Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Siklus Pemrosesan Transaksi. Pada umumnya SIA dirancang untuk menghasilkan INFORMASI yang membantu para USER nya mengambil keputusan. SIA yang berbasis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Siklus Pemrosesan Transaksi. Pada umumnya SIA dirancang untuk menghasilkan INFORMASI yang membantu para USER nya mengambil keputusan. SIA yang berbasis."— Transcript presentasi:

1 Siklus Pemrosesan Transaksi

2 Pada umumnya SIA dirancang untuk menghasilkan INFORMASI yang membantu para USER nya mengambil keputusan. SIA yang berbasis komputer mengubah data transaksi ke dalam bentuk yang dapat dibaca oleh KOMPUTER dan memprosesnya. Setelah data diproses, lalu disimpan dalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin, dan dikonversi ke dalam bentuk yang dapat dibaca oleh Manusia.

3 Kegiatan yang diuraikan di atas tadi sering disebut dengan istilah “SIKLUS PEMROSESAN TRANSAKSI”

4 TransaksiDataProses Informasi Informasi Akt Keuangan Informasi Akt Manajemen Penyimpanan Data Siklus Pemrosesan Transaksi

5 Record (catatan) AKUNTANSI Sistem Manual Sistem Manual Sistem Komputerisasi Sistem Komputerisasi

6 Catatan (record) tradisional yang digunakan dalam sistem MANUAL, pada umumnya berupa: - Dokumen - Jurnal - Buku Besar

7 TransaksiBukti Trans.Jurnal Umum Buku Besar Neraca Neraca Saldo Neraca LajurLaporan Keu. Keu. Jurnal Penutup NS setelah Penutupan AJP Siklus akuntansi (proses manual) dapat digambarkan seperti dibawah ini :

8 Untuk membuat diagram alir dokumen (dalam pembuatan suatu prosedur) dapat digunakan simbol-simbol dibawah ini :

9 SIMBOL UNTUK PEMBUATAN BAGAN / DIAGRAM ALIR (FLOW CHART)

10 Dokumen. Simbol ini Digunakan untuk menggambarkan semua jenis dokumen, yg merupakan formulir yg digunakan data terjadinya suatu transaksi.

11 1 2 3 Dokemen dan tembusannya. Simbol ini digunakan untuk menggambarkan dokumen asli dan tembusannya.

12 Catatan : Simbol ini digunakan untuk menggambarkan catatan akuntansi yang digunakan untuk mencatat data yang direkam sebelumnya didalam dokumen atau formulir. (input dan output)

13 1 Awal arus dokumen yg berasal dari simbol penghubung halaman yang sama, yg bernomor seperti yg tercantum didalam simbol tersebut Penghubung pada halaman yang berbeda

14 Keterangan, komentar. Simbol ini memungkinkan ahli sistem menambahkan keterangan untuk memperjelas pesan yang disampaikan dalam bagan Arsip Sementara, tempat penyimapanan dokumen yang akan diambil kembali pada masa yg akan datang untuk diproses. Untuk menunjukkan urutan pengarsipan digunakan simbol : A = menurut abjad N = nomor urut T = kronologis, menurut tgl

15 Arsip Permanen. Simbol ini digunakan untuk menggambarkan arsip permanen, yg tidak akan diproses lagi. On-Line computer process. Simbol ini menggambarkan pengolahan data dengan computer secara on-line (proses operasi)

16 tidak ya Keputusan. Simbol ini menggambarkan keputusan yang dibuat dalam proses pengolahan data. Mulai/berakhir (terminal). Simbol ini menggambarkan awal atau akhir suatu proses sistem akuntansi.

17 Simbol kegiatan manual.Simbol ini digunakan untuk mengambarkan kegiatan manual seperti : menerima order dari pembeli, mengisi formulir, memeriksa berbagai kegiatan klerikal.

18 Penghubung pada halaman yang sama (on -page connector) 1 Akhir arus dokumen dan mengarahkan pembaca ke simbol penghubung pada hal. Yang sama yang bernomor seperti yang tercantum dalam simbol tersebut

19 MULAI Baca input Hitung Bunga B= Pxrxt Hitung Bunga B= Pxrxt Hitung Bunga B= Pxrxt Hitung Bunga Stlh Pjk B=B-P(TPxB) Hitung Saldo Simpanan P=P+B-K Hitung Saldo Simpanan P=P+B-K Tambahkan B Ke TB Cetak Hasilnya Ada nsbh Lainnya ? Cetak TB Selesai DATA INPUT: Hitung Bunga Stlh Pjk B=B-P(TPxB) tidk 1 1 ada Tabungan Deposito 12 blnDeposito 6 bln

20 Record (catatan) akuntansi dalam sistem komputerisasi, dapat disajikan dalam jenis File : File induk, secara umum berisi data-data akun, buku besar dan pembantu adalah contoh dari file induk. File induk, secara umum berisi data-data akun, buku besar dan pembantu adalah contoh dari file induk. File transaksi, file sementara yang menyimpan record transaksi yang akan digunakan untuk mengubah atau memperbaharui data dalam fileinduk. File transaksi, file sementara yang menyimpan record transaksi yang akan digunakan untuk mengubah atau memperbaharui data dalam fileinduk. File referensi, menyimpan data yang digunakan sebagai standar untuk memproses transaksi. Misalnya program pembayaran gaji dapat merujuk ke tabel pajak untuk menghitung jumlah yang sebenarnya dari transaksi pembayaran gaji. File referensi, menyimpan data yang digunakan sebagai standar untuk memproses transaksi. Misalnya program pembayaran gaji dapat merujuk ke tabel pajak untuk menghitung jumlah yang sebenarnya dari transaksi pembayaran gaji. File arsip, record tentang transaksi masa lalu yang dipertahankan untuk referensi pada masa yang akan datang. File arsip meliputi, jurnal-jurnal, buku besar periode sebelumnya, informasi pembayaran gaji pada periode sebelumnnya, daftar nama pegawai sebelumnya, record tentang nama akun yang dihapus. File arsip, record tentang transaksi masa lalu yang dipertahankan untuk referensi pada masa yang akan datang. File arsip meliputi, jurnal-jurnal, buku besar periode sebelumnya, informasi pembayaran gaji pada periode sebelumnnya, daftar nama pegawai sebelumnya, record tentang nama akun yang dihapus.


Download ppt "Siklus Pemrosesan Transaksi. Pada umumnya SIA dirancang untuk menghasilkan INFORMASI yang membantu para USER nya mengambil keputusan. SIA yang berbasis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google