Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah : Komputer dan Masyarakat INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL KAMAL KOMPUTER DAN INDUSTRI Sesi Ke-5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah : Komputer dan Masyarakat INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL KAMAL KOMPUTER DAN INDUSTRI Sesi Ke-5."— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah : Komputer dan Masyarakat INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL KAMAL KOMPUTER DAN INDUSTRI Sesi Ke-5

2 - Persaingan Industri diawali oleh kebangkitan Industri Amerika, kemudian muncul pesaing baru yang menghebohkan dunia dengan munculnya negara jepang sebagai negara industri terkenal bahkan sebagai pemimpin industri dunia - Misalnya industri kendaraan bermotor dikuasai oleh merek- merek Jepang seperti Honda, Toyota, Nissan, Daihatsu dll. - Keberhasilan Jepang ternyata tidak hanya didukung oleh gaya manajemen dan kedisiplinan yang tinggi, tetapi pemanfaatan komputer dan robot yang dikendalikan komputer dalam industri. Jepang dikenal sebagai negara pengekspor robot yang terkemuka di dunia. - Penggunaan jasa komputer dalam bentuk CAD (Computer Aided Design) dan CAM (Computer Aided Manufacturing) sangat luas dimanfaatkan oleh industri Jepang. Hal ini membuktikan komputer dapat meningkatkan kualitas produk. Perkembangan Industri

3 Robot Untuk Industri - Fungsi robot di industri pada umumnya ditujukan untuk menggantikan peran manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang memerlukan ketelitian tinggi, waktu yang tepat dan mengandung resiko tinggi terhadap keselamatan kerja. - Industri mobil paling banyak memanfaatkan robot untuk melakukan perakitan. Definisi robot menurut Robot Institute of America (1979) adalah : lengan manipulator berfungsi banyak yang dapat diprogram, untuk menggerakan bahan-bahan, suku cadang, perlatan atau alat industri lainnya melalui berbagai program pergerakkan untuk melaksanakan berbagai macam tugas. - Awal muncul robot pada tahun 1946 dalam bentuk sistem perekaman magnetis di lengan manipulator, sebagai perintis robot adalah George Deval. Sedangkan produksi robot dimulai tahun Walaupun dikembangkan di Amerika, robot tersebut justru meluas pemakaiannya di Jepang, sampai terkenal sebagai pemimpin dalam aplikasi robot dunia. - Zaman robot di Jepang dimulai tahun 1967, tiga tahun kemudian Kawasaki Heavy Industri mulai memproduksi robot.

4 Struktur Robot dan Penggunaannya - Robot industri pada umumnya terdiri dari sebuah bangunan besar dengan beberapa lengan lengkap dengan penjepit, sensor dan peralatan pada ujungnya. Struktur robot dapat dibagi menurut bagian sebagai berikut : - Manipulator, merupakan basisnya, Bagian ini dapat digeser secara - Manipulator, merupakan basisnya, Bagian ini dapat digeser secara terbatas. terbatas. - Pengendali, terdiri dari komputer, antarmuka dan perangkat lunak - Pengendali, terdiri dari komputer, antarmuka dan perangkat lunak - Sumber daya. Robot bertenaga listrik paling baik - Sumber daya. Robot bertenaga listrik paling baik - Peralatan ujung. Penjepit, penyemprot, las dan sebagainya - Peralatan ujung. Penjepit, penyemprot, las dan sebagainya - Sensor. Pengukur perubahan keadaan robot, termasuk posisi lengan. - Sensor. Pengukur perubahan keadaan robot, termasuk posisi lengan. - Robot telah mengambil alih sebagian fungsi pada jalur produksi, yang secara langsung dapat mengancam golongan buruh dan teknisi. Contoh aplikasi robot pada jalur perakitan adalah : - Pengelasan. Pengelasan titik dan bentuk lain - Pengelasan. Pengelasan titik dan bentuk lain - Pengecatan. Pengecatan semprot untuk badan mobil dan bagian mobil - Pengecatan. Pengecatan semprot untuk badan mobil dan bagian mobil lainnya. lainnya. - Perakitan. Perakitan komponen pesawat terbang dan bagian lainnya - Perakitan. Perakitan komponen pesawat terbang dan bagian lainnya - Permesinan. Penghalusan plat logam, pembuatan sayap rudal - Permesinan. Penghalusan plat logam, pembuatan sayap rudal - Penanganan material. Penumpukan suku cadang mobil dan - Penanganan material. Penumpukan suku cadang mobil dan penghantarannya. penghantarannya.

5 - Para ahli dan pakar AI mengkategorikan robot sebagai salah satu penerapan dari AI (Artificial Inteligent), karena kecerdasanya seperti kemampuan melihat, bahasa alamiah dan pemecahan masalah dapat dicakup dalam diri robot. - Kehadiran robot dapat mempengaruhi proses industri dalam beberapa hal : - Peningkatan Produktivitas. Jam kerja pabrik bertambah, mudah melakukan pergantian alat, otomasi skala kecil dapat diwujudkan. pergantian alat, otomasi skala kecil dapat diwujudkan. - Kestabilan dan Peningkatan Kualitas Produk. Variasi hasil produksi - Kestabilan dan Peningkatan Kualitas Produk. Variasi hasil produksi berkurang berkurang - Peningkatan dalam Manajemen Produksi. Berkurangnya tenaga kerja - Peningkatan dalam Manajemen Produksi. Berkurangnya tenaga kerja mengurangi masalah personalia, mengatasi masalah kurangnya tenaga mengurangi masalah personalia, mengatasi masalah kurangnya tenaga terampil terampil - Lingkungan kerja yang manusiawi. Pekerja tidak usah bekerja di daerah - Lingkungan kerja yang manusiawi. Pekerja tidak usah bekerja di daerah yang berbahaya, tidak bekerja secara monoton. yang berbahaya, tidak bekerja secara monoton. - Penghematan sumber daya. Robot yang efektif akan membantu - Penghematan sumber daya. Robot yang efektif akan membantu penghematan material dan suku cadang, tidak perlu pendingin atau penghematan material dan suku cadang, tidak perlu pendingin atau pemanas ruangan dan mungkin tidak perlu membutuhkan penerangan. pemanas ruangan dan mungkin tidak perlu membutuhkan penerangan.

6 Apakah robot dapat membuat ruang kerja menjadi lebih manusiawi? Apakah robot dapat membuat ruang kerja menjadi lebih manusiawi? Dengan diambil alihnya tugas manusia oleh robot, maka : Dengan diambil alihnya tugas manusia oleh robot, maka : - kesehatan karyawan (terutama yang bekerja di daerah berbahaya) - kesehatan karyawan (terutama yang bekerja di daerah berbahaya) meningkat. meningkat. - kecelakaan dapat dikurangi - kecelakaan dapat dikurangi - keselamatan kerja dan penghematan biaya perawatan karena kecelakaan - keselamatan kerja dan penghematan biaya perawatan karena kecelakaan kerja akan terus membaik. kerja akan terus membaik. Selain itu, biaya-biaya dapat dihemat, meliputi : Selain itu, biaya-biaya dapat dihemat, meliputi : - biaya kompensasi karyawan, karena kecelakaan. Termasuk di sini adalah biaya perawatan dan ganti rugi penghasilan. biaya perawatan dan ganti rugi penghasilan. - kerugian karena karyawan tidak masuk kerja, baik karena sakit maupun - kerugian karena karyawan tidak masuk kerja, baik karena sakit maupun karena kecelakaan kerja. karena kecelakaan kerja. - biaya untuk sistem pengaman keselamatan kerja. Pada tahun 1982 saja - biaya untuk sistem pengaman keselamatan kerja. Pada tahun 1982 saja biaya jenis ini mencapai 5,2 milyar dollar, sekitar 1,4 persen dari jumlah biaya jenis ini mencapai 5,2 milyar dollar, sekitar 1,4 persen dari jumlah investasi. investasi. - Biaya pengacara, untuk kasus-kasus yang memerlukan jasa ahli hukum dan persidangan. dan persidangan.

7 - Jepang baru-baru ini membuat jenis robot humanoid yang semakin lengkap yang dapat bekerja di segala cuaca dan kondisi. Robot tersebut bernama HRP-3 promet Mk-II yang dapat bekerja di bawah guyuran hujan maupun berjalan di atas lantai berpasir, robot berwarna putih dengan tinggi 160 cm dan memiliki bobot 68 kg yang dikembangkan kawada industries memiliki keseimbangan tubuh sebaik manusia dengan ayunan lengan dan langkah kaki. - Robot tersebut akan ditawarkan ke perusahaan-perusahaan konstruksi yang membutuhkan karyawan di luar ruangan dengan harga sekitar dolar AS, dan akan siap bekerja pada tahun Mitsubishi heavy industries telah mulai menyewakan robot-robot yang dapat bekerja sebagai penerima tamu di kantor meupun di rumah sakit. - Honda juga telah mengembangkan robot asimo buatannya sehingga tidak hanya sekedar berjalan tegak, namun dapat menghibur dengan tarian maupun melayani minuman. Beberapa peneliti bahkan mengembangkan robotnya dapat berkomunikasi dengan manusia yang menyerupai wanita atau pria. - Bahkan akhir-akhir ini negara Israel akan memberdayakan robot dalam pasukan perangnya, agar resiko kehilangan prajurit dapat ditekan. Robot tersebut juga didesain agar dapat menyusup jalur-jalur sempit dan sulit yang berukuran televisi mini.

8 Mengapa Jepang Lebih Unggul? - Berdasarkan sebuah laporan dari Harvard Business School mengungkapkan bahwa Jepang berhasil karena gaya manajemen yang tangguh dan kualitas pengendaliannya yang prima. Rincian laporan tersebut sebagai berikut : - Menciptakan ruang kerja yang bersih dan teratur. - Inventaris yang seminimum mungkin. - Kestabilan dan kesinambungan dalam proses manufaktur. - Menghindari beban mesin yang berlebihan. - Pemantauan yang lengkap dari sistem peringatan bahaya dini - Konsep “tanpa cacat” (zero defect) dan “memikirkan kualitas” dalam perencanaan, latihan, umpan balik dan material. perencanaan, latihan, umpan balik dan material. - Penekanan pada kepentingan jangka panjang. - Tidak tergantung pada perlengkapan luar negeri, seluruhnya dapat dibuat dalam negeri. dalam negeri. - Menurut Peter F. Drucker, ada 4 kebiasaan utama di kalangan para pimpinan perusahaan Jepang, yaitu : - Menghadapi persaingan dengan sungguh-sungguh - Kepentingan Nasional diutamakan - Hubungan keluar, dianggap penting - Tidak pernah ada “kemenangan terakhir”

9 Aplikasi Non Industri Aplikasi Non Industri Dalam jangka dekat, robot masih akan beroperasi di daerah industri, akan tetapi aplikasi di daerah lain mulai muncul di beberapa bidang. Berdasarkan Japanese Industrial Robot Assocation melaporkan bahwa aplikasi non industri dari robot adalah : - Tenaga Nuklir. Menangani bahan yang berbahaya pada reaktor nuklir,pemeriksaan rutin dan mendadak pada reaktor. nuklir,pemeriksaan rutin dan mendadak pada reaktor. - Bidang medis dan sosial. Perawat robot akan merawat para penderita cacat dan orang tua, membantu kegiatan bedah tertentu, memadamkan cacat dan orang tua, membantu kegiatan bedah tertentu, memadamkan api dan membersihkan jalan. api dan membersihkan jalan. - Budidaya Kelautan. Bekerja pada kapal penangkapan ikan. Kapal selam robot yang dapat membantu peternakan ikan dan membangun bangunan robot yang dapat membantu peternakan ikan dan membangun bangunan bawah air, pertambangan bawah air, pencari objek dan benda lain di air bawah air, pertambangan bawah air, pencari objek dan benda lain di air yang dalam. yang dalam. - Pertanian dan Kehutanan. Penyemprotan bahan anti hama,menebar benih dan pupuk, mengolah kayu, memanen buah dan lain-lain. dan pupuk, mengolah kayu, memanen buah dan lain-lain. - Konstruksi. Merakit baja struktur super,mengecat atau memberishkan gedung tinggi/pencakar langit. gedung tinggi/pencakar langit.

10 Bahasan pertemuan berikut-nya : - Etika dalam bidang IT - Konsep kerja Komputer dalam pandangan Agama


Download ppt "Mata Kuliah : Komputer dan Masyarakat INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL KAMAL KOMPUTER DAN INDUSTRI Sesi Ke-5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google