Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Informasi Geografis Oleh: Rinandha Ramadhania 21040111130047.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Informasi Geografis Oleh: Rinandha Ramadhania 21040111130047."— Transcript presentasi:

1 Sistem Informasi Geografis Oleh: Rinandha Ramadhania

2 Pengertian SIG Informasi merupakan pengetahuan tambahan yang diperoleh setelah dilakukan pemrosesan dari data (fakta yang ada dan melekat pada suatu obyek seperti nilai, ukuran, berat, luas, dan sebagainya). Sistem informasi merupakan kesatuan elemen yang tersebar dan saling berinteraksi yang menciptakan aliran informasi. Proses interaksi tersebut berupa proses data dengan cara pemasukan, pengolahan, integrasi, pengolahan, komputasi atau perhitungan, penyimpanan, serta distribusi data atau informasi.

3 Sejarah Perkembangan SIG tahun yang lalu, di dinding gua Lascaux, Perancis, para pemburu Cro-Magnon menggambar hewan mangsa mereka, juga garis yang dipercaya sebagai rute migrasi hewan-hewan tersebut.LascauxPerancisCro-Magnon Pada tahun 1700-an teknik survey modern untuk pemetaan topografis diterapkan, termasuk juga versi awal pemetaan tematis, misalnya untuk keilmuan atau data sensus.1700-an Tahun 1967 merupakan awal pengembangan SIG yang bisa diterapkan di Ottawa, Ontario oleh Departemen Energi, Pertambangan dan Sumber Daya.1967Ottawa, OntarioDepartemen Energi, Pertambangan dan Sumber Daya Perkembangan industri pada tahun 1980-an dan 1990-an memacu lagi pertumbuhan SIG pada workstation UNIX dan komputer pribadi.1980-an1990-anUNIXkomputer pribadi Pada akhir abad ke-20 para pengguna mulai mengekspor menampilkan data SIG lewat internet, yang membutuhkan standar pada format data dan transfer.abad ke-20

4 Manfaat aplikasi SIG Melihat informasi secara keseluruhan dengan cara pandang baru, melalui basis pemetaan, dan menemukan hubungan yang selama ini sama sekali tidak terungkap. Membuat tampilan peta serta menggunakannya untuk keperluan presentasi Menggambarkan dan menganalisa informasi dengan cara pandang baru, mengungkap semua keterkaitan yang selama ini tersembunyi, pola, dan kecenderungannya. Memberi kemungkinan untuk mengindentifikasi hubungan spasial diantara feature data geografis dalam bentuk peta. menyimpan data menurut kebutuhan yang diinginkan dan menggambarkan kembali sesuai dengan tujuan tertentu.

5 Contoh aplikasi SIG

6 Refrensi : Dulbahri, Interpretasi Citra Untuk survey Vegetasi. Puspics – Bakorsurtanal – UGM, Yogyakarta. Lillesand and Kiefer, Remote Sensing And Image Interpretation, Jhon Villey and Sons, New York. Lo, C.P, Penginderan Jauh Terapan, UI- Press, Jakarta. Sutanto, Penginderaan Jauh Jilid I, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Wikipedia.Sistem Informasi Geografis. LAPAN.Inderaja.


Download ppt "Sistem Informasi Geografis Oleh: Rinandha Ramadhania 21040111130047."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google