Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ERD (Entity Relationship Diagram) Relasi Satu ke satu (One to one) Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ERD (Entity Relationship Diagram) Relasi Satu ke satu (One to one) Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan."— Transcript presentasi:

1 ERD (Entity Relationship Diagram) Relasi Satu ke satu (One to one) Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B

2 ERD (Entity Relationship Diagram) Relasi Satu ke banyak (One to many) Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi setiap entitas pada entitas B dapat berhubungan dengan satu entitas pada himpunan entitas A.

3 ERD (Entity Relationship Diagram) Relasi Banyak ke banyak (Many to many) Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B.

4 ERD (Entity Relationship Diagram) Keterangan : Banyak pegawai bekerja pada satu departemen.

5 ERD (Entity Relationship Diagram) Contoh Kasus : 1. Sebuah perusahaan retail memiliki banyak pelanggan yang telah memesan sejumlah barang produksi. Gambarkan diagram ER dari proses transaksi pembelian tersebut dan buatkan tabel-tabelnya!

6 SOLUSI ER Diagram : Keterangan: Satu pelanggan dapat memesan banyak barang. Banyak barang dapat diproses pada satu kali penjualan. PELANGGAN Order PENJUALAN BARANG Proses 1 1 N N

7 SOLUSI Tabel :


Download ppt "ERD (Entity Relationship Diagram) Relasi Satu ke satu (One to one) Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google