Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rizki Arif Firdaus © 2010 © 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rizki Arif Firdaus © 2010 © 2010."— Transcript presentasi:

1

2 Rizki Arif Firdaus © 2010 © 2010

3  Entity-Relationship Diagram (ERD) merupakan kelanjutan dari DFD.  ERD mengandung kumpulan objek yang disebut entitas dan relasi antarobjek itu.  Tiap objek bersifat unik, tampak dari atribut yang dimiliki.

4  ERD dibangun dari DFD pada level terakhir, berdasarkan pada data store nya.  Sehingga transformasi dari DFD ke ERD: Data store pada DFD Entitas pada ERD.

5  Entitas  Relationship  Atribut Nama Entitas Nama Relasi Nama Atribut

6  Entitas merupakan objek yang mewakili sesuatu dalam dunia nyata dan dapat dibedakan antara satu dengan lainnya (unique).  Himpunan entitas (entity set) adalah kumpulan dari entitas yang sejenis.  Entity set dapat berupa :  Obyek secara fisik : Pegawai, Rumah, Kendaraan  Obyek secara konsep : Pekerjaan, Departemen, Mata Kuliah.  Kejadian : Pembelian, Penjualan, Peminjaman.

7  Relationship adalah hubungan yang terjadi antara beberapa entitas.  Atribut adalah karakteristik dari entitas atau relationship, yang menjelaskan secara detail tentang entitas atau relationship tersebut.

8  Key Atribut : Atribut yang digunakan untuk menentukan suatu entity secara unik.  Atribut Simple : Atribut yang bernilai tunggal.  Atribut Multivalue : Atribut yang memiliki sekelompok nilai untuk setiap instan entity.

9 MAHASISWA NIM nama tanggal_lahir hobby

10  Atribut Composite Suatu atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih kecil yang mempunyai arti tertentu. MAHASISWA nama nama_depan nama_tengah nama_belakang

11  Atribut Derivatif Suatu atribut yang dihasilkan dari atribut yang lain. MAHASISWA tanggal_lahir usia

12  Menjelaskan batasan jumlah keterhubungan satu entitas dengan entitas lainnya.  Jenisnya : 1 : 1  satu ke satu 1 : N  satu ke banyak (sebaliknya) N : M  banyak ke banyak

13 Contoh Relasi 1:1  Seorang mahasiswa memiliki satu skripsi.  Satu skripsi dimiliki oleh seorang mahasiswa. MAHASISWA milik SKRIPSI 11

14 Contoh Relasi 1:N atau N:1  Banyak mahasiswa dibimbing seorang Dosen Pembimbing Akademik.  Seorang Dosen Pembimbing membimbing banyak mahasiswa. MAHASISWA bimbing Dosen Pembimbing Akademik N1

15 Contoh Relasi 1:N atau N:1  Seorang mahasiswa mengambil banyak mata kuliah.  Satu mata kuliah diambil oleh banyak mahasiswa. MAHASISWA ambil MATA KULIAH NM

16 Notasi kardinalitas yang lain:  Setiap 1 objek A berelasi tepat dengan 1 objek B  Setiap 1 objek A berelasi tepat dengan 1/0 objek B  Setiap 1 objek A berelasi tepat dengan 1/N objek B  Setiap 1 objek A berelasi tepat dengan 0/N objek B  Setiap 1 objek A berelasi tepat dengan N objek B AB AB AB AB AB

17  Mengidentifikasi dan menetapkan seluruh entitas yang akan terlibat (dari data record pada DFD).  Menentukan atribut-atribut key (primary key) dari masing-masing entitas.  Mengidentifikasi dan menetapkan relasi di antara entitas-entitas yang ada beserta foreign key nya.  Menentukan kardinalitas untuk setiap relasi.

18  Pimpinan POLDA XYZ ingin mengetahui dengan pasti keadaan personilnya (riwayat personil, penugasan, prestasi, penghargaan, dll) secara periodik.  Bantulah keinginan KAPOLDA tersebut dalam bentuk perancangan sistem dengan menggunakan DFD & ERD !

19  Langkah pertama kita buat Diagram Konteks.  Diidentifikasi entitas eksternal yang terlibat dalam sistem, yaitu:  Personil  Pimpinan (KAPOLDA)

20  Sehingga diperoleh Diagram Konteks yaitu : PERSONIL KAPOLDA Sistem Informasi Personil POLDA Data pers. Info tugas, kasus, prestasi Laporan

21 PERSONIL KAPOLDA Cek Personil 1 Data personil Info tugas, kasus Data pers. Penu- Gasan 2 Personil Data personil Eval & Laporan 3 Info prestasi Data pers., tugas, kasus Tugas Data tugas Laporan Kasus Data kasus

22  Berdasarkan DFD terakhir, diperoleh data store nya yaitu Personil, Tugas dan Kasus.  Data store tersebut merupakan entitas pada ERD.  Sehingga diperoleh 3 entitas yakni Personil, Tugas dan Kasus, dengan ERD sebagai berikut :

23 PersonilTugas Kerja N 1 NRP Sat Loks K.Sat Nama T.Lhr N.SK Tgl Tkp Lama K.Kss N.Kss Kasus Krbn Tgl.K Hasil M

24  Anda mendapat proyek untuk mengembangkan Sistem Informasi Kepegawaian PT Sangat Sulit Sekali (SSS). Sistem tersebut berfungsi mengolah data-data pegawai, data keluarga, jabatan, dan masa kerja untuk menentukan gaji dan tunjangan pegawai tersebut. Serta mengolah data kinerja, seperti keterlambatan, dll untuk mengukur prestasinya. Sore ini Anda akan bertemu klien Anda. Rancanglah DFD level 0, 1, dan 2 dan ERD-nya untuk Sistem Informasi Kepegawaian! Buatlah sebaik-baiknya.

25  Anda mendapat proyek untuk mengembangkan Sistem Informasi Penjualan Toko Sangat Sulit Sekali (SSS). Sistem tersebut berfungsi mengolah data-data barang, vendor dan pegawai toko, serta untung rugi. Sore ini Anda akan bertemu klien Anda. Rancanglah DFD level 0, 1, dan 2 dan ERD-nya untuk Sistem Informasi Penjualan! Buatlah sebaik-baiknya.

26  Amnur, Hidra. Sistem Informasi Manajemen: Perancangan Sistem Database.  Mardiyanto, D. A. Pemodelan Data dalam Rekayasa Perangkat Lunak.  Siswati. Entity Relationship Diagram. Departemen IT VEDC Malang.


Download ppt "Rizki Arif Firdaus © 2010 © 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google