran pengeluaran Epididimis Vas deferens Saluran ejakulasi Uretra Kelenjar asesoris Vesikula seminalis Kelenjar prostat Kelenjar Cowper Organ reproduksi luar Penis Skrotum

4 Organ reproduksi dalam Organ reproduksi pria tampak dari (a) samping dan (b) depan.

5 Organ reproduksi luar Potongan melintang penis pada organ reproduksi luar pria.

6 Spermatogen esis Spermatogenesis pada tubulus seminiferus.

7 Hormon-hormon pada Pria Testosteron LH FSH Estrogen Hormon pertumbuhan

8 Sistem Reproduksi Wanita Organ reproduksi dalam: Oviduk Uterus Vagina Organ reproduksi luar Vulva Mons pubis Labium mayor Labium minor Klitoris

9 Organ reproduksi dalam Organ reproduksi wanita tampak dari (a) depan dan (b) samping. Corpus luteum

10 Oogenesis Tahapan oogenesis.

11 Oogenesis Oogenesis pada ovarium.

12 Siklus menstruasi Fase menstruasi Fase pra-ovulasi Fase ovulasi Fase pasca-ovulasi

13 Fertilisasi Proses terjadinya fertilisasi di dalam oviduk pada organ reproduksi wanita.

14 Kehamilan (gestasi) Tahapan pembelahan zigot hasil fertilisasi dalam perjalanan ke uterus untuk proses implantasi.

15 Kehamilan (gestasi) (2) Proses pembentukan membran kehamilan pada embrio. Amnion Korion Sakus vitelinus Kantung telur Pembuluh darah Awal korion Massa sel dalam Endometrium Uterus Blastosol Trofoblas

16 Kehamilan (gestasi) (3) Bagian plasenta, cairan amnion, dan tali pusar.

17 Kehamilan (gestasi) (4) Embrio manusia pada usai kehamilan: (a) 4 minggu, (b) 5-6 minggu, (c) 8 minggu, dan (d) 16 minggu.

18 Kehamilan / gestasi Berlangsung di dalam uterus (rahim) Akan terbentuk Morula, blastula, gastrula. Korion adalah membran terluar yang tumbuh melingkupi embrio. Amnion membran dalam yang melingkupi embrio yang berisi cairan amnion (ketuban). Alantois (ari-ari) / tali pusar menghubungkan embrio dengan placenta.

19 PERSALINAN Proses kelahiran bayi Dipengaruhi oleh hormon (estrogen, oksitosin, prostaglandin, dan relaksin)

20 Laktasi Kondisi payudara (a) sebelum kehamilan dan (b) setelah kehamilan.

21 Gangguan pada Sistem Reproduksi Manusia Gangguan pada Sistem reproduksi wanita Gangguan menstruasi Kanker genitalia Kanker vagina Kanker serviks Kanker ovarium Endometriosis Infeksi vagina Kanker ovarium. Endometriosis.

22 Gangguan pada sistem reproduksi pria Hipogonadisme Kriptokorkidisme Uretritis Prostatitis Epididimitis Orkitis Prostatitis.


Download ppt "DISUSUN OLEH: kelompok 2. REPRODUKSI MANUSIA Diawali dengan persetubuhan (koitus) Atau perkawinan (kopulasi) Yaitu peristiwa masuknya penis ke vagina."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google