Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemahaman kewajiban, hak dan keadilan Kebaikan, Kebajikan dan Kebahagiaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemahaman kewajiban, hak dan keadilan Kebaikan, Kebajikan dan Kebahagiaan."— Transcript presentasi:

1 Pemahaman kewajiban, hak dan keadilan Kebaikan, Kebajikan dan Kebahagiaan

2 Hak adalah segala sesuatu yang harus di dapatkan oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir. Kamus Bahasa Indonesia hak memiliki pengertian tentang sesuatu hal yang benar, milik, kepunyaan, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu (krn telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb), kekuasaan yg benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu, derajat atau martabat. Kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan, keharusan (sesuatu hal yang harus dilaksanakan). Di dalam perjalanan sejarah, tema hak relatif lebih muda usianya dibandingkan dengan tema kewajiban, walaupun sebelumnya telah lahir.

3 Kata 'keadilan' dapat diperbandingkan dengan kata Inggris 'justice'. Kata Inggris ini berasal dari kata Latin 'iustitia' yang artinya keadilan dan yang asalnya adalah kata 'ius'. 'Ius' sendiri berarti hak. Dengan demikian, 'iustitia' sendiri mempunyai dua wajah - hak saya dan hak orang lain. Dua segi ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain, yang satu tidak mungkin ada tanpa yang lain.

4 Tanggung jawab sayalah menghormati dan menjamin hak-hak orang lain. Ini terletak dalam inti keadilan. Jika saya menghargai kebebasan orang lain, saya menghormati kekuasaan yang adil, kekuasaan yang menyeimbangkan kebebasan seorang pribadi dengan kebebasan pribadi lain. Saya pun harus menghormati hak pribadi lain untuk berbeda. Saya harus menaati hukum keluarga, kota, dan negara yang dirancang untuk mengatur dan mempertahankan kebebasan bagi semua. Memberikan jaminan bahwa melindungi hak-hak orang lain merupakan tanggung jawab saya ada di inti keadilan sebagai nilai.

5 Kualitas keadilan di dalam suatu masyarakat dapat dinilai dari cara-cara masyarakat itu memperlakukan anggotanya yang paling lemah.... Keadilan benar-benar diterapkan di dalam suatu masyarakat secara penuh apabila hak-hak semua anggota dihargai dan dijamin. Setiap warga negara berhak mendapatkan keadilan di negaranya. Banyak orang yang mengartikan keadilan sebagai sama rata dan sama rasa. Namun, keadilan di sini berarti setiap warga negara mendapatkan hak sesuai dengan jasa yang telah diberikannya. Jadi masing-masing warga negara mendapat perlakuan yang berbeda- beda tergantung jasa-jasa mereka.

6 Keadilan itu adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan menjalankan kewajiban. Atau dengan kata lain, keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang menjadi haknya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama

7 Keadilan timbul karena penyatuan dan penyesuaian untuk memberi tempat yang selaras kepada bagian-bagian yang membentuk suatu masyarakat. Keadilan terwujud dalam masyarakat bilamana setiap anggota masyarakat melakukan fungsinya secara baik menurut kemampuannya. Fungsi penguasa ialah membagi-bagikan fungsi- fungsi dalam negara kepada masing-masing orang sesuai dengan keserasian itu. Setiap orang tidak mencampuri tugas dan urusan yang tidak cocok baginya.

8 Sangat benar bahwa perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajibanakan menciptakan keadilan. Seperti contoh kehidupan sehari – hari bahwa saya sebagai umat islam menjalankan dengan seimbang antara kewajiban dan hak saya dalam kehidupan sehari – hari contoh dalam kewajiban saya dalam umat beragama islam yaitu menunaikan ibadah shalat 5 waktu sedangkan hak saya dalam perkuliahan saya berhak bertanya ataupun mengeluarkan pendapat saya.

9 Berikanlah ulasan contoh tentang...perwujutan perasaan Anda masing- masing setelah melaksanaan kewajiban dan memperoleh hak serta perasaan keadilan. Berikanlah ulasan contoh tentang...perwujutan perasaan Anda masing- masing setelah melaksanaan Kebaikan, Kebajikan dan memperoleh Kebahagiaan. Ceritakan dalam sebuah paragraf...


Download ppt "Pemahaman kewajiban, hak dan keadilan Kebaikan, Kebajikan dan Kebahagiaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google