Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS KEBUTUHAN AMAN NYAMAN REAKSI HIPERSENSITIVITAS TIPE IV DOSEN PENGAMPU: Ns. DODY SETIAWAN, M. Kep Disajikan oleh: 1. Dewi Atika SariE1.13.005 2. Dian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS KEBUTUHAN AMAN NYAMAN REAKSI HIPERSENSITIVITAS TIPE IV DOSEN PENGAMPU: Ns. DODY SETIAWAN, M. Kep Disajikan oleh: 1. Dewi Atika SariE1.13.005 2. Dian."— Transcript presentasi:

1 TUGAS KEBUTUHAN AMAN NYAMAN REAKSI HIPERSENSITIVITAS TIPE IV DOSEN PENGAMPU: Ns. DODY SETIAWAN, M. Kep Disajikan oleh: 1. Dewi Atika SariE Dian Ayu CahyaningrumE Lucky A. ShabriniE Lusi AtmawantiE Tri SulistyoriniE

2 Hipersensitivitas Tipe IV Hipersensitivitas adalah suatu reaksi yang merusak jaringan imunologis Hipersensitivitas tipe IV disebut juga reaksi imun seluler lambat yang diperantarai sel T, CD4+ dan CD8+ Reaksi ini terjadi karena aktivitas perusakan jaringan oleh sel T dan makrofag. Waktu cukup lama dibutuhkan dalam reaksi ini untuk aktivasi dan diferensiasi sel T, sekresi sitokin dan kemokin serta akumulasi makrofag dan leukosit lain pada daerah yang terkena paparan.

3 Reaksi hipersensitifitas tipe IV berbeda dengan reaksi tipe sebelumnya Reaksi ini tidak melibatkan antibodi akan tetapi melibatkan sel-sel limfosit. Umumnya reaksi ini timbul lebih dari 12 jam setelah pemaparan pada antigen

4 PROSESNYA Tubuh terpajan alergen pertama kali  dipresentasikan oleh sel dendritik ke limfonodus regional  mensensitasi sel T  berproliferasi dan berdiferensiasi  menjadi sel DTH (Delayed Type Hypersensitivity). Bila sel DTH yang disensitasi terpajan ulang dengan antigen yang sama  melepas sitokin dan kemokin  menarik dan mengaktifkan makrofag  berfungsi sebagai sel efektor dalam reaksi hipersensitifitas.

5 3 kategori berdasarkan waktu awal timbulnya gejala TipeWaktu reaksiPenampakan klinisHistologiAntigen dan situs Kontak48-72 jam Eksim (ekzema) Limfosit,diikuti makrofag;edema epidermidis Epidermal (senyawa organik,logam berat, dll.) Tuberkulin48-72 jamPengerasan (indurasi) lokal Limfosit,monosit, makrofag Intraderma (tuberkulin, lepromin, dll.) Granuloma21-28 hariPengerasan Makrofag, epitheloid dan sel raksaksa, fibrosis Antigen persisten atau senyawa asing dalam tubuh (tuberkulosis, kusta etc.)

6 Jadi hipersensitivitas tipe 4 merupakan penyebab dari autoimun. Reaksi autoimun ditargetkan langsung terhadap antigen sel dengan distibusi jaringan yang terbatas. Sehingga penyakit autoimun dimediasi sel T cenderung terbatas pada beberapa organ saja tidak secara sistemik.

7 DAFTAR PUSTAKA Cotran, Robbin Buku Saku Dasar Patologis Penyakit.Jakarta : EGC Tambayong, Jan Patofisiologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC id.wikipedia.org/wiki/hipersensitivitas


Download ppt "TUGAS KEBUTUHAN AMAN NYAMAN REAKSI HIPERSENSITIVITAS TIPE IV DOSEN PENGAMPU: Ns. DODY SETIAWAN, M. Kep Disajikan oleh: 1. Dewi Atika SariE1.13.005 2. Dian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google