Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Grafika Komputer (TIZ10)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Grafika Komputer (TIZ10)"— Transcript presentasi:

1 Grafika Komputer (TIZ10)
Pendahuluan

2 Definisi Grafika Komputer
Grafika komputer adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana menghasilkan suatu gambar menggunakan komputer. Dalam grafika komputer akan dibahas teknik-teknik menghasilkan gambar.

3 dari Wikipedia Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

4 Ruang Lingkup Grafika Komputer
Pemodelan - Penciptaan Manipulasi Gambar Penyimpanan dari objek geometris Rendering – menampilkan efek cahaya Animasi Image

5 Perbandingan Grafika Komputer dengan Pengolahan Citra
Orientasi : vektor Menggunakan model 2D/3D untuk mendapatkan hasil realistik Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D) Mendeskripsikan objek dengan primitif dasar grafis untuk membentuk citra 2D/3D Pengolahan Citra Orientasi: pixel Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi gambar 2D/3D Titik berat pada memanipulasi citra sesuai dengan keperluan user Memproses citra digital untuk menghasilkan deskripsi objek pada citra

6 Aplikasi grafika komputer
Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI) Peta (Cartography) Kesehatan Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD) Sistem multimedia Presentasi grafik Presentasi saintifik Pemrosesan citra Simulasi

7 Sistem Grafika Komputer
Input data dan diproses menjadi informasi dan disajikan dalam bentuk gambar pada komputer Sistem Pasif  tidak ada interaksi operator dengan komputer. Data di sajikan dalam bentuk gambar Sistem interaktif  operator dapat mengendalikan segala aspek gambar yang terlihat dinamis (bentuk, ukuran, warna)

8 Cara pandang terhadap gambar di layar pada sistem interaktif
Motion Dynamic: cara pandang terhadap suatu objek yang bergerak dengan kita sebagai pengamat dalam keadaan diam Bebas bergerak di sekeliling objek Update dynamic: perubahan sifat dari objek yang sedang di amati  dalam bentuk bentuk, warna dsb. Contoh: simulasi tabrakan dua mobil yg berjalan dg kecepatan yg bisa dibuat bervariasi

9 Tugas 1 Carilah contoh 3 bidang penerapan Grafika Komputer (selain untuk GUI)


Download ppt "Grafika Komputer (TIZ10)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google