Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WAWANCARA KERJA. Wawancara kerja merupakan kesempatan yang sangat diharapkan oleh pelamar saat mengikuti proses rekrutmen tenaga kerja. Persiapkan diri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WAWANCARA KERJA. Wawancara kerja merupakan kesempatan yang sangat diharapkan oleh pelamar saat mengikuti proses rekrutmen tenaga kerja. Persiapkan diri."— Transcript presentasi:

1 WAWANCARA KERJA

2 Wawancara kerja merupakan kesempatan yang sangat diharapkan oleh pelamar saat mengikuti proses rekrutmen tenaga kerja. Persiapkan diri anda sebaik mungkin,karena jika gagal tak akan ada lagi yang namanya wawancara ulang

3 APA YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN ?

4 1. Persiapan  Tampil apa adanya berarti tidak mempersiapkan diri dengan baik.  Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan pada waktu wawancara sangat berpengaruh pada pelaksanaan wawancara.

5 2. Pelaksanaan a. Datang tepat waktu / Jangan sampai terlambat untuk hadir b. Bersikap sopan saat memasuki ruangan wawancara c. Jangan duduk sebelum dipersilahkan d. Tunggu sampai anda dipersilahkan duduk atau minta izin untuk duduk. e. Jangan memberikan referensi yang negatif tentang majikan anda yang sebelumnya.

6 f. Cobalah untuk tidak memperlihatkan sikap bahwa anda belum yakin betul dengan apa yang anda inginkan. g. Dengar dan jawab pertanyaan secara langsung h. Jelaskan prestasi yang pernah didapat i. Bertanyalah seandainya ada hal yang kurang jelas. j. Ucapkan terimakasih kepada pewawancara setelah selesai.

7 HAL-HAL YANG HARUS DIHINDARI 1. Datang terlambat, walau hanya beberapa menit 2. Kelihatan kesal,gundah atau dongkol karena menunggu lama 3. Berpenampilan seadanya 4. Mengajak teman atau keluarga 5. Mengambil kursi dan duduk sebelum dipersilahkan duduk

8 6. Meletakkan tas anda di atas meja pewawancara 7. Menunduk/menengadahkan kepala 8. Mempermainkan jari jemari 9. Bertopang dagu 10. Makan permen karet 11. Membuka percakapan 12. Mengatakan kepada perusahaan apa yang seharusnya mereka lakukan untuk anda 13. Memberikan informasi yang tidak relevan 14. Terlalu emosional atau terlalu bersemangat

9 A. WAWANCARA PEMBUKA  Untuk mencairkan suasana agar pelamar tidak merasa tegang,gugup atau kaku pada saat masuk ruang wawancara.  Pertanyaan basa-basi,singkat dan ringan-ringan saja.

10 B. WAWANCARA TENTANG LATAR BELAKANG PELAMAR  Untuk mengetahui dan menilai serta memutuskan,apakah pelamar merupakan orang yang cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan.  Untuk mengetahui apakah pelamar akan dapat bekerja dengan baik jika dia diterima kelak.

11 C. WAWANCARA TENTANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN  Pelamar yang belum mempunyai pengalaman kerja sebelumnya,tentu akan ditanya perihal latar belakang pendidikannya,karena itulah sumber informasi berharga yang dibutuhkan pewawancara.


Download ppt "WAWANCARA KERJA. Wawancara kerja merupakan kesempatan yang sangat diharapkan oleh pelamar saat mengikuti proses rekrutmen tenaga kerja. Persiapkan diri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google