Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Software Process Model (Lanjutan). Prototyping Model.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Software Process Model (Lanjutan). Prototyping Model."— Transcript presentasi:

1 Software Process Model (Lanjutan)

2 Prototyping Model

3 Background Deskripsi Kebutuhan umum software tidak DETAIL Customer tdk mampu mendefinisikan kebutuhannya dengan pasti

4 Background Developer belum yakin sepenuhnya akan efisiensi algoritma yang digunakan Adanya proses adaptasi thd sistem operasi dan rancangan form user Interface

5 Prototyping Model

6 Proses pengumpulan kebutuhan: developer dan klien bertemu dan menentukan tujuan umum, kebutuhan yang diketahui dan gambaran bagian-bagian yang akan dibutuhkan berikutnya. Detil kebutuhan mungkin tidak dibicarakan disini, pada awal pengumpulan kebutuhan

7 Proses perancangan : perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili semua aspek software yang diketahui, dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype.

8 Proses Evaluasi prototype: klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan digunakan untuk memperjelas kebutuhan software.

9 Tahapan

10 Kelemahan

11

12 Component Based- Development Model

13 Karakteristik Berkaiatan dengan teknologi berorientasi object Software disusun dari komponen- komponen Komponen tersusun atas kelas-kelas yang re-usable Model bersifat iteratif

14 Proses yang terjadi

15

16

17

18 Component-based SE Adalah proses yang menekankan perancangan dan pembangunan software dengan menggunakan komponen software yang sudah ada.

19 CBSE Terdiri dari 2 bagian yang terjadi secara PARAREL, yaitu: 1.Domain Engineering 2.Software Engineering

20 1. Domain Engineering Menciptakan model domain bagi aplikasi yang akan digunakan untuk menganalisis kebutuhan pengguna. Identifikasi,pembangunan, pengelompokan dan pengalokasikan komponen-komponen software supaya bisa digunakan pada sistem yang ada dan yang akan datang.

21 2. Software Engineering Melakukan analisis terhadap domain model yang sudah ditetapkan kemudian menentukan spesifikasi dan merancang berdasarkan model struktur dan spesifikasi sistem. Melakukan pembangunan software dengan menggunakan komponen-komponen yang sudah ditetapkan berdasarkan analisis dan rancangan yang dihasilkan sebelumnya hingga akhirnya menghasilkan software.

22

23 Extreme Programming Model XP Model

24 Diciptakan dan dikembangkan oleh Kent Black Model Terbaru dalam RPL

25 XP Model Sebagai Jawaban atas kesulitan dalam pengembangan SW yang rumit & sulit dalam implementasi

26 Kent Black:”XP is…. A lightweight, efficient, low-risk, flexible, predictable, scientific and fun way to develop software”.

27 Penekanan XP Model 1.keterlibatan user secara langsung

28 Penekanan XP Model 2. pengujian

29 Penekanan XP Model 3. Pay as you go design

30 4 Nilai penting dalam XP Model

31 1. Communication Komunikasi antara developer dan klien sering menjadi masalah.

32 1. Communication Karena itu komunikasi dalam XP dibangun dengan melakukan pemrograman berpasangan (pair programming). Developer didampingi oleh pihak klien dalam melakukan coding dan unit testing sehingga klien bisa terlibat langsung dalam pemrograman sambil berkomunikasi dengan developer.

33 1. Communication Selain itu perkiraan beban tugas juga diperhitungkan.

34 2. Simplicity / sederhana Menekankan pada kesederhanaan dalam pengkodean: “What is the simplest thing that could possibly work?”

35 2. Simplicity / sederhana Lebih baik melakukan hal yang sederhana dan mengembangkannya besok jika diperlukan. Komunikasi yang lebih banyak mempermudah, dan rancangan yang sederhana mengurangi penjelasan.

36 3. Feedback/umpan balik Setiap feed back ditanggapi dengan melakukan tes, unit test atau system integration dan jangan menunda karena biaya akan membengkak (uang, tenaga, waktu).

37 4. Courage / Berani Banyak ide baru dan berani mencobanya, berani mengerjakan kembali dan setiap kali kesalahan ditemukan, langsung diperbaiki.

38

39

40 Related Links: 1. Extreme Programming Perspectives "ftp:// /pub/books/softwaredevelopment/Extreme" Programming erspectives (Addison-Wesley).chm.bz2" 2. Extreme Programming Explained "http://files.nixp.ru/books/programming/extreme_programming/Addison%20Wesley %20--%20Extreme%20Programming%20Explained.pdf" 3. Extreme Programming Explored "http://files.nixp.ru/books/programming/extreme_programming/Addison%20Wesley %20--%20Extreme%20Programming%20Explored.pdf" 4. Planning Extreme Programming "http://files.nixp.ru/books/programming/extreme_programming/Addison%20Wesley %20--%20Planning%20Extreme%20Programming.pdf" Somewhat related with xp : 5. Refactoring : Improving the design of existing code "http://lingx.ttsvc.net/Books/Software%20Engineer/Refactoring%20---%20Improv ing%20the%20Design%20of%20Existing%20Code.pdf" 6. Refactoring to Patterns "http://lingx.ttsvc.net/Books/Linux/Addison%20Wesley%20-%20Refactoring%20to% 20Patterns.chm"ftp:// /pub/books/softwaredevelopment/Extremehttp://files.nixp.ru/books/programming/extreme_programming/Addison%20Wesley


Download ppt "Software Process Model (Lanjutan). Prototyping Model."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google