Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM REPRODUKSI TUMBUHAN,HEWAN DAN MANUSIA.  Vegetatif (asexual) Lebih sering terjadi pada Tumbuhan. Tidak melibatkan pertemuan gamet jantan dan gamet.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM REPRODUKSI TUMBUHAN,HEWAN DAN MANUSIA.  Vegetatif (asexual) Lebih sering terjadi pada Tumbuhan. Tidak melibatkan pertemuan gamet jantan dan gamet."— Transcript presentasi:

1 SISTEM REPRODUKSI TUMBUHAN,HEWAN DAN MANUSIA.  Vegetatif (asexual) Lebih sering terjadi pada Tumbuhan. Tidak melibatkan pertemuan gamet jantan dan gamet betina.  Generatif (sexual) Terjadi baik pada Tumbuhan maupun Hewan Melibatkan pertemuan gamet jantan dan betina.

2 BEBERAPA CONTOH REPRODUKSI SECARA VEGETATIF ALAMI DAN BUATAN PADA TUMBUHAN  Alami 1. Tunas 2. Spora 3. Tunas adventif 4. Stolon / geragih 5. Rizoma / rimpang 6. Umbi batang 7. Umbi lapis  Buatan Mencangkok Merunduk Stek Kultur jaringan

3 REPRODUKSI GENERATIF PADA TUMBUHAN

4 BAGIAN-BAGIAN BUNGA

5 BAGIAN – BAGIAN BUNGA

6 MACAM MACAM PENYERBUKAN BERDASARKAN ASAL SERBUK SARI  Penyerbukan sendiri (autogami)  Penyerbukan tetangga(geitonogami)  Penyerbukan silang(allogami / xenogami)  Penyerbukan bastar (hybridogami)

7 MACAM MACAM PENYERBUKAN BERDASARKAN VEKTOR/PERANTARA.  Anemogami (perantaraan angin).  Hidrogami (perantaraan air).  Antropogami (perantaraan manusia).  Zoidiogami (perantaraan hewan). siput : malakogami serangga : entomogami kelelawar : kiropterogami burung : ornitogami

8 MACAM – MACAM PEMBUAHAN (vertilisasi)  GYMNOSPERMAE terjadi pembuahan tunggal ( hanya terbentuk biji)  ANGIOSPERMAE terjadi pembuahan ganda ( terbentuk biji dan buah)

9 LIFE CYCLE OF PINUS

10 Pinus strobus

11 STROBILUS  Strobilus yang telah pecah.  Strobilus yang belum pecah

12 REPRODUKSI MANUSIA  Diawali dengan persetubuhan (koitus)  Atau perkawinan (kopulasi)  Yaitu peristiwa masuknya penis ke vagina  Yang akan diikuti fertilisasi internal  Sperma dibentuk dari proses spermatogenesis di testis  Ovum dibentuk dari proses Oogenesis di ovarium

13 SISTEM REPRODUKSI PRIA  Organ reproduksi dalam Testis sepasang,terletak dalam skrotum. Saluran pengeluaran (epididimis, vas deferens, saluran ejakulasi, dan uretra). Kelenjar asesori terdiri dari: kelenjar vesikula seminalis. kelenjar prostat. kelenjar Cowper. Ke3 kelenjar Ini menjamin kehidupan dan pergerakan sperma. Sekali ejakulasi semen yang dikeluarkan sekitar 5 ml dengan jumlah sperma sekitar 50 juta, dan jika kurang dari 20 jutan peluang terjadi fertilisasi sangat kecil.  Organ reproduksi luar. Penis mengandung jaringan spon (2 corpus karvenosa dan 1 korpus spongiosum) terdapat jaringan erektil yang banyak mengandung pembuluh darah dan saraf perasa. Bila ada rangsangan maka rongga tersebut akan terisi darah sehingga penis menjadi tegang / mengembang (ereksi). Skrotum (kantung pelir) didalamnya berisi sepasang testis.

14 SPERMATOGENESIS  Proses pembentukan sperma  Tepatnya pada tubulus seminifirus  Kemudian disimpan dalam epididimis  Diawali dengan membelahnya spermatogonia (2n), setelah mengalami pembelahan beberapa kali terbentuk spermatosit primer.  Setelah beberapa minggu spermatosit primer membelah secara meiosis menjadi 2 spermatosit sekunder (n), kemudian membelah lagi menjadi 4 spermatid (n).  Dalam beberapa minggu kemudian berubah menjadi spermatozoa atau sperma. Proses ini disebut spermiasi.  Spermatogenesis berlangsung terus sepanjang hidup.

15 BAGIAN BAGIAN ORGAN REPRODUKSI PRIA

16 BAGIAN BAGIAN ORGAN REPRODUKSI WANITA servic oviduc ovarium endometrium oviduc

17 SISTEM REPRODUKSI MANUSIA  Wanita (female)  Pria (male)

18 ALAT KONTRASEPSI SEMENTARA  Tanpa menggunakan alat bantu Pantang berkala (memperhatikan siklus haid) Koitus interuptus (senggama terputus)  Dengan alat bantu Kondom IUD (intra uterine device ) / spiral. Jeli, tablet busa/spons. Pil / suntik / susuk (mengandung hormon sintetik estrogen dan atau progresteron).

19 ALAT KONTRASEPSI PERMANEN (STERIL)  Pada pria Vasektomi adalah (pemotongan / pengikatan) saluran vas deferens.  Pada wanita Tubektomi adalah (pemotongan / pengikatan) saluran oviduk.

20 Pemotongan vas deferens  Vasectomi

21 HORMON HORMON REPRODUKSI  Pria Testosteron L H FSH Estrogen Hormon pertumbuhan  Wanita Estrogen Progesteron F S H L H Gonadotropin

22 FERTILISASI /PEMBUAHAN  Bertemunya sperma dan ovum  Berlangsung di oviduc / tuba falofii

23 Kehamilan / gestasi  Berlangsung di dalam uterus (rahim)  Akan terbentuk Morula, blastula, gastrula.  Korion adalah membran terluar yang tumbuh melingkupi embrio.  Amnion membran dalam yang melingkupi embrio yang berisi cairan amnion (ketuban).  Alantois (ari-ari) / tali pusar menghubungkan embrio dengan placenta.

24 PERSALINAN  Proses kelahiran bayi  Dipengaruhi oleh hormon (estrogen, oksitosin, prostaglandin, dan relaksin)


Download ppt "SISTEM REPRODUKSI TUMBUHAN,HEWAN DAN MANUSIA.  Vegetatif (asexual) Lebih sering terjadi pada Tumbuhan. Tidak melibatkan pertemuan gamet jantan dan gamet."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google